Menggunakan tirai pembatas ruang untuk membagi area yang berukuran besar ke dalam beberapa ruangan merupakan siasat yang efektif. Selain karena biaya yang dikeluarkan jadi nggak begitu besar dibandingkan dengan menambahkan dinding pembatas atau tembok, mengurangi penggunaan dinding pembatas juga menciptakan efek lapang pada ruangan yang berukuran mungil.

Berbeda dengan penyekat ruangan lainnya, tirai bisa dengan mudah dibuka dan ditarik kembali sehingga lebih fleksibel saat digunakan.Belum lagi tampilan elegan dari tirai pembatas ruangan juga memberikan sensasi yang berbeda ke dalam interior ruang.

Seperti apa saja ide penggunaan tirai pembatas ruangan di dalam rumah? Berikut inspirasinya!

Menciptakan Ruang Personal

ikea.com

Menempatkan meja kantor lengkap dengan kursinya, tepat di depan kaki ranjang mungkin akan terlihat memaksa. Namun dengan menggantung tiral pembatas ruangan di antara kedua furnitur ini, ruangan yang semula menyatu seketika terbagi menjadi dua fungsi ruangan yang berbeda.

ikea.com

Penggunaan tirai pembatas ruangan seperti ini dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu, terutama untuk kamu yang nggak tinggal sendirian. Ketika kamu membutuhkan kosentrasi lebih saat bekerja atau kenyamanan lebih untuk menyendiri, tirai pembatas ruang ini bisa langsung menyediakan ruang personal untukmu.

Pembagi Area Masak dan Area Santap

pinterest.com

Desain dapur yang dibuat menyatu dengan ruang makan boleh jadi memudahkanmu saat menyajikan hidangan. Namun nggak jarang asap atau bau dari dapur yang terhirup sampai ke meja makan minimalis yang malah membuatmu kehilangan selera untuk bersantap.

Ketidaknyamanan seperti ini dapat dihindari dengan menggunakan tirai pembatas ruangan di antara dapur dan ruang makan. Karena dipasang di area dapur, pilihlah tirai pembatas ruangan yang terbuat dari kain semi plastik sehingga mudah dibersihkan jika terkena noda bumbu dan bekas makanan.

Menyembunyikan Ruang Rahasia di Samping Rumah

home-designing.com

Penggunaan tirai pembatas ruangan di belakang ruang makan ini memperlihatkan permainan visual. Tirai seolah menutup jendela yang mengarah langsung ke luar rumah, padahal tirai pembatas ruangan ini menutup sebuah ruang rahasia yang terletak di samping rumah.

home-designing.com

Dibalik tirai pembatas ruangan terdapat sebuah lorong yang dilimpahi oleh cahaya alami yang masuk dari jendela yang terpasang disekelilingnya. Lorong ini diciptakan untuk mengatur jumlah pencahayaan alami yang masuk ke dalam rumah.

Menariknya, bagian tengah lorong difungsikan sebagai ruang kerja. Tirai pembatas ruangan dipasang untuk memberikan privasi sekaligus mendukung fungsi lorong dalam menyaring cahaya yang masuk.

Penyekat Dekoratif nan Elegan  

pinterest.com

Memasang tirai pembatas ruangan dengan partisi ruangan dari kaca secara bersamaan dapat memperkuat kesan elegan yang ditampilkan di dalam ruangan. Gunakan tirai pembatas ruangan yang berbahan tipis untuk memperlihatkan efek transparan yang modern.

Menjadikan kombinasi ini sebagai penyekat di beberapa ruangan dapat memberikan irama dinamis untuk interior minimalis. Ruangan baru yang tercipta di balik tirai pembatas ini dapat digunakan sebagai perpustakaan mini atau pun ruang bermain anak.

Memberikan Privasi di Area Tidur

pinterest.com

Untuk kamu yang tinggal di kamar kos atau apartemen studio, begitu dekatnnya jarak antara tempat tidur dengan ruangan lainnya sering membuat kamu merasa nggak nyaman. Tirai pembatas ruangan yang dipasang di sisi tempat tidur seperti ini sedikit memberikan privasi di ruang tinggal yang kecil dan dipenuhi dengan banyak barang.

Tempat tidur yang tempatkan di pojok ruangan, menempel dengan tembok seperti ini membuatnya terlihat seperti sebuah kabin kecil setelah dipasangi tirai pembatas ruang.

Penyekat untuk Konsep Open Plan

pinterest.com

Pada apartemen studio atau rumah yang menerapkan konsep open plan (tata ruang terbuka), ruangan yang dibagi dengan menggunakan furnitur kerap kali terlihat terlalu kaku dan tegas. Apalagi ukuran furnitur yang digunakan cukup tinggi dan lebar. Dengan menambahkan tirai pembatas ruangan pada kedua furnitur yang memisahkan dua ruang, transisi antar ruangan terasa lebih cair dan luwes.


Mulai dari memaksimalkan lahan terbatas, menciptakan fungsi ruang baru, memberikan privasi, dan pencair suasana, tirai pembatas ruangan terbukti menjadi dekorasi yang sangat fungsional. Tertarik memasang tirai pembatas ruang di rumahmu?

Temukan aneka furnitur untuk huninamu hanya di Dekoruma! Dekoruma jual tempat tidur single, lemari pakaian, sofa, meja tv, dan meja makan dengan model serta ukuran yang beragam.

Selain furnitur, ada juga berbagai jenis kasur dari merek-merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Beberapa di antaranya adalah kasur King Koil, Alga, Comforta, dan Guhdo. Tunggu apa lagi? Yuk, cari semua produk keperluan rumahmu di Dekoruma!