Setiap hari para ibu rumah tangga disibukkan oleh banyak pekerjaan rumah, mulai dari memasak, menjemput anak sepulang sekolah, membersihkan rumah, mencuci pakaian dan piring, dan pekerjaan lainnya. Salah satu pekerjaan yang paling menyita waktu adalah menyetrika pakaian, apalagi kalau pakaian yang harus disetrika menggunung.

Setrika uap bisa menjadi solusi bagi para ibu. Setrika uap adalah alat rumah tangga berupa setrika yang menggunakan air sebagai medium untuk mengeringkan dan melicinkan pakaian. Ada dua jenis setrika uap, yaitu yang mirip dengan setrika listrik dan setrika uap vertikal (steamer) yang sering dijumpai pada butik-butik atau laundry. Dibandingkan dengan setrika listrik, setrika uap punya banyak keuntungan, lho. Berikut adalah lima keuntungan memakai setrika uap.

Menggunakan Setrika Uap Bisa Menghemat Waktu

blogspot.com

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, setrika uap bisa membantu mengurangi waktu dalam menyetrika pakaian dibandingkan dengan setrika listrik. Uap air yang dihasilkan setrika uap menyebar secara cepat sehingga kerutan di pakaian cepat hilang dan membantu mengeringkan pakaian.

Uap air ini menggantikan spray yang biasanya digunakan untuk membantu melicinkan pakaian. Di sisi lain, penyebaran panas menggunakan setrika listrik hanya fokus pada area tertentu saja sehingga menyita waktu yang lebih banyak.

Bahan Pakaian Tidak Mudah Rusak

Pakaian kamu cepat rusak? Atau pakaian kamu tidak selembut biasanya? Mungkin setrika uap bisa mencegah semua ketakutanmu.

shutterstock.com

Pakaina sering kusut? Jangan salah, selain megetahui cara melipat pakaian yang benar (misalnya memakai metode KonMari), setrika juga bisa berpengaruh, lho. Meski memiliki fungsi yang sama yaitu melicinkan pakaian yang kusut, pelat besi yang ada di setrika listrik bisa merusak elemen yang ada di dalam bahan pakaianmu.

Setrika uap justru membuatnya menjadi lebih lembut, rileks, dan licin tanpa merusak elemen bahan pakaian karena menggunakan uap air. Pakaian kesayangan juga bisa dipakai bertahun-tahun lamanya.

Setrika Uap Lebih Aman

Penggunaan setrika uap lebih aman dibandingkan setrika listrik biasa karena beberapa alasan. Pertama, penggunaan setrika listrik berpotensi adanya arus pendek. Setrika uap punya resiko bahaya yang lebih kecil karena tenaga utama yang digunakan adalah uap air. Meski begitu, kita harus tetap hati-hati menggunakan setrika uap. Nyatanya, memang semua jenis setrika menghasilkan suhu panas, hanya mediumnya yang berbeda.

marthastewart.com

Kedua, jika kita menggunakan setrika listrik dan meninggalkannya dalam posisi panas di atas pakaian, pakaian tersebut akan gosong. Lain halnya dengan setrika uap, khususnya untuk setrika uap vertikal (steamer). Kita bisa meninggalkannya tanpa khawatir pakaian kesayangan berubah menjadi warna hitam sebagian. Gagang dari elektronik setrika uap vertikal bisa ditaruh di tempat yang disediakan.

Memudahkan Menyetrika Pakaian yang Panjang

google.com

Kesulitan yang kerap kali ditemukan saat menyetrika adalah pakaian atau bahan yang panjang, seperti gorden, jas, dress, baju berlengan panjang, dan celana panjang. Setrika uap vertikal adalah solusinya. Cukup dengan menggantungkan pakaian atau bahan kainkamu, lalu mulailah menyetrikanya sesuai keinginan. Setrika uap vertikal juga bisa membantu menghaluskan printed t-shirt dan pakaian bermanik-manik.

Setrika Uap Lebih Praktis

google.com

Salah satu kesulitan menggunakan setrika listrik adalah ada area tertentu yang sulit dilicinkan. Setrika uap bisa membantu menjangkau area tersebut, baik setrika uap vertikal maupun yang mirip dengan setrika listrik, sehingga hasilnya lebih memuaskan dan tidak memerlukan tenaga lebih. Pada penggunaan setrika uap vertikal, kamu juga nggak perlu memakai papan setrika sehingga lebih hemat tempat.


Nah, itulah lima keuntungan memakai setrika uap. Jadi, apa pilihanmu? Masih mau menghabiskan waktu menyetrika memakai setrika listrik, atau mulai beralih ke setrika uap? Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam memilih setrika, ya!

Kamu sedang mencari elektronik rumah seperti setrika uap? Dekoruma solusinya. Selain elektronik rumah tangga, Dekoruma juga jual hiasan dinding, seperti lukisan dan jam dinding unik untuk menghiasi rumahmu.

Ada juga aneka peralatan masak dan dapur, seperti panci, wajan, spatula, cetakan kue, dan pisau. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung kunjungi Dekoruma!