Tak bisa dipungkiri gaya Skandinavian sudah jadi primadona di kalangan pencinta desain interior, khususnya milenial yang tinggal di wilayah perkotaan. Sebelumnya, gaya desain ini lebih dulu mengawali tren desain modern di Eropa Timur pada tahun 1950-an.

Rp 3.250.000

Maesta Steven Sofa 2 Dudukan 

Keutamaan gaya Skandinavia bukan dari segi estetika semata, namun juga kegunaannya. Mulai dari tampilan, penataan ruang, dan desain furnitur dari gaya Skandinavia menawarkan kenyamanan sekaligus kemudahan akses yang diimpikan para milenial, praktis untuk gaya hidup mereka yang serba cepat.

Rp 1.121.700

Credenza Custom Furniture, Multiplek 18mm, TACO HPL 040 AA Series

Senada dengan milenial lainnya, klien DekorumaHome, Shinta, sejak awal terkesan dengan kesederhanaan yang diperlihatkan gaya Skandivia. Memiliki hunian yang menampilkan dominasi warna putih dan diselingi kehangatan corak kayu merupakan impiannya.

Rp 1.800.000

Cermin 5mm+ Bevel Custom Furniture

Desainer Interior Partner (IDP) dari DekorumaHome, Farah Dina Rachman, mencoba mengembangkan keinginan Shinta dengan tak hanya mengaplikasikan warna putih di seluruh interior apartemen miliknya, namun juga melakukan penataan ruang yang apik sehingga menyempurnakan konsep dari gaya Skandinavia itu sendiri, yakni mengedepankan kelancaran akses antar ruangnya.

Rp 825.000

Hal ini tercemin pada ruang utama di apartemen ini dimana tiga ruangan dengan fungsi berbeda: ruang tamu; ruang makan; dan dapur menyatu tanpa adanya dinding pembatas. Meski tanpa batas, area untuk ketiga ruangan ini tetap terbagi dengan jelas.

Kuncinya hanya satu, yakni ukuran furnitur yang disesuaikan dengan luas masing-masing area. Penggunaan furnitur pesanan (custom furniture), yang sebagian besar dipakai pada apartemen, ini memudahkan penataan ruangan yang luasnya terbatas.

Menariknya, agar transisi antara ruang tamu dan dapur terlihat cair dibuatlah sekat imajiner berupa ruang makan dengan konsep meja bar.

Rp 12.015.396

Kitchen Set Custom Furniture

Keluwesan desain ini juga beriringan dengan Shinta yang sering mengajak teman-temannya berkumpul di rumahnya. Ketimbang menempatkan coffe table di bagian depan sofa, Farah lebih memilih memasang karpet beserta pillow floor demi menambah kapasitas duduk.

Keinginan Shinta untuk memajang cermin di atas sofa ruang tamu juga disambut baik oleh Farah. Dengan dekorasi cermin ini, ruang tamu jadi terlihat lebih luas sehingga lebih nyaman digunakan untuk bercengkrama nantinya.

Namun, bukan berarti penataan ketiga ruangan tersebut jauh dari kendala. Pada mulanya, sumber listrik tidak terletak pada posisi yang strategis. Farah dan tim DekorumaHome berhasil melakukan sejumlah penambahan saklar dan stop kontak di beberapa titik. Perbaikan plafon di ruang tamu pun dilakukan untuk menjaga tampilan interior tetap rapi.

Rp 6.094.500

Elite Kasur Classy Uk 160×200

Kamar tidur turut memberikan pengalaman ruang yang menarik. Masih memperlihatkan simplisitas dan kepraktisan, desain lemari geser dipilih untuk mempermudah penggunaannya di kamar mungil.

Melihat ruang yang tersisa cukup besar, Farah pun tak ragu menempatkan kasur berukuran besar pada kamar tidur utama. Esensinya tak lebih untuk memaksimalkan kenyamanan pemiliknya saat beristirahat.

Rp 9.811.620

Lemari Sliding Custom Furniture, Multiplek 18mm, TACO HPL 040 AA Series

Ketersediaan storage juga masih dimaksimalkan di kamar tamu. Bukan hanya menempatkan lemari pakaian, ruangan ini juga dipergunakan untuk menyimpan koleksi buku yang dimiliki oleh Shinta.

Memanfaatkan ruang yang ada, rak buku berwarna putih dengan aksen kayu dari pelapis HPL pun ditempatkan sejajar dengan lemari geser. Desain kamar ini tidak diolah lebih jauh karena kamar ini akan dialihfungsikan menjadi kamar anak nantinya.

Rp 661.000

Nakas Alegre Fresno

Kontras diantara dominasi putih coba ditampilkan dengan memilih warna-warna penyeimbang, seperti warna abu-abu gelap, warna hitam, dan penggunaan material kayu. Komposisi ini menguatkan gaya Skandinavia yang semula diusung, menyelipkan atmosfer kehangatan yang juga menjadi ciri khas yang melekat pada gaya Skandinavia.

Rp 3.683.850

Rak Buku Divider Custom Furniture, Multiplek 18mm, TACO HPL 040 AA Series

Ingin memiliki hunian senyaman apartemen ini? Tidak perlu bingung lagi, Dekoruma Home siap membantu menentukan desain apa yang cocok untuk rumahmu, tentunya dengan berbagai pilihan material berkualitas. Saatnya wujudkan hunian impianmu jadi kenyataan!

Made by

Interior Stylist:  Farah Dina Rachman
Photographer: DekorumaHome Team