Beberapa orang sering kedatangan tamu di rumahnya, baik itu sanak saudara ataupun teman dan rekan kerja. Jika kamu adalah salah satu dari mereka, maka ruangan tamu minimalis merupakan area yang wajib ada. Penataannya pun tidak boleh sembarangan karena akan mencerminkan kepribadian sang pemilik rumah dan menentukan nyaman atau tidaknya para tamu.

Agar terlihat apik, coba simak beberapa inspirasi ruangan tamu minimalis untuk segala budget berikut ini!

1. Ruangan tamu minimalis monokrom dengan dekorasi warna-warni

decoist.com

Ruangan tamu minimalis identik dengan warna monokrom seperti abu-abu dan putih pada gambar di atas. Bagi beberapa orang, warna ini akan membosankan untuk dilihat dalam waktu lama. Sebagai aksen, kamu bisa menambahkan beberapa perabot seperti lampu dan kursi kecil yang dibuat menggunakan kayu.

Tak hanya itu, kamu pun bisa menambahkan kursi goyang minimalis, seperti inspirasi di atas. Setelah itu, buatlah tumpukan buku di sudut ruangan. Kalau bisa pilihlah buku dengan sampul warna-warni supaya hasilnya lebih cantik. Jangan lupa dibersihkan secara rutin agar tidak dihinggapi debu.

2. Ruangan tamu minimalis dengan kursi kayu dan rak dinding

decoist.com

Bagi kamu yang sering menyambut tamu dalam jumlah banyak, Kania yakin ruangan tamu minimalis ini akan kamu sukai karena multifungsi dan hemat budget. Poin utamanya terletak pada kursi panjang yang dilengkapi dengan 2 papan lain. Kedua papan lainnya ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat duduk atau meja kopi. Jika sedang tidak digunakan, bisa dirapatkan dan menghemat ruangan tamu minimalis.

Di balik dinding panel TV juga ada sedikit celah yang bisa dijadikan sebagai rak display. Karena dibuat dari batu bata, tentu akan lebih kuat ketahanannya.

3. Ruangan tamu minimalis dengan karpet

decoist.com

Apakah kamu tipe orang yang sederhana atau malas mencari dekor ruangan? Jika iya, maka kamu harus menyontek inspirasi ruangan tamu minimalis yang satu ini. Seperti yang terlihat pada gambar, dekorasinya hanyalah sebuah karpet warna senada dengan sofa. Kalau mau mengeluarkan budget lebih, gantilah warna sarung bantal agar ruangan tamu minimalis milikmu terlihat lebih cerah.

4. Ruangan tamu minimalis yang menyegarkan

maxwells-tacoma.com

Dalam dunia psikologi, warna hijau mampu menciptakan kesegaran dan kedamaian. Tapi bukan berarti kamu harus mewarnai seluruh bagian ruangan tamu minimalis dengan warna hijau ya, karena akan terlihat norak dan sangat mengganggu.

Jika kamu ingin ada warna hijau di ruangan tamu minimalis, sebaiknya hadirkan sebagai aksen saja. Misanya dengan meletakkan tanaman hijau di sudut ruangan tamu minimalis atau menggunakan sarung bantal berwarna hijau.

5. Ruangan tamu minimalis yang lapang

yogajournal.com

Bagi kamu yang memiliki masalah dengan ukuran luas ruangan tamu minimalis, cobalah inspirasi yang satu ini. Gunakan kaca sebagai dinding sekaligus jendela di satu sisi ruangan. Untuk furniturnya, cukup menggunakan satu sofa besar dan beberapa kursi berukuran sedang.

Selebihnya tambahkan bantal besar yang berfungsi sebagai kursi lesehan dan coffee table. Pilih model coffee table tanpa kaki untuk menghemat ruang. Untuk warna secara keseluruhan, pilihlah warna terang seperti putih atau krem agar ruangan tamu minimalis terlihat lebih luas.

Hal yang terpenting, pastikan kamu memilih furniture minimalis, ya! Dengan demikian konsep ruang tamu minimalis milikmu semakin tampil maksimal.

6. Ruangan tamu minimalis dengan nuansa lembut

decoist.com

Inspirasi ruangan tamu minimalis yang terakhir memiliki nuansa lembut. Bagi kamu yang ingin menirunya, tidak perlu mengeluarkan budget besar karena kunci utamanya ada pada penggunaan kain. Pilihlah tirai dengan bahan jatuh dan teksturnya halus seperti satin, sutra, lace, atau sheer.

Selain itu, gunakan karpet berbulu pendek dan lembut agar nyaman dipijak kaki. Bila memungkinkan, sesuaikan warna karpet dengan warna sarung bantal dan sofa minimalis.

Jadi, kapan kamu mau membenahi ruangan tamu minimalis dengan bekal inspirasi dari Kania tadi? Kalau kamu masih bingung dalam mendesain ruangan tamu minimalis milikmu, Dekoruma menyediakan jasa desain rumah dan interior terbaik untukmu, lho!

Selain jasa desain rumah, Dekoruma juga jual tempat tidur, kursi, meja makan, rak dinding, kasur, dan aneka furnitur esensial lainnya untuk hunianmu. Untuk kasur, Dekoruma jual Comforta, The Luxe, Guhdo, dan Dunlopillo. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!