Memasak adalah kegiatan yang hampir tiap hari dilakukan oleh ibu rumah tangga atau kamu yang suka memasak. Tentunya, alat dapur dan bahan memasak yang dipakai cukup banyak sehingga keberadaan rak dapur di area kitchen set sangat esensial. Dengan adanya rak dapur, semua alat dan bahan memasak bisa disimpan sehingga dapur terlihat lebih bersih, rapi, dan enak dipandang.

Selain fungsi dari rak dapur itu sendiri, satu hal yang perlu diperhatikan lagi adalah desain rak dapur tersebut. Kamu bisa mengombinasikan keduanya sesuai selera kamu. Kalau kamu bingung bagaimana harus mengombinasikannya, artikel ini akan memberikan lima inspirasi desain rak dapur yang bisa jadi bahan pertimbanganmu.

Rak Dapur Piring Vertikal Terbuka

maxohome.com

Jika kamu memiliki banyak piring, rak dapur jenis ini bisa menjadi bahan pertimbanganmu. Rak ini menawarkan fungsi penyimpanan piring secara vertikal dan terbuka. Kamu bisa mengambil piring dengan lebih mudah dan tidak terlalu tinggi. Di atasnya, kamu bisa menaruh alat atau bahan makan yang jarang kamu pakai. Opsi lain, taruhlah dekorasi ruangan lain seperti lukisan, foto, tanaman kecil, atau patung keramik.

Pintu Rak Dapur yang Bisa Digeser

pinterest.com

Berbeda dengan yang lain, rak dapur jenis ini bisa dipakai untuk kamu yang ingin terlihat rapi tetapi tetap ingin memiliki rak terbuka. Pintu rak ini bisa menutupi sebagian dari rak dapur milikmu. Jika kamu ingin mengambil alat rumah tangga atau alat memasak lainnya, kamu bisa menggeser pintunya.

Pintu rak pun terlihat menerawang agar kesan terbuka tetap melekat. Jenis rak ini bisa kamu padupadankan dengan pencampuran desain industrial dan elegan. Kayu yang dipakai rak adalah kayu berwarna cokelat dan pasanglah keramik marmer putih di area dapurmu.

Rak Dapur Dekat Kompor

google.com

Bagi kamu yang sangat suka memasak, rak dapur jenis ini bisa kamu coba. Dekat dengan kompor listrik, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak energi untuk mengambil bahan masakan. Cukup dengan mengulurkan tangan, memasukkan bahan secukupnya ke panci atau wajan, dan mengembalikannya ke tempat semula dalam waktu yang singkat.

Meski begitu, kamu harus rajin membersihkan daerah rak dapur. Karena dekat kompor, pasti bayak kotoran yang berceceran seperti minyak atau bahan makanan yang dimasak. Jenis rak ini bisa kamu kombinasikan dengan desain interior minimalis.

Kompor di Antara Rak Dapur

shutterstock.com

Agar tembok di sekitar kompormu tidak terlihat kosong, kamu bisa memasang rak dinding di antara kompormu. Jumlah rak dapur bisa kamu tentukan sendiri sesuai keinginan, yang terpenting terlihat tidak terlalu ramai.

Namun yang pasti, desain rak kabinet dapur ini menimbulkan kesan seimbang. Kegiatan memasak pun menjadi lebih enjoy dan tenang. Kamu bisa meletakkan apapun, mulai dari alat makan, alat memasak, bahan memasak, hingga dekorasi ruangan agar dapurmu tidak terlihat membosankan.

Rak Dapur Adjustable

shelterness.com

Kalau kamu termasuk orang yang cepat bosan, kamu bisa memakai desain rak dapur jenis ini. Di dinding area rak terdapat banyak lubang yang berguna untuk memasang rak dapur. Kamu bisa atur posisinya sesuai dengan seleramu dan bisa diganti kapan pun kamu mau. Perlu diingat, kamu harus rajin membersihkan lubang-lubangnya dari debu supaya tidak menghilangkan warna asli kayunya.

Nah, dari kelima desain rak dapur di atas, desain mana yang kamu pilih? Apapun yang dipilih, kamu harus rajin membersihkan rak dapur tersebut. Sebagus apapun rakmu, tidak akan terlihat bagus lagi kalau kamu biarkan kotor. Selamat memilih!

Kamu lagi cari alat masak baru? Dekoruma juga jual Kedaung, yaitu merek peralatan dapur terkenal yang sudah menjadi produk terpercaya masyarakat Indonesia.

Selain itu, ada juga serbet & celemek untuk melengkapi kebutuhan memasakmu. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cari semua yang kamu perlukan di Dekoruma!