Sentuhan klasik mulanya sudah tertuang dengan jelas di dalam hunian berukuran 80 meter persegi ini. Pilar-pilar berbentuk arc, railing tangga bermotif ukiran, dan pintu berprofil menjadi elemen arsitektur klasik yang mengukir struktur bangunan rumah.

Rp 2.930.000

Voda Collection Akira Sofa 1 Dudukan Krem

Demi mempertahankan gaya arsitektur klasik ini, pemilik rumah, Angga Jonathan, memutuskan untuk  menerapkan desain interior bergaya klasik ke dalam huniannya. Sang desainer yang merancang proyek DekorumaHome ini, Pratiwi Hillanuary (Tiwi), mulai memperkuat gaya klasik tersebut dengan melakukan penambahan cove ceiling di bagian plafon ruang keluarga.

Rp 3.710.000

Aveda Coffee Table Maestro Marble D

Selain mendistribusikan cahaya secara merata ke dalam ruangan, pencahayaan di plafon ini juga melengkapi permainan cahaya yang ditampilkan oleh lampu gantung kristal atau chandelier. Kolaborasi keduanya berhasil membangun nuansa dramatis, bukan hanya di ruang keluarga, tapi juga pada ruangan lain yang berdekatan, yaitu ruang makan dan dapur.

Rp 4.309.500

Credenza TV, Multiplex 18mm, Finishing HPL & Melaminto

Tak berhenti sampai disitu, Tiwi mencoba mendatangkan gaya klasik ala hunian Eropa dengan menambahkan focal point berupa perapian pada ruang keluarga. Menariknya, perapian ini bukanlah perapian sungguhan. Sebuah inovasi desain diterapkan untuk mengubah bentuk credenza TV sehingga menyerupai perapian.

Lagipula, jika menggunakan perapian asli, fungsinya dirasa kurang tepat karena tidak cocok dengan cuaca di sekitar rumah yang cenderung panas. Apalagi, ruang keluarga di dalam rumah ini berbatasan langsung dengan ruang terbuka yang terletak di belakang rumah.

Rp 6.150.000

Maesta Emily Sofa 3 Dudukan

Namun, rupanya pemilik rumah tak ingin terjebak begitu saja di masa lalu. Sedikit sentuhan modern turut diaplikasikan untuk mengimbangi kesan klasik yang terasa terlalu formal.

Lihat saja kombinasi furnitur yang dilakukan Tiwi di ruang keluarga. Selain menggunakan sofa dudukan tebal dengan swirl arm – khas gaya klasik, Tiwi juga menempatkan sofa berbahan woven yang memiliki bentuk yang lebih simetris dan kasual.

Rp 7.327.950

Island Table Custom, Multiplex 18mm, Finishing HPL, Solid Surface Top

Bahkan sentuhan modern tampil lebih berani pada dapur yang menyatu dengan ruang makan. Pada kitchen set, kabinet atasnya dilapisi kaca yang menampakkan aksen menyilang. Sulit untuk berpaling begitu saja darinya karena aksen ini tampil begitu ekspresif, menyajikan pengalaman ruang yang berbeda.

Selain menjadi bagian dari gaya modern, warna-warna monokrom yang mendominasi kedua ruangan ini merupakan pilihan warna yang disesuaikan dengan karakter pemiliknya.

Rp 1.347.500

Ridente Louise Kursi RC 16

Permainan desain yang diaplikasikan sang desainer juga membawa kemungkinan-kemungkinan baru. Kehadiran backsplash berupa subway tile dan lampu gantung metalik di area dapur jadi bukti bahwa elemen-elemen industrialis juga bisa berbaur dengan gaya klasik. Pun demikian, berbagai eksplorasi gaya yang dilakukan ini tidak melunturkan dominasi gaya klasik yang ada.

Rp 5.333.273

Refrigerator Cabinet Custom, Multiplex 18 mm, Finishing HPL

Selain permainan gaya, permainan warna juga diterapkan secara dinamis. Tiap-tiap area dan ruangan menerapkan perpaduan warna yang berbeda. Jika pada ruang komunal, yaitu ruang keluarga, ruang makan, dan dapur lebih banyak mengaplikasikan warna-warna maskulin seperti warna cokelat, abu-abu, dan hitam, lain halnya dengan ruang foyer dan kamar tidur.

Rp 39.470.405

Kitchen Set (Custom Cabinet, Solid Surface, Subway Backslpash, Cooker Hood)

Kedua ruangan ini tampil manis dengan kolaborasi warna-warna lembut, seperti hijau pastel dan krem. Agar perpaduan warna kedua ruangan ini terlihat selaras dengan ruangan lain, warna-warna maskulin turut dihadirkan melalui pernik dekorasi, seperti karpet dan throw.

Rp 2.660.000

Ridente Marle Arm Chair RC 25

Dinding berprofil adalah salah satu elemen dekoratif yang paling dominan menghiasi interior rumah ini. Hampir seluruh ruangan di ruangan ini bagian dindingnya dilapisi wall panel berwarna putih yang menampilkan aksen bingkai yang timbul.

Rp 7.077.000

Ceiling Renovation, Drop Ceiling

Tiwi beranggapan bahwa dinding berprofil ini mewakili gaya klasik masa kini, ia menjadi penengah antara gaya klasik dan gaya modern. Jika memang ingin menerapkan interior modern klasik sudah selayaknya mengikutsertakan elemen dekoratif yang satu ini.

Rp 3.450.000

Classic Profile Wall Panel

Jika gaya klasik modern berhasil mendatangkan kesan elegan ke dalam rumah ini, lalu gaya desain seperti apa yang tepat untuk rumahmu?

Temukan jawabannya dengan langsung mendaftarkan dirimu di DekorumaHome. Konsultasi desain gratis sampai jasa pembuatan furnitur dan kitchen set custom akan membantu mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan! Harga kitchen set dan furnitur custom pun transparan untuk kebutuhan hunianmu.

Made by
Interior Stylist: Pratiwi Hillanuary
Photographer: DekorumaHome Team