Tinggal di wilayah tropis memang memberikan keuntungan tersendiri. Adanya sinar matahari yang melimpah bisa membuat kamu menghemat listrik di siang hari. Namun di mana ada kelebihan, terdapat pula kekurangan.

Intensitas matahari dan curah hujan yang tinggi ternyata beresiko menyebabkan kerusakan pada kondisi bangunan. Untuk itu, diperlukan cat rumah yang dapat melindungi bangunan tempat tinggalmu agar terhindar dari pengelupasan dan peretakkan dinding, atau bahkan pelapukkan akibat jamur dan lumut.

houzz.com

Memilih cat rumah yang tepat tidak hanya sekedar memperhatikan estetika semata, namun juga perlindungan terhadap cuaca dan kondisi lingkungan. Apabila kamu berencana mengecat kembali rumahmu, penting untuk memperhatikan beberapa hal ini sebelum kamu memilih cat rumah yang tepat untuk hunianmu.

Cat primer atau cat dasar sebagai perekat

homepolish.com

Dengan mengaplikasikan cat primer terlebih dahulu sebagai cat dasar, daya lekat cat rumah menjadi lebih kuat, sekaligus melindungi dinding dari serangan alkali. Sekarang ini, sudah terdapat cat rumah yang formulanya mengandung cat primer, sehingga kamu tidak perlu lagi membeli dua jenis cat rumah yang berbeda. Proses pengecatan pun menjadi lebih cepat.

Gunakan jenis cat rumah yang tahan terhadap cuaca untuk bagian eksterior

shutterstock.com

Pemilihan cat rumah yang tepat dapat disesuaikan dengan kebutuhan bangunan. Eksterior bangunan memerlukan cat dinding luar rumah yang memiliki formula khusus, membuatnya tahan terhadap kondisi cuaca di wilayah tropis, seperti hujan, paparan sinar matahari, suhu lembap, dan polusi udara. Dengan ketahanan cat rumah seperti ini, bangunan tetap tampil prima dan terhindar dari kerusakan dalam waktu yang lama.

Kualitas udara yang lebih baik dengan cat rumah khusus interior

apartmentherapy.com

Jika cat rumah untuk eksterior bangunan harus tahan terhadap cuaca, cat interior rumah sebaiknya dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Pilihlah cat rumah dengan kandungan VOC (Volatile Organic Compounds) yang rendah. Untuk membedakannnya, cat rumah yang mengandung VOC tinggi ditandai dengan baunya yang menyengat.

Perhatikan juga pilihan cat rumah untuk bagian bangunan yang lain

shutterstock.com

Tak hanya dinding yang perlu dilindungi, bagian-bagian bangunan lainnya seperti pagar rumah, kusen jendela, kusen pintu, pilar, dan plafon juga perlu perlindungan cat rumah yang tepat.

Dalam memilih cat rumah yang tepat untuk bagian-bagian ini, kenali terlebih dahulu material dasar dari bagian-bagian ini. Apabila terbuat dari kayu, gunakanlah cat rumah khusus kayu yang anti air dan anti rayap.

Jika terbuat dari logam, seperti besi, gunakanlah cat anti karat. Kalau selama beberapa waktu ada satu bagian yang tetap berkarat, kamu tetap bisa mengatasinya dengan cairan penghilang karat.

Warna cat eksterior yang meneduhkan

houzz.com

Tampilan eksterior rumah amatlah penting. Sebagai wajah dari bangunan, sudah semestinya warna cat rumah yang dipilih dapat mempercantik wujudnya. Maka dari itu, sesuaikan warna cat rumah dengan konsep desain arsitektur rumah atau bangunan.

Pilihan warna-warna alami, seperti abu-abu, putih, dan coklat muda, cocok diaplikasikan untuk rumah dengan model arsitektur tropis.

freshome.com

Intensitas matahari yang tinggi semestinya turut menjadi pertimbangan dalam memilih warna cat rumah bagian luar rumah yang elegan. Untuk menciptakan suasana yang lebih sejuk, pilihlah warna cat rumah yang lebih terang.

Cat rumah berwarna terang dapat memantulkan panas sehingga mengurangi penyerapan panas, sedangkan cat rumah yang berwarna gelap malah cenderung menyerap panas.

Tentukan skema warna ruangan sebelum memilih warna cat rumah yang diinginkan

domino.com

Seperti halnya cat rumah untuk bagian eksterior, dalam memilih warna cat rumah bagian dalam, kamu perlu menyesuaikan warnanya dengan gaya dan perpaduan warna yang ingin ditampilkan.

Lihat warna-warna apa yang muncul dari furnitur dan material yang digunakan di dalam ruangan. Warna cat rumah yang kamu pilih dapat menjadi penengah atau menjadi penguat dari warna-warna yang ada.

Tahapan sebelum mengaplikasikan ulang cat rumah pada dinding

shutterstock.com

Pengerukkan pada dinding berlumut dan berjamur perlu dilakukan sebelum melakukan pengecatan ulang. Tahapan ini bisa dipermudah dengan menggunakan cairan paint remover sehingga warna cat rumah yang lama lebih cepat mengelupas.

Untuk memastikan dinding telah bersih dari lumut dan jamur, gunakan pembersih khusus, seperti fungicidal wash. Bahan ini juga dapat mencegah lumut dan jamur tumbuh kembali pada dinding.

shutterstock.com

Lain halnya dengan dinding yang masih berada dalam kondisi yang baik dan tidak memerlukan pengerukan, kamu bisa langsung melapisi dinding dengan wall sealer, sebelum nantinya dilakukan pengecatan ulang.

Itulah langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan dalam memilih cat rumah yang tepat untuk hunianmu. Setelah mengetahuinya, diharapkan kamu tidak salah pilih lagi. Selain tips di atas, Dekoruma juga punya berbagai inspirasi cat rumah untukmu.

Kalau kamu sedang mencari jasa desain interior untuk rumahmu yang ada di Jakarta, serahkan saja kepada Dekoruma yang menyediakan jasa desain interior Jakarta. Desainnya menarik, efisien, dan bisa selesai dalam delapan minggu.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga jual berbagai macam furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan ruang, lho! Misalnya, untuk ruang bermain anak, Dekoruma jual kursi anak, lemari anak, dan juga meja belajar.

Sementara itu, untuk kamar tidur atau walk in closet, Dekoruma jual meja rias, kursi panjang, aneka rak penyimpanan, dan juga jual lemari pakaian 2 pintu, . Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!