Salah satu elemen yang wajib ada di dalam sebuah dapur adalah wastafel cuci piring. Biasanya wastafel cuci piring ini digunakan juga untuk mencuci bahan makanan yang akan dimasak. Material yang digunakan untuk wastafel ini adalah stainless steel, batu alam, hingga keramik.

Saat ini wastafel cuci piring tersedia dalam aneka desain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan interior dapur. Dari 6 desain wastafel cuci piring berikut, mana yang cocok untuk dapurmu?

1. Wastafel cuci piring bergaya rustic

trendir.com

Wastafel cuci piring dari material kuningan mungkin tidak sepopuler material stainless steel karena tampilannya yang terlihat lusuh. Namun wastafel cuci piring ini akan terlihat cocok untuk dapur bergaya rustic. Bentuknya persegi panjang dan dipadukan dengan kabinet dari kayu. Hasilnya sederhana namun tetap memukau.

2. Wastafel cuci piring bergaya vintage

pinterest.com

Wastafel cuci piring berikutnya terdiri dari satu bak cucian dari keramik. Agar terasa suasana desain vintage, kamu bisa memadukan wastafel ini dengan kabinet dapur dari kayu dicat hijau telur asin. Ukurannya cukup besar untuk menampung perabotan kotor yang menanti untuk dicuci.

Sayangnya jika menggunakan wastafel cuci piring seperti ini, kamu harus menyiapkan rak piring di sebelah tempat cuci untuk meniriskan air dan rutin membuang sisa airnya agar tidak membuat dapur lembab hingga menjadi sarang kuman.

3. Wastafel cuci piring dengan desain deep sink

homedesignlover.com

Bagi kamu yang suka memasak, pasti akan memiliki tumpukan perabot kotor sesuai masak dan makan. Dengan begitu, kamu membutuhkan wastafel cuci piring dengan desain deep sink alias bak cucian yang dalam. Deep sink ini akan mencegah tumpukan perabot berjatuhan dan juga tidak membuat air terciprat ke segala arah. Desainnya yang sederhana dan sleek ini juga membuatnya cocok ditempatkan pada dapur bersih bergaya modern minimalis.

4. Wastafel cuci piring yang multifungsi

homedesignlover.com

Kegiatan apa saja selain mencuci yang biasanya kamu lakukan di wastafel cuci piring? Jawabannya adalah mencuci bahan makanan dan memotongnya. Dengan demikian, sampah bekas potongan tidak akan mengotori meja dapur.

Desain wastafel cuci piring yang satu ini akan memenuhi segala kebutuhanmu. Di sisi kanan ada tempat untuk meletakkan peralatan masak, di sisi kiri ada tempat untuk meniriskan peralatan masak yang sudah dicuci sehingga air tidak menggenang, dan di bagian atasnya ada talenan kayu yang bisa digeser sesuai keinginanmu.

5. Wastafel cuci piring builtin

trendir.com

Desain wastafel cuci piring berikutnya adalah wastafel built-in yang menggunakan material marmer. Tampilannya begitu elegan dan bisa disesuaikan dengan area backsplash dapur. Material ini cukup awet terhadap goresan dan mudah dibersihkan jika terkena noda makanan. Namun, kamu harus rutin memberinya zat lapisan khusus agar tidak terlihat kusam.

6. Wastafel cuci piring dengan kran yang bisa digeser

pinterest.com

Desain wastafel cuci piring yang memiliki double sink ini dilengkapi dengan kran air yang bisa digeser ke dua arah. Dengan demikian kamu bisa leluasa membersihkan kedua bak cuci piring tanpa harus menambah keran air. Jika kamu ingin menggunakan material kayu sebagai meja di sekitar wastafel cuci piring, sebaiknya beri pelapis khusus agar tidak mudah lapuk jika terkena cipratan air.


Apa pun desain wastafel cuci piring yang akan kamu gunakan nantinya, pilihlah material yang anti karat, anti lapuk, dan tentunya mudah dibersihkan. Dengan demikian, wastafel cuci piring akan awet dan indah dipandang mata.

Selain itu, rutinlah untuk membersihkannya agar tidak menjadi sarang kuman penyakit. Dan apabila dalam waktu jangka panjang bagian wastafel akhirnya ada yang sedikit berkarat, kamu bisa langsung menggunakan cairan penghilang karat khusus untuk mengatasinya.

Sedang mencari furnitur baru untuk dapur dan ruang makanmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekourma, lho! Dekoruma jual kursi makan, meja makan, kabinet, dan rak dinding dengan aneka model serta ukuran. Kalau kamu punya anak kecil di rumah, Dekoruma juga jual meja belajar, kursi anak, dan lemari anak untuk memenuhi kebutuhannya.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga jual Ninebox, yaitu merek rak penyimpanan yang sangat praktis dan efisien untuk rumahmu. Lengkap banget, ‘kan?

Nah, buat kamu yang sedang mencari properti hunian untuk dijadikan tempat tinggal atau sarana investasi, kamu bisa kunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak sekali pilihan rumah ataupun apartemen dari berbagai daerah di Jabodetabek. Di antaranya, kamu bisa menemukan rumah dijual di BSD, apartemen dijual di Jakarta Selatan, dan rumah baru di Depok. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan hunian impianmu bersama Dekoruma!