Terkadang hanya dibutuhkan penataan yang rapi untuk membuat tampilan interior rumah lebih sedap dipandang mata. Penataan yang rapi ini juga perlu didukung dengan pemilihan furnitur yang tepat serta perpaduan warna yang sesuai dengan kesan yang ingin dihadirkan.

Bagaimana cara menentukan furnitur yang tepat dan perpaduan warna yang sesuai untuk hunian milikmu? Semua kembali lagi pada kebutuhan masing-masing hunian. Ukuran ruangan, karakter arsitektur bangunan, dan fungsi ruangan menjadi penentu bagaimana konsep interior impian itu terwujud.

Rp 920.000

Beam and Co Teardrop Beanbag Hexa Yellow

Amelia Qori Nasution, Interior Desain Partner (IDP) Dekoruma Home, mencoba mempioritaskan apa saja yang dibutuhkan oleh Ibu Dian untuk dapat mewujudkan konsep rumah impiannya, tanpa melakukan perombakkan besar. Keinginan sang pemilik rumah yang beragam coba dikembalikan pada kebutuhan tiap-tiap ruangan dengan mengarahkan kemampuan styling ruangan yang dimiliki Amel.

Seperti pada guest room yang diisi oleh furnitur dan dekorasi berwarna gelap ini. Penggunaan warna ini terlihat berkebalikan dengan kesan cerah dan bersih yang diinginkan pemilik rumah. Namun, ini merupakan trik yang diterapkan untuk menonjolkan kesan tersebut. Sofa, kursi, dan lampu berwarna gelap dipilih untuk menciptakan kontras dari dominasi dinding ruangan yang berwarna putih.

Rp 920.000

Alegre Nordic Round Coffee Table

Rp 3.550.000

Casa Bella Bella 2 Dudukan Sofa Abu-abu Tua

Menariknya, desain furnitur yang dipilih pun tak hanya merujuk pada satu gaya. Sofa bergaya Skandinavian ini ternyata dapat tampil serasi dengan kursi dan lampu hitam bergaya industrial. Meski begitu, kemunculan warna feminin dari cushion dan throw justru membuat kesan maskulin dari warna-warna gelap ini tampil lebih manis.

Permainan warna dan gaya juga masih diterapkan pada ruang serbaguna di area mezanin. Ruangan yang dapat difungsikan sebagai ruang keluarga, ruang santai, sekaligus office room ini dibalut dengan perpaduan warna-warna natural. Dominasi warna coklat dan putih tampil atraktif dengan corak unik yang muncul dari sepasang bean bag yang digunakan sebagai alas duduk di ruangan ini.

Rp 988.900

IKEA Ranarp Lampu Lantai/Baca Hitam

Rp 920.000

Beam and Co Teardrop Beanbag Plaza Black

Posisi ruangan yang berada di area mezanin dilihat sebagai sebuah potensi untuk memaksimalkan fungsinya. Adanya void bangunan yang terletak di sisi area mezanin membuat ruangan ini kaya akan sirkulasi udara.Selain itu, optimalnya cahaya yang masuk dari jendela di plafon yang tinggi juga membuat penghawaan di area mezanin menjadi lebih sejuk.

Maka tak salah tentunya, jika ruangan di area mezanin ini difungsikan untuk tiga kebutuhan yang berbeda. Permainan warna yang diterapkan juga berhasil menawarkan kesan kasual yang friendly sehingga pemilik rumah semakin nyaman menggunakan ruang serbaguna ini.

Rp 10.725.000

Kabinet Atas (Custom) Multipleks, Pelapis Duco & Decosheet

Rp 17.077.500

Kabinet Bawah, Table Top, dan Backsplash (Custom) & Cooker Set

Masih mengusung kesan cerah dan bersih, kontras warna gelap dan terang kembali diterapkan pada area dapur. Berbeda dengan kombinasi warna pada guest room, kali ini warna hitam tampil sebagai aksen melalui table top bermaterial solid surface. Warna hitam dan material yang tahan resapan noda ini memastikan dapur selalu tampil bersih.

Kedinamisan warna di area dapur tampil sempurna dengan penggunaan pelapis material atau finishing berupa cat duco. Finishing ini memberikan hasil pewarnaan yang solid pada permukaan luar tiap-tiap kabinet kitchen set, sedangkan bagian dalamnya dilapisi material decosheet yang fleksibel mengikuti lekukan kabinet. Tak ketinggalan, bagian backsplash memberikan ornamen berbeda lewat subway-tile yang disusun membentuk pola herringbone.

Rp 8.525.000

Rak Buku Terbuka (Custom) Multipleks, Pelapis Black Duco & MDF, Pelapis HPL

Kitchen set yang didesain membentuk letter L menyesuaikan dengan morfologi dapur yang menyiku. Begitupun dengan rak buku yang dibuat sebagai siasat pemanfaatan ruang di area mezanin. Terdapatnya area tanggung di bawah atap yang miring dimanfaatkan oleh sang desainer untuk membuat sebuah perpustakaan kecil.

Pada area tanggung tersebut ditempatkan rak buku yang memperlihatkan konsep open shelving, dengan panel-panel bercorak kayu yang terbuat dari material MDF dan finishing HPL. Sementara ruang penyimpanan rak tertutup pada rak ini dirangkai dari material plywood yang dilindungi oleh cat duco hitam.

Pemilik rumah dapat menyusun koleksi buku bacaannya di rak ini. Dengan adanya bean bag dan gelaran karpet, pemilik rumah pun bisa  bersantai sambil membaca di area mezanin ini.

Ingin memiliki dapur senyaman dan seindah ini? Segera hubungi tim interior desain dekoruma.com. Hunian Impian, Jadi Kenyataan!