Jika hunianmu tidak memiliki halaman yang luas untuk ditanami sejumlah tanaman, maka solusinya adalah menggunakan pot tanaman. Pot tanaman ini tersedia dalam berbagai bentuk, warna, dan bahan. Sekilas fungsinya sama semua, untuk menempatkan tanaman beserta media tanamnya. Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya pot tanaman ada 5 jenis dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda?

Kalau belum tahu, yuk baca penjelasan singkat tentang jenis pot tanaman yang sudah Kania rangkum berikut ini!

1. Pot tanaman plastik

google.com

Pot yang cukup sering ditemukan adalah pot tanaman plastik. Pot tanaman yang satu ini memiliki bentuk dan warna dalam banyak pilihan sehingga bisa disesuaikan dengan konsep rumah impian. Harganya paling murah di antara jenis pot tanaman lainnya.

Selain itu, bobot pot ini cukup ringan dan cocok untuk digantungkan. Kalau pun terjatuh, pot tanaman plastik tidak akan mudah retak atau pecah. Bisa dibilang lumayan awet dan kamu tidak perlu membeli pot baru dalam jangka waktu singkat.

Sayangnya, pot yang sering digunakan untuk tanaman hias ini tidak memiliki pori-pori pada permukaannya sehingga suhu di dalam pot akan naik di siang hari dan tanaman mudah layu. Jadi kamu harus memilih tanaman yang kuat terhadap panas jika ingin menggunakan pot ini.

2. Pot tanaman semen

notonthehighstreet.com

Pot tanaman juga ada yang dibuat menggunakan semen. Keunggulan yang dimiliki pot ini adalah daya tahan tinggi, tidak mudah retak atau pun pecah. Cocok untuk meletakkan tanaman berakar kuat. Harganya cukup terjangkau dan sang pemilik bisa menentukan bentuknya. Bahan semen dikenal cukup baik untuk menyerap air sehingga suhu di dalam pot tetap stabil dan tidak membunuh tanaman.

Sedangkan kelemahannya adalah pot ini memiliki bobot yang berat sehingga akan menyulitkanmu memindahkan ke tempat lain. Jika ingin menggunakan pot tanaman semen, sebaiknya pertimbangkan dengan matang posisinya pada interior rumah agar tidak perlu dipindah di kemudian hari.

3. Pot tanaman porselen

google.com

Berikutnya ada pot tanaman porcelain yang identik sebagai pajangan dan kemewahan. Ya, pot tanaman yang satu ini memang fungsi utamanya sebagai dekor ruangan untuk mempercantik hunian. Pot ini memiliki corak yang cantik dan beberapa ada yang ditambahkan ukiran untuk menambah kesan mewahnya.

Meski cantik, pot tanaman ini cukup mudah rusak dan pecah jika terkena benturan benda lain. Oleh karena itu disarankan untuk memajangnya di dalam hunian saja. Tanaman yang tepat untuk mendiami pot ini adalah tanaman hias yang bernilai tinggi, seperti bonsai. Adapun jenis bonsai yang bisa kamu tanam di dalam pot ini adalah jenis bonsai kelapa, adenium, dan pohon serut.

4.  Pot tanaman tanah liat

rollinggreensnursery.com

Pot tanaman tanah liat juga sering dijumpai pada hunian. Mungkin kamu juga memilikinya di taman rumah. Bentuknya sangat beragam dan dihias dengan ukiran cantik pada bibir pot. Penggunaan pot tanaman ini memungkinkan air untuk merembes ke luar sehingga akar tanaman tidak akan membusuk karena mendapatkan terlalu banyak air.

Pada saat cuaca begitu panas atau dingin, suhu di dalam pot tidak akan berubah drastis. Tanaman pun akan merasa nyaman. Pot tanaman yang tersedia dalam beragam ukuran ini sangat cocok untuk dijadikan rumah tanaman hias buah.

5. Pot tanaman kayu

google.com

Belakangan ini pot tanaman berbahan kayu mulai digemari karena memiliki nilai estetik tersendiri. Bentuk dan ukurannya cukup beragam. Biasanya pot tanaman kayu berukuran kecil digunakan untuk menghias sudut rumah atau meja. Pot ini tidak mudah retak dan mampu menyerap air dengan baik. Sayangnya bahan kayu yang berkualitas buruk akan mudah lapuk jika terus menerus terkena air dan perubahan cuaca.


Demikian 5 jenis pot tanaman yang harus kamu tahu agar tidak salah memilih pot untuk tanaman kesayanganmu. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan, jadi silakan mempertimbangkannya dengan matang. Kalau masih bingung, kamu bisa menemukan aneka pot tanaman yang tepat di toko furniture online Indonesia, Dekoruma, lho!

Selain pot tanaman, Dekoruma juga jual kursi malas, lemari pakaian, meja rias, sofa minimalis, dan aneka furnitur lainnya. Model dan ukurannya pun tersedia dalam beragam pilihan.

Kamu sedang mencari hunian baru yang nyaman dan strategis? Lagi-lagi kamu bisa temukan di Dekoruma! Ada banyak pilihan rumah dijual dengan harga terbaik dari berbagai wilayah yang sedang berkembang, seperti rumah dijual di Jakarta Selatan, Bekasi, dan Tangerang. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!