Desain ruang makan harus dibuat senyaman dan seindah mungkin supaya para penghuni bisa menikmati makanan dengan baik, meski ukurannya mungil sekali pun. Nah untuk kamu yang memiliki hunian mungil, tentu harus berpikir ekstra dan kreatif agar furnitur yang digunakan tidak memakan banyak ruang. Kalau masih belum menemukan inspirasi untuk desain ruang makan kesayanganmu, coba simak persembahan Kania berikut ini!

1. Desain ruang dengan furnitur serba bulat

pinterest.com

Untuk keluarga kecilmu, penggunaan furnitur seperti meja dan kursi stool adalah pilihan yang terbaik. Bentuknya yang bulat membuatnya cukup hemat ruang. Kamu bisa meletakkan pada sudut ruang makan. Hindari menggunakan kursi dengan sandaran punggung karena akan membuat desain ruang terlihat penuh. Untuk meja makan, akan lebih bagus lagi jika ada rak di bagian bawah supaya bisa meletakkan peralatan makan.

2. Desain ruang dengan meja menempel dengan dinding

pinterest.com

Seringkali kamu harus meletakkan meja menempel dengan dinding supaya desain ruang memiliki area untuk lalu lalang penghuni. Ide yang satu ini sah-sah saja, tapi apakah kamu merasa hampa jika menyantap makanan sambil menatap dinding kosong?

Agar desain ruang ini lebih menarik, gantungkan saja cermin yang panjangnya hampir sama dengan panjang meja makan. Pilihlah cermin yang memiliki bingkai bagus untuk mempercantik desain ruang makan. Selain tampak indah, ruang makan mungilmu juga akan terlihat lebih lapang berkat cermin tersebut.

3. Desain ruang makan di pinggir jendela

pinterest.com

Apabila ruang makanmu terlalu mungil hingga tidak memungkinkan untuk meletakkan meja di tengah ruangan, coba buat desain ruang dengan meja di pinggir jendela rumah seperti yang sering diterapkan pada desain ruang di restoran. Tambahkan beberapa dekorasi mungil seperti pot bunga mungil di ujung meja. Selain hemat ruang, kamu jadi bisa menikmati makanan sambil melihat pemandangan indah di luar rumah.

4. Desain ruang untuk yang masih tinggal sendiri

ikea.com

Untuk kamu yang masih tinggal sendiri atau belum berkeluarga, bisa menggunakan meja berukuran kecil kemudian letakkan di area dapur. Buatlah warna-warna cerah mendominasi desain ruang makan ini agar terlihat lebih hidup dan lega.

Kamu bisa menambahkan karpet di bawah meja makan atau menggantungkan lampu khusus di atas meja makan untuk memberi batas antara area dapur dan ruang makan. Tambahkan beberapa pajangan di meja seperti vas bunga atau wadah sendok garpu yang menggemaskan sebagai dekorasi desain ruang makan ini.

5. Desain ruang menggunakan kursi panjang ala rustic

pinterest.com

Inspirasi desain ruang berikutnya memiliki nuansa rustic. Gunakanlah meja dan kursi yang terbuat dari kayu tanpa diberi cat tambahan. Kursi panjang yang identik dengan kantin, ternyata cocok juga untuk melengkapi desain ruang makan di rumahmu. \

Apalagi bentuknya yang sederhana ini membuatnya mudah disembunyikan untuk menghemat ruang ketika sedang tidak digunakan. Sebagai dekorasi, tambahkan bunga atau ranting kayu di dalam vas.

6. Desain ruang mungil untuk banyak orang

idealhome.co.uk

Jika anggota keluargamu ada banyak namun ukuran ruangannya mungil, cobalah menerapkan desain ruang seperti gambar di atas. Sisakan satu area di bagian pojok sebagai ruang makan. Gunakan meja kotak dan buatlah tempat duduk permanen di sekelilingnya. Tambahkan bantal dan jok di tempat duduk supaya lebih nyaman digunakan. Desain ruang seperti ini bisa menampung lebih banyak orang dibandingkan menggunakan kursi makan biasa.

Terbukti kan, kalau hunian mungil tidak lagi menjadi hambatan untuk kamu menerapkan desain ruang makan yang hemat ruang serta nyaman dan indah. Setelah melihat inspirasi tadi, mana yang paling cocok dengan keadaan hunian mungilmu?

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk rumahmu? Daripada pergi ke toko fisik, kamu bisa membelinya secara online lewat Dekoruma. Ada beragam furnitur dan dekorasi, seperti lukisan, rak dinding, meja kantor, karpet, dan masih banyak lagi. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma dan wujudkan rumah impianmu!