Dinding adalah salah satu bagian dari bangunan yang paling mudah dihias. Kamu bisa menggunakan wallpaper dinding bermotif cantik, menggambarnya, atau sekedar menggantungkan aneka dekorasi. Bagi kamu yang sedang berhemat budget, tenang saja karena Kania akan memberikan 6 kreasi hiasan dinding murah meriah yang bisa kamu coba berikut ini!

1. Hasil foto di dinding

pinterest.com

Jika kamu adalah seorang penggemar fotografi, maka tidak ada salahnya untuk mencetak hasil foto terbaikmu di atas kertas foto berukuran besar seperti A3 atau A2. Pastikan kertas foto yang digunakan memiliki kualitas baik agar bisa tahan lama dan warnanya tidak mudah luntur. Kemudian tempellah foto tersebut sebagai hiasan dinding. Agar terlihat lebih elegan, kamu bisa menambahkan lapisan kaca tanpa bingkai.

Kalau kamu lebih suka selfie menggunakan polaroid, boleh juga digantungkan pada seutas tali rami untuk menghiasi dinding. Selain menjadi hiasan, foto ini juga bisa menjadi area nostalgia.

2. Papan tanda di dinding

aliexpress.com

Siapa sangka papan tanda bisa menjadi hiasan dinding yang murah meriah tapi keren? Papan tanda ini biasanya dibuat dari kaleng atau kayu. Kalau kamu mau papan tanda ini lebih awet, berikanlah lapisan khusus untuk menghindari bahan kaleng cepat berkarat atau warna pada papan kayu luntur.

Namun, apabila papan terlanjur berkarat, kamu tetap bisa mengatasinya dengan menggunakan cairan penghilang karat. Sementara, jika papan kayu luntur, kamu bisa mengecatnya kembali.

Kecuali kamu memang menginginkan hiasan dinding bergaya desain vintage atau shabby chic ya. Khusus untuk desain vintage, kamu bisa melengkapinya dengan kursi kafe atau kursi bar lho!

Papan tanda ini biasanya berupa papan iklan dari merk minuman, fashion, olahraga, makanan, serta tanda peringatan.

3. Cermin pada dinding

amazon.com

Cermin di rumah tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk melihat penampilan sebelum pergi keluar rumah. Kamu juga bisa menggunakan cermin sebagai salah satu kreasi hiasan dinding. Pilihlah cermin dengan aksen ukiran atau hiasan lain pada bingkainya. Ruangan akan menjadi lebih indah dan terlihat lebih luas.

Sangat tepat untuk menghias dinding di ruangan yang kecil karena cermin sifatnya memantulkan cahaya dan bayangan. Semakin besar ukuran cermin, akan semakin baik manfaatnya. Tapi kamu perlu pastikan untuk menggantungnya dengan benar supaya tidak mudah jatuh dan melukai penghuni rumah.

4. Kain sebagai penghias dinding

pinterest.com

Untuk tampilan yang lebih lembut, kamu bisa menggantungkan kain Mandala tapestry sebagai penghias dinding. Kain ini bisa berupa anyaman dari benang wol yang membentuk suatu motif, kain polos atau prin yang sifatnya lembut, bahkan aneka kain tradisional yang kaya akan motif cantik.

Sesuaikan ukuran dan warna kain dengan luas dinding yang akan menjadi tempat pajangnya. Kain polos akan cocok untuk menghiasi ruang bergaya minimalis, sedangkan kain tradisional akan menarik jika dipajang di ruang bergaya bohemian dan tradisional.

5. Kanvas untuk menghias dinding

dekoruma.com

Ada yang hobi fotografi, ada juga yang hobi melukis. Inilah saatnya untuk menyalurkan keahlianmu ke atas sebuah kanvas dan membuat hiasan dinding sendiri. Hasilnya tentu akan sempurna karena kamu mengetahui persis keinginanmu.

Modal yang kamu butuhkan hanyalah kanvas, cat, kuas, dan imajinasi. Setelah karyamu selesai, gantungkan kanvas tersebut menggunakan paku yang menancap dengan baik pada dinding.

6. Bingkai berisi tulisan untuk menghias dinding

aliexpress.com

Apakah kamu salah satu orang yang membutuhkan kata motivasi setiap hari? Jika iya, cobalah menghias dinding menggunakan bingkai foto berisi aneka tulisan motivasi. Kamu bisa mengedit tulisan ini menggunakan piranti lunak desain grafis di komputer, membuat karya hand lettering, atau yang paling mudah adalah menyimpan gambar berisi kata motivasi gratis dari Internet.

Selain kata-kata, kamu juga bisa menggunakan kaligrafi Arab atau Mandarin. Setelah dicetak, tinggal masukkan ke dalam bingkai dan gantungkan di dinding.


Tunggu apa lagi? Segera tentukan hiasan dinding yang sesuai dengan selera dan keahlianmu, kemudian gantungkan di dinding!

Temukan beragam furnitur dan dekorasi kekinian untuk rumahmu hanya di Dekoruma! Dekoruma jual lemari, lukisan, rak dinding, karpet, meja kerja, cermin, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada juga aneka jenis kasur dari merek-merek terkenal, seperti spring bed Dunlopillo, The Luxe, King Koil, dan Comforta. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma dan cari semua kebutuhan rumahmu!