Siapa bilang ruang kelas itu membosankan? Pada dasarnya, tak ada batasan dalam merancang desain ruang kelas, dan dengan kreativitas yang tinggi, bukan tidak mungkin desain dari ruangan kelas disulap menjadi ruang yang menyenangkan, estetik, dan tentunya tetap bisa membantu mengakomodasi proses belajar dengan maksimal.

Ingin tahu seberapa jauh kamu bisa berkreasi dengan desain ruang kelas? Yuk, intip serunya belajar di berbagai ruang kelas yang memiliki desain kreatif dan menyenangkan dari berbagai belahan dunia berikut!

Palet Warna Ruang Kelas yang Menyegarkan

cdn.trendhunterstatic.com

Pilihan warna menjadi hal paling mendasar yang mampu dengan mudah mengubah suasana interior dari ruang kelas. Daripada hadir dengan warna-warna membosankan, menghadirkan dekorasi kelas dengan warna-warna yang menyegarkan bisa jadi alternatif untuk meningkatkan semangat dari ruang kelas.

Penataan Denah Ruang Kelas yang Lebih Eksploratif

smithsystem.com

Selain warna, penataan denah dari ruang kelas juga merupakan faktor paling utama dalam mengubah suasana dari dalam ruang kelas. Jangan batasi imajinasi dan kreasi dalam menata kursi tempat duduk di dalam kelas.

Ciptakanlah denah yang mampu mengakomodasi interaksi antar guru dan murid, serta antar sesama murid. Hal ini tentu akan mengubah suasana ruang kelas yang dingin menjadi jauh lebih dekat, hangat, dan akrab.

Bermain dengan Bentuk-Bentuk Organik

bfx.com.au

Ruang kelas juga selalu identik dengan kesan formal. Hal ini juga tercermin dari desain ruangan kelas yang didominasi dengan bentuk-bentuk simetrik yang formal. Usir kesan kaku dan formal pada desain ruang kelas dengan mengaplikasikan bentuk-bentuk organik yang lebih natural seperti lingkaran dan elemen-elemen melengkung dan tak bersudut juga dekor ruangan.

Suasana Ruang Kelas lebih Hangat dengan Elemen Kayu

i.pinimg.com

Nuansa dingin dan kaku dari ruang kelas juga bisa kamu siasati dengan pemilihan material yang tepat. Menghadirkan elemen kayu dengan warna serta tekstur alami bisa membantu melahirkan suasana yang lebih hangat dan bersahabat pada ruang kelas.

Desain Ruang Kelas yang Dinamis

i.pinimg.com

Ingin coba memicu kreativitas berfikir murid-murid? Mulailah dengan menghadirkan desain ruang kelas dengan unsur dinamis baik dari segi pemilihan bentuk, penataan ruang, serta penggunaan perpaduan warna-warna yang ada pada ruangan kelas.

Dengan komposisi elemen-elemen tersebut secara dinamis, kamu bisa menghadirkan suasana kelas yang lebih merangsang murid untuk bisa mengemukakan pemikiran yang lebih dinamis pula.

Ciptakan Ruang Interaktif untuk Belajar di Kelas

communityimpact.com

Rasa bosan dan penat pada ruang kelas juga bisa dilenyapkan jika kelas memiliki kesan akrab dan interaktif. Maka dari itu, hadirkanlah desain ruang kelas yang memungkinkan setiap orang lebih mudah dan terdorong untuk lebih interaktif, yaitu dengan menyusun meja belajar yang membentuk lingkaran. Dengan demikian, saat diskusi semua orang akan lebih leluasa untuk menyampaikan pendapat.

Desain Ruang Kelas yang Tak Berlebihan

gettingsmart.com

Meskipun sejak awal berbagai desain dari ruangan kelas sangat sarat akan eksplorasi yang kreatif, perhatikanlah batas-batas kewajaran dari desain yang bisa diaplikasikan sebagai ruang kelas.

Jangan sampai kamu mengaplikan berbagai ide dan gagasan desain yang berlebihan sehingga kelas kehilangan esensinya sebagai ruang untuk belajar dan bahkan berujung pada terganggunya fokus dari aktivitas belajar dan mengajar yang ada didalamnya.


Ternyata, mengusir rasa bosan dan penat di kelas sangat mungkin dengan menghadirkan desain ruang kelas yang kreatif yang menarik, bukan? Meskipun merupakan tantangan yang tidak mudah, menghadirkan elemen yang menyenangkan pada rancangan ruang kelas sangatlah bermanfaat untuk menstimulasi semangat belajar dan membantu anak-anak untuk lebih fokus, lho!

Jadi, desain ruang kelas seperti apa yang paling menyenangkan menurutmu? Tak harus selalu formal, kamu juga bisa menciptakan suasana ruang kelas yang santai, lho! Misalnya saja dengan menggunakan meja lesehan dan bean bag Bottom Dock supaya setiap orang yang ada di dalam kelas tersebut tidak merasa tegang.

Sedang mencari furnitur multifungsi untuk hunianmu! Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual laci, meja makan, lemari pakaian, sofa, hingga tempat tidur. Buat kamu yang suka mengoleksi barang unik dan cantik, Dekoruma juga jual rak display untuk tempat memajangnya, lho!

Selain furnitur, Dekoruma juga jual peralatan memasak dan peralatan rumah tangga untuk memenuhi semua kebutuhan rumahmu. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek semuanya di Dekoruma!