Kata orang, selalu ada sesuatu dengan yang pertama.

Mungkin ada benarnya. Ulang tahun pertama, pertemuan pertama, pandangan pertama—ada alasannya mengapa momen pertama sangat populer, hingga menjadi hal yang umum diangkat pada lagu-lagu romansa ataupun tema utama dalam sinema layar kaca.

Sadar betapa pentingnya momen pertama, dekoruma.com pun ingin menciptakan event spesial dan tak terlupakan bagi sahabat-sahabat dekoruma. Untuk pertama kalinya, dekoruma menyelenggarakan event Ruma Jumpa mengenai tanaman.

Tema Rumah Segar dengan Tanaman Hijau dipilih sebagai bahasan pada event kali ini. Tentu saja, pada momen perdana yang spesial ini dekoruma.com mengundang tutor (pembicara) yang spesial pula, yaitu Fian Khairunnisa.

Menginjak pukul 11.30, acara dibuka dengan apik oleh MC Filicia, yang kemudian dilanjutkan dengan pengenalan dengan sang pembicara Fian Khairunnisa, pemilik toko Wit Wikan. Wit sendiri memiliki arti ‘pohon’ dan Wikan berarti ‘anak lelaki yang cerdas’ dalam bahasa Jawa.

Berfokus pada tanaman untuk hunian, acara Ruma Jumpa ke-8 ini dibuka dengan pertanyaan umum yang biasa ditanyakan pecinta tumbuhan hijau. Misalnya, apa hal terpenting yang harus dipertimbangkan saat ingin memelihara tanaman?

Beberapa elemen terpenting adalah space atau luasan, sirkulasi udara, dan pencahayaan. Contohnya dalam luasan, kamu harus memperhatikan perbandingan luasan ruangan (untuk tanaman indoor) dan besar tanaman.

Selain itu, jangan lupa perhatikan penempatan—apakah akan ditempatkan di sudut ruangan, difungsikan sebagai elemen hiasan dinding, atau malah sebagai penjernih udara?

Beda tanaman, beda pula fungsinya. Konon katanya, tanaman yang bisa menjernihkan udara bisa menangkap racun di udara dan bagus bagi kesehatan mental. Salah satu tanaman yang menjadi primadona dalam workshop ini adalah Monstera deliciosa.

Tak seseram namanya, tanaman asli dari hutan tropis Meksiko selatan ini mendapatkan namanya dari buah yang terkenal lezat dan ukurannya—Monstera deliciosa bisa tumbuh melebihi 9,1 meter!

Bahasannya tidak berhenti sampai situ, lho. Fian juga membahas cara merawat tanaman dan cara mengidentifikasi tanaman yang sakit. Bagi kamu yang melihat perubahan tanaman atau tanaman yang mulai layu, kamu wajib waspada!

Bukan hanya sekedar berbicara, acara ini juga diramaikan dengan sesi tanya-jawab serta sesi memindahkan tanaman sendiri yang dipandu oleh Fian. Sesi ini disambut positif oleh peserta Ruma Jumpa. Semuanya sangat antusias dengan potnya masing-masing. Bahkan, tak perlu waktu lama bagi beberapa peserta untuk memindahkan tanaman mereka.

Sesi re-potting tanaman ini juga sekaligus menjadi ajang unjuk gigi para peserta untuk memamerkan keahlian foto mereka. Bukan tanpa sebab, karena event ini juga diramaikan oleh segmen photo challenge, di mana tiga foto-foto terbaik pilihan tim dekoruma.com akan mendapatkan hadiah spesial. Alhasil, ruangan dipenuhi oleh riuh ceria serta suara jepretan kamera ponsel.

Detik waktu terus berjalan hingga tak terasa sudah waktunya mengakhiri perjumpaan. Suasana tegang dan penuh antisipasi sempat menyelimuti saat pengumuman pemenang photo challenge.

Namun, air muka tegang segera terganti dengan senyum lega setelah pemenang diumumkan. Peserta yang kurang beruntung kali ini pun merasa senang karena dapat belajar cara menanam tanaman dan re-potting langsung dari ahlinya.

Setelah melakukan pemberian hadiah, seluruh peserta tampak antusias berswafoto dengan hasil karya yang sudah mereka buat. Tidak sedikit juga yang mengabadikannya di booth foto milik dekoruma.com.


Itulah sepenggal kisah mengenai event Ruma Jumpa ke-8. Bukan hanya ilmu dan pengalaman baru saja yang bisa kamu dapatkan dalam Ruma Jumpa, kamu juga bisa bertemu dengan teman baru dan berkesempatan mendapatkan hadiah-hadiah seru! Tertarik? Selalu catat jadwal Ruma Jumpa dan update lainnya di instagram dekoruma. Sampai jumpa di acara berikutnya!