Mendengar istilah ‘rumah panggung’, kamu mungkin pasti akan berpikir kepada rumah adat tradisional yang sudah lama eksis di tanah Nusantara. Tetapi rumah panggung juga bisa menjadi tipe hunian pilihan yang modern, minimalis dan serba elegan.

Arsitektur rumah modern bisa dijadikan alternatif sebagai hunian anti banjir yang gaya, berkat konsep panggung yang dipakai. Sudah siap pangling dengan fitur-fitur modern yang bisa hadir  inspirasi rumah panggung yang bakal Kania tunjukkan?

Klasik Modern Hingga Minimalis

amis-museeingres.com

Jauh berbeda dengan rumah panggung adat, rumah panggung modern bisa menggunakan berbagai macam konsep arsitektur yang memukau. Pada umumnya, rumah panggung modern kerap mengusung tema arsitektur klasik modern, seperti yang bisa dilihat terutama di kompleks perumahan ekslusif hingga rumah gaya klasik di kota- kota Amerika Serikat.

Selain itu, rumah panggung modern dengan arsitektur minimalis juga mulai menjamur di berbagai kota- kota besar untuk masyarakat kosmopolitan, contohnya di Negara Filipina yang rentan banjir.

Pondasi Nyaman dan Aman

freshome.com

Rumah panggung modern memiliki kesan yang sedikit berbeda dengan rumah lantai. Kualitas yang berbeda ini terutama karena penggunaan bahan panggung yang terbuat dari konkrit maupun kayu. Karena fitur pondasi yang kokoh ini, akan ada perspektif yang berbeda pula, seperti rasa aman.

Untuk rumah panggung modern yang menggunakan pondasi lantai kayu, tentunya penghuni akan semakin dimanjakan dengan suasana lantai yang lebih empuk dan nyaman pada kaki.

Fitur Dek dan Beranda Rumah Panggung (Porch)

domeinhandel.org

Hampir semua rumah panggung modern akan memiliki dek dan beranda pada sisi- sisi yang berbeda. Fitur ini otomatis muncul karena rumah panggung tidak  berdempetan dengan rumah tetangga, sehingga menambahkan ruang ekstra yang menarik dan indah pada eksterior rumah.

Dimulai dari dek samping, hingga beranda kecil di belakang rumah panggung, kamu bisa memanfaatkan sebagai tempat bersantai, area hiburan, dan juga ruang santai.

Instalasi Kian Mudah

forfur.com

Instalasi, perawatan dan modifikasi penggunaan rumah tangga untuk rumah panggung modern juga relatif lebih praktis dibanding dengan rumah biasanya. Mengapa? Karena umumnya jalur air hingga listrik biasanya kian simpel. Jika ingin menarik kabel telepon, listrik ataupun modifikasi lainnya, para ahli bangunan menilai kalau rumah panggung juga lebih terjangkau loh.

Insulator Alami

ejobnet.info

Berbeda dengan pondasi tanah, rumah panggung yang biasa didominasi dengan lantai  kayu adalah insulator alami yang sangat baik. Dengan perawatan minimal, rumah panggung memberikan kehangatan, jauh dari potensi masalah kelembapan udara.

Bebas Bencana Banjir

myfancyhouse.com

Pada beberapa negara, penggunaan rumah panggung lebih dari sekedar gaya arsitektur, tetapi kebutuhan yang harus dipenuhi karena ancaman banjir yang besar. Rumah panggung memberikan solusi banjir yang aman tanpa harus mengorbankan waktu ataupun biaya yang besar untuk membangun bendungan atau barikade lainnya sebagai proteksi rumah.

Kendali Hama Yang Efisien

en.wikipedia.org

Kita tentunya tahu kalau kebanyakan besar dari hama atau serangga perusak rumah datangnya dari tanah. Nah, dengan rumah panggung, properti kamu akan jauh dari kontak langsung atas serangan hama atau serangga perusak ini. Tentunya rumah panggung juga disarankan untuk mengaplikasikan perlindungan maksimal, misalnya memberikan lapisan anti rayap, sebagai salah satu cara membasmi rayap.

Landscape Super Fleksibel

pinterest.co.uk

Pemandangan indah dan rumah panggung selalu saling mendukung, karena konsep rumah panggung memang membutuhkan lahan yang lebih luas dibandingkan dengan rumah lantai biasanya. Ini berarti kamu bisa kreatif bermain dengan landscape yang bisa diciptakan, dimulai dari menanam pohon yang teduh, taman kecil di sekitar rumah panggung, hingga hamparan bunga di sekelilingnya.

Menarik banget, ya semua rumah panggung bergaya modern di atas? Kalau kamu paling suka yang mana, nih? Jangan lupa cek juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya!

Kamu sedang mencari aneka dekorasi dan furnitur kekinian untuk menghiasi rumahmu? Kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Dekoruma jual lemari dapur, lampu hias, sofa, tirai, dan masih banyak lagi. Selain hunianmu jadi terlihat lebih hidup, dompetmu pun tidak akan menipis karena harga barang-barang di Dekoruma sangat terjangkau.

Tak hanya itu saja, ada juga aneka jenis kasur dari merek-merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual kasur Serta, kasur King Koil, dan kasur Florence yang memiliki material dengan kualitas terbaik. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!