Seberapa mewah dan luasnya dapurmu, ruangan tersebut tidak akan lengkap tanpa kehadiran peralatan dapur terpenting saat memasak, yaitu kompor. Kompor yang paling umum digunakan adalah kompor gas karena praktis dan tabung gasnya mudah diperjual-belikan. Tidak ada lagi cerita repot memasak karena harus menyalakan sumbu atau mencari kayu bakar.

Meski sering digunakan, ternyata masih ada yang belum tahu tentang jenis kompor gas loh. Apakah kamu salah satunya? Jika ya, lebih baik simak pembahasan 7 jenis kompor gas berdasarkan jumlah tungku dan desainnya berikut ini supaya bisa menentukan yang sesuai dengan kebutuhanmu!

1. Kompor gas portabel

electronic-city.com

Kompor gas portabel adalah jenis kompor gas yang paling sering digunakan pada dapur rumah tangga. Harganya sangat terjangkau. Komponennya mudah dibongkar pasang sehingga bisa dipindahkan dengan mudah.

Biasanya bagian kompor diletakkan di atas meja dapur, selangnya melewati bagian belakang meja, sedangkan tabung gasnya berada di bawah meja. Beberapa orang menginginkan keadaan dapur yang rapi, sehingga ada yang membuat meja dapur khusus untuk kompor gas dengan bagian bawah yang tertutup. Umumnya, kompor gas portable dibuat dua atau satu tungku.

2. Kompor gas freestanding

bonappetit.com

Kompor gas freestanding memiliki ukuran yang paling besar di antara jenis kompor gas lainnya. Kompor ini berdiri sendiri dan memiliki pelindung khusus di bagian belakang yang berfungsi sebagai backsplash dapur. Kompor gas jenis ini biasanya terdiri atas empat atau enam tungku, sedangkan di bagian bawahnya ada oven. Sangat cocok untuk kamu yang hobi memasak makanan dan juga kue-kue. Selain hemat tempat, tentunya lebih menghemat dana juga jika memang mengincar oven.

3. Kompor gas tanam

indiamart.com

Jenis kompor tanam ini dibuat menyatu dengan kitchen island. Sifatnya permanen sehingga kamu harus mempertimbangkan banyak hal sebelum membuatnya. Tungku kompornya ada yang dua dan empat buah, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Tampilannya sangat rapi dan juga elegan.

4. Kompor gas komersil

pinterest.com

Jika kompor gas pada umumnya berukuran sedang, maka kompor gas komersil ini berukuran besar dan dibuat menggunakan material besi cor. Api yang dihasilkan juga sangat besar. Kekuatannya ini membuatnya cocok digunakan oleh pemilik restoran.

Kompor gas komersil ini umumnya hanya terdiri dari satu tungku. Makanan akan cepat matang dan koki bisa menggunakan wajan besar. Para tamu pun tidak perlu menunggu lama hingga makanan disajikan.

5. Kompor gas satu tungku

ebay.com

Kompor gas satu tungku ini sangat cocok untuk digunakan pada dapur berukuran kecil agar menghemat ruangan. Cocok juga untuk kamu yang masih tinggal sendiri dan lebih sering makan di luar. Kompor gas ini sangat pas untuk sekedar memanaskan air, menggoreng telur atau sosis, memasak makanan instan, serta menghangatkannya.

6. Kompor gas dua tungku

amazon.com

Kompor gas dua tungku ini adalah jenis kompor yang paling disukai oleh ibu rumah tangga. Pasalnya mereka bisa memasak dua hidangan sekaligus. Tungku pertama untuk sup, sambil menunggu matang gunakan tungku kedua untuk menumis sayur. Hemat waktu!

7. Kompor gas empat tungku

flipkart.com

Kalau jenis kompor berikutnya lebih keren lagi karena memiliki empat tungku sekaligus. Biasanya kompor gas ini digunakan oleh orang yang hobi memasak atau koki profesional. Ada beberapa hidangan yang bahan-bahannya perlu dimasak dengan cara berbeda kemudian dicampurkan dalam waktu bersamaan. Kalau sudah demikian, memang lebih baik ada empat tungku yang menyala. Selain hemat waktu, hidangan pun akan mendapatkan tekstur dan rasa yang pas.

Di antara ketujuh jenis kompor gas tadi, mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu? Melalui artikel ini, semoga kamu bisa menemukan jenis kompor yang paling tepat untukmu, ya!

Kamu sedang mencari alat makan dan minum berkualitas? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Dekoruma jual piring, gelas, sendok, garpu, dan cangkir dengan bahan yang aman untuk kesehatan.

Tak hanya peralatan makan saja, di Dekoruma kamu juga bisa menemukan aneka jenis kasur dari merek-merek ternama untuk kebutuhan tidurmu, lho! Beberapa di antaranya adalah kasur Guhdo, King Koil, Dunlopillo, dan The Luxe.

Nah, buat kamu yang sedang mencari hunian baru, kamu bisa kunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak sekali pilihan rumah ataupun apartemen untuk kebutuhan tempat tinggalmu. Lokasinya pun tersebar di berbagai daerah di Jabodetabek. Kamu bisa menemukan rumah dijual di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Depok, hingga Bekasi. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan hunian impianmu bersama Dekoruma!