Apa kamu merasa udara kini makin tidak sehat? Banyak penelitian yang telah mengungkapkan bahwa udara sering berubah-ubah dibarengi cuaca di sekitar kita yang semakin tidak menentu. Udara panas kadang membuat kita berpikir bahwa AC merupakan solusi paling tepat untuk mengatasinya. Namun udara yang dikeluarkan dari AC merupakan udara kering yang dapat menimbulkan penyakit seperti kulit kering, pilek, dan bibir pecah-pecah. Di saat seperti itu, maka kamu memerlukan humidifier sebagai solusi yang tepat.

Humidifier adalah alat untuk menambah jumlah uap air di udara dalam suatu ruangan atau aliran udara yang terlalu kering. Udara kering memberikan efek buruk untuk tubuh, di antaranya mengurangi tingkat konsentrasi dan daya tahan tubuh. Cara kera humidifier adalah dengan menguapkan air pada sebuah hampa atau permukaan-permukaan yang dibasahi atau dengan melakukan sirkulasi udara melalui sebuah kompartemen pencuci udara. Untuk mengetahui lebih lanjut alasan-alasan lain mengapa kamu harus mempunyai humidifier di rumah, baca sampai selesai ya artikel tentang humidifier ini!

1. Humidifier mengembalikan kelembapan kulit

lumacomfort.com

Salah satu manfaat humidifier adalah mengembalikan kelembapan pada kulit yang kering. Faktor utama penyebab kulit kering adalah kondisi udara yang tidak baik dengan kelembapan yang kurang. Udara kering ini juga dapat menyerap kelembapan alami kulit manusia dan dapat membuatnya tampak kusam bahkan pecah-pecah. Dengan adanya humidifier, maka semua hal itu tidak akan terjadi.

2. Proses penyembuhan penyakit lebih cepat dengan adanya humidifier

polestarplumbing.com

Setelah disinggung bahwa udara kering dapat menurunkan tingkat daya tahan tubuh, maka menggunakan humidifier di rumah dengan kelembapan udara yang ideal dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit lebih cepat. Keuntungan menggunakan humidifier adalah kelembapan udara akan didapat dan penyakit seperti gejala pernapasan yang biasanya terjadi saat udara kering dapat terhindarkan.

3. Adanya humidifier dapat melindungi dari iritasi mata

edition.cnn.com

Debu, serbuk, dan juga partikel-partikel kecil lain akan lebih banyak berterberan di udara bila udara kering. Dengan demikian humidifier adalah solusi terbaik untuk menjaga kelembapan udara di rumahmu sehingga dapat mencegah debu dan partikel kecil berbahaya lainnya bertebaran di rumah. Selain itu, udara bersih yang dihasilkan oleh humidifier dapat dengan nyaman diterima oleh mata kita.

4. Humidifier mampu mencegah sakit tenggorokan

pesandunia.com

Manfaat lain yang diberikan humidifier adalah dapat mencegah sakit tenggorokan. Hal ini dikarenakan humidifier juga dapat memproduksi udara yang hangat dan halus yang dapat dihirup dengan lancar. Sakit tenggorokan dapat terjadi karena kelembapan udara yang rendah. Dengan adanya humidifier maka udara yang halus dapat mencegah terjadinya sakit tenggorokan.

5. Mengurangi resiko infeksi dengan humidifier

bloggi.no

Bakteri dan kuman akan sulit untuk berpindah-pindah selama kelembapan udara di rumah dalam keadaan yang tepat sehingga penyebarannya akan berkurang. Oleh karena itu, humidifier adalah solusi terbaik. Penyakit yang sering menular dari udara, seperti infeksi saluran pernapasan akan berkurang dengan adanya humidifier.

6. Humidifier dapat membuat tidur lebih nyenyak

trendhunter.com

Setelah mendapatkan semua manfaatnya, dampak baik menggunakan humidifier adalah kamu bisa tidur dengan nyenyak. Dengan berkurangnya bakteri, virus, potensi penyakit flu, reaksi alergi atau asma, tentu waktu tidur kamu pun akan menjadi lebih nyaman dan nyenyak. Apalagi, sistem pernapasan kamu juga akan bekerja lebih baik karena terbantu oleh humidifier sehingga mengurangi kemungkinan hidung tersumbat yang kerap menyebabkan suara ‘mendengkur’ saat tidur.

7. Humidifier mampu mengurangi stres

lifebeyondorganic.com

Berhati-hatilah jika kamu sering mengalami stres karena dapat menjadi sumber penyakit. Biasanya stres dapat disebabkan dari hal-hal yang besar hingga kecil, seperti penyakit, masalah kulit, tidur si kecil yang tidak nyenyak, atau suara suami yang selalu mendengkur. Tentu dengan menggunakan humidifier, tingkat stres Anda akan berkurang, apalagi jika udara yang dihirup menyegarkan, maka stres akan jauh berkurang. Dengan demikian, humidifier adalah pilihan yang paling tepat untuk mengurangi stresmu.

Setelah membaca ulasan di atas, sekarang kamu sudah tahu, ‘kan betapa pentingnya memiliki humidifier di rumah? Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, ya!

Sedang mencari dekorasi untuk menghidupkan suasana rumahmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual VIVERE, merek terkenal yang menyediakan beragam jenis dekorasi, mulai dari bingkai foto, vas bunga, hingga pajangan meja.

Kalau kamu baru saja memiliki sang buah hati, Dekoruma juga jual tempat tidur bayi, lemari anak, dan playmat bayi untuk memenuhi semua kebutuhan si Kecil. Jangan berlama-lama lagi, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma, yuk!