Semua makhluk hidup di dunia ini membutuhkan air untuk bertahan hidup. Selain diminum, air juga digunakan untuk berbagai kegiatan rumah tangga seperti memasak, mencuci pakaian, mencuci perkakas, mandi, dan masih banyak lagi. Agar pasokan air selalu tersedia, kamu harus memiliki pompa air.

Pompa air berfungsi untuk mengalirkan air dari dalam tanah ke seluruh keran yang ada di rumahmu. Jaman sekarang pompa air sudah menggunakan tenaga listrik sehingga tidak perlu lagi repot menekan tuas pompa secara manual seperti jaman dulu. Nah sebelum kamu membeli pompa air untuk rumah, wajib perhatikan 5 hal ini!

1. Ukur kedalaman permukaan air sebelum menentukan jenis pompa air

waterwelldrilling.com

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah kedalaman permukaan air. Jika kurang yakin saat mengukur, mintalah bantuan tukang untuk mengukurnya menggunakan pipa pompa air atau benang dan paku.

Kedalaman permukaan air yang kurang dari 7 meter cocok menggunakan pompa air sumur dangkal. Jika kedalamannya 7-9 meter, maka gunakanlah pompa air semi jet pump. Untuk kedalaman 14 meter lebih, gunakan pompa air celup. Sedangkan untuk kedalaman 20-30 meter, gunakanlah pompa air jet pump.

Selain digunakan untuk menentukan jenis pompa air, kedalaman permukaan air juga bisa kamu jadikan acuan untuk menentukan posisi pompa air. Jarak yang ideal adalah 0,5 hingga 1 meter dari permukaan air.

2. Perhatikan voltase pompa air yang akan digunakan

amazon.com

Ketika hendak membeli pompa air, perhatikan voltasenya. Sesuaikan dengan daya listrik rumah agar tidak keberatan. Biasanya semakin besar kekuatan pompa air, maka voltasenya akan semakin tinggi juga. Tapi hindari juga voltase yang terlalu rendah karena bisa mempengaruhi debit air yang dialirkan.

Untuk gambaran, pompa air jet pump normalnya memiliki voltase 250 hingga 500 watt dalam keadaan stabil dan 500 hingga 900 watt pada saat menghisap air.

3. Pilih pompa air yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga

amazon.com

Kebutuhan air masing-masing rumah tangga berbeda. Biasanya tergantung jumlah penghuni dan kegiatan sehari-hari. Jika penghuni rumah ada banyak, kamu sering memasak dan mencuci baju sendiri di rumah, pilihlah pompa air yang memiliki daya hisap besar dan mampu menghasilkan debit air dalam jumlah besar. Dengan demikian seluruh penghuni rumah bisa menggunakan air tanpa harus menunggu lama.

Sebaliknya jika hanya ada sedikit penghuni dan menyerahkan cucian ke laundry, pilih saja pompa air dengan daya hisap sedang. Kamu pun bisa menghemat daya listrik.

4. Menilai kualitas pompa air

youtube.com

Untuk menilai kualitas pompa air, kamu bisa memperhatikan bahan dan komponen yang digunakan. Pada bagian impeller, pilihlah yang menggunakan bahan stainless steel supaya tidak mudah patah atau retak. Pada bagian lilitan motor listrik, pilihlah yang menggunakan bahan tembaga. Hindari bahan alumunium karena lebih mudah menjadi panas dan mengalami konsleting sehingga membahayakan keselamatan penghuni rumah.

Pompa air yang berkualitas tentu akan lebih mahal harganya, namun akan sebanding dengan keawetannya dan menghindarkanmu dari bahaya konsleting.

5. Memilih pompa air yang bersuara halus

amazon.com

Pompa air dengan suara mesin yang halus tentu akan membuat para penghuni rumah lebih nyaman. Selain itu, dari suara ini kamu bisa menilai apakah ada komponen yang janggal. Jadi mintalah sang penjual untuk menyalakannya. Jika suaranya terdengar kasar, minta tukar saja dengan unit yang lain.

Demikian beberapa poin yang bisa kamu terapkan saat hendak memilih pompa air. Semoga pas dengan kebutuhan dan awet ya!

Temukan berbagai macam furnitur dan dekorasi untuk hunianmu di Dekoruma yang jual lemari, sofa, cermin, lampu, kursi makan, dan masih banyak lagi. Selain model dan ukurannya beragam, harganya pun ramah di kantong.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Mulai dari spring bed Dunlopillo, King Koil, Comforta, dan Guhdo tersedia dalam banyak ukuran dan tingkat keempukkan. Tunggu apa lagi? Yuk, segera lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!

Buat kamu yang sedang mencari tempat tinggal baru, kamu bisa mengunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak hunian dengan harga terbaik yang bisa kamu pilih. Tersedia juga hunian yang berada di dalam perumahan berfasilitas lengkap, seperti perumahan baru di Tangerang, Jakarta Barat, dan Bekasi. Bersama Dekoruma, rumah impian jadi kenyataan!