Kamu tentunya telah akrab dengan konsep lesehan. Konsep ini umum diterapkan dalam penataan ruang tamu di rumah tradisional Jepang, interior bergaya Maroko dan Timur Tengah, maupun pada rumah adat di Indonesia.

Namun, konsep penataan ruang tamu lesehan belakangan kerap diterapkan di rumah-rumah modern mungil. Ukuran ruang tamu yang kecil seringkali nggak memungkinkan untuk menempatkan sofa, maka penataan ruang tamu berkonsep lesehan pun dipilih sebagai solusi untuk memaksimalkan ukuran ruang yang terbatas. Selain itu, penataan ruang tamu seperti ini juga dipercaya dapat mengakrabkan suasana berkumpul.

Jika tertarik untuk mencoba penataan ruang tamu lesehan, kamu bisa mencoba beberapa ide berikut ini!

Karpet Sebagai Pelapis Lantai

houzz.com

Penataan ruang tamu lesehan sangat aplikatif diterapkan pada rumah memiliki interior berkonsep tata ruang terbuka (open space). Tanpa adanya sekat yang memisah setiap ruangan, ketersediaan space dapat dimaksimalkan dengan penataan ruang tamu lesehan ini.

Salah satu item yang wajib digunakan sebagai penanda zona di interior open space adalah karpet. Dalam penataan ruang tamu lesehan, karpet adalah pelapis lantai yang difungsikan sebagai alas duduk ataupun tempat berbaring, maka penting untuk kamu memilih material karpet yang nyaman dan aman. Untuk mempercantik tampilan penataan ruang tamu lesehan, letakkan cushion dan throw di atas karpet.

Nyaman dan Empuk dengan Bean Bag

houzz.com

Faktor kenyamanan pada penataam ruang tamu lesehan juga dapat dimaksimalkan dengan menggunakan alas duduk lain yang nggak kalah empuk, seperti bean bag. Kamu bisa meletakkan beberapa bean bag bulat di ruang tamu, seperti bean bag dari Bottom Dock.

Namun, nggak hanya yang berbentuk bulat saja, sekarang ini, terdapat juga beragam model bean bag yang lebih modern yang bisa kamu sesuaikan dengan konsep penataan ruang tamu yang kamu inginkan. Salah satunya adalah bean bag memanjang yang tampil chic dengan motif geometris hijaunya ini. Keempukkannya maksimal terasa saat kamu merebahkan diri atau bersandar di sana.

Nuansa Boho dari Susunan Pillow Floor

architecturaldigest.com

Selain bean bag, alas duduk lain yang bisa kamu gunakan dalam penataan ruang tamu lesehan adalah pillow floor. Bentuk pillow floor yang flat memberikan kesan minimalis, sehingga apabila kamu menggunakan item ini pada penataan ruang tamu lesehan, ukuran ruang tamu kecil tidak terasa disesaki dengan banyak bantal.

pinterest.com

Selain itu, pillow floor juga mudah dipindah-pindah dan motif sarungnya pun bisa diganti. Dengannya, jika sewaktu-waktu kamu bosan dan ingin merubah suasana ruang tamu, kamu bisa melakukan penataan ruang tamu dengan mudah.

Pillow floor pun bisa kamu ganti dengan kasur busa. Agar terlihat lebih minimalis, lapisi kasur busa dengan sprei polos atau motif geometris sederhana.

Kombinasi Lesehan dengan Bangku dan Coffee Table

architerturaldigest.com

Penataan ruang tamu lesehan juga bisa dikombinasikan dengan penggunaan furnitur berkaki, seperti bangku, rak TV, atau coffee table. Berbeda dengan sofa yang cenderung memakan tempat, bangku dan coffee table memiliki ukuran yang lebih kecil dan desain yang lebih ramping, sehingga lebih fleksibel saat menempatkannya.

Selain itu, dengan kombinasi kedua furnitur ini, penataan ruang tamu lesehan pun jadi jauh dari kesan monoton dan tampil lebih menarik.

Suasana Rileks yang Playful dengan Hammock dan Ayunan

pinterest.com

Dengan penataan ruang tamu lesehan, ruang tamu memang bisa merangkap fungsi menjadi ruang santai. Jika kamu ingin memaksimalkan fungsi relaksasi dari penataan ruang tamu lesehan ini, kamu bisa memasang ayunan ata pun hammock.

houzz.com

Penggunaan ayunan atau hammock juga bisa memperkuat kesan bohemian pada penataan ruang tamu lesehan yang banyak menggunakan elemen etnik dan dekorasi ber-layer.

Harmonis dengan tema Lesehan Zen

pinterest.com

Saat penataan ruang tamu lesehan dilakukan pada ruangan tertutup yang berukuran kecil, hasilnya bisa saja menimbulkan efek klaustropobik.

Untuk itu, kamu perlu membuat penataan ruang tamu lesehan tampil harmonis dengan memperhatikan letak bukaan dan penggunaan elemen alam. Posisikanlah karpet dan alas kursi lainnya pada bagian yang terkena cahaya alami dan sejukkanlah suasana dengan tanaman hias, lantai kayu, atau karpet anyaman.

Konsep lesehan bisa menjadi solusi penataan ruang tamu berukuran kecil. Walau nggak menggunakan sofa, ruang tamu tetap berfungsi dengan baik dan nyaman saat digunakan. Jangan lupa kunjungi Dekoruma karena Dekoruma juga jual kursi lesehan dengan beragam model, lho! Selamat mencoba!