Mengenal Aneka Jenis Triplek

Triplek atau kayu lapis/plywood adalah sejenis material papan pabrikan yang tentunya sudah tidak asing di telinga. Triplek terbuat dari beberapa helai kayu yang direkatkan secara bersama-sama sehingga menjadi lebih tebal. Lembaran kayu yang tipis ini disebut sebagai venir dan direkatkan sedemikain rupa dengan serat kayu yang bervariasi.

Triplek juga sering digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga seperti kerajinan tangan, furnitur, flooring hingga aplikasi hunian lainnya. Pastinya, triplek juga punya fakta seputar jenis, kekurangan dan kelebihan yang wajib kalian ketahui. Pada artikel ini, Kania juga akan memberikan kisaran harga dari masing-masing jenis triplek. Yuk, langsung simak penjelasannya berikut!

Partikel Board / Triplek Low Density Fiberboard 

homedepot.com

Disingkat LDF, partikel board adalah jenis triplek pabrikan yang dimanufaktur dari sisa pecahan kayu, serbuk kayu atau sisa hasil gergajian. Terkadang partikel board juga menambahkan dengan resin sintetik yang lalu dipress bersamaan menjadi hasil akhir. Partikel board merupakan jenis triplek yang lebih terjangkau harganya dengan kualitas padat namun tidak terlalu kuat. Untuk kelas triplek, partikel board termasuk yang paling ringan dan lunak.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut daftar harga triplek partikel board berdasarkan ketebalannya:

Ketebalan Triplek Partikel BoardHarga
9 mmRp 75.000
12 mmRp 90.000
15 mmRp 105.000
18 mmRp 125.000

Medium Density Fiberboard

bunnings.com.au

Disingkat MDF, triplek jenis ini menggabungkan antara serat kayu lunak dan keras yang lalu ditempelkan dengan lem bertemperatur dan tekanan tinggi. Kekuatan dan daya tahannya setingkat lebih baik daripada LDF dan sering digunakan untuk pembuatan kabinet atau kerajinan tangan. Kelemahan MDF adalah tidak tahan air namun bisa dicat untuk variasi warna.

Adapun, harga dari jenis triplek MDF sangat bervariasi, tergantung dari ketebalannya. Berikut daftar harganya yang dilansir dari berbagai sumber:
Ketebalan Triplek MDFHarga
9 mmRp 100.000
15 mmRp 155.000
18 mmRp 180.000

Multiplek

alibaba.com

Setingkat lebih baik dari partikel board, material triplek jenis ini terbuat dari kulit kayu yang disusun dan direkatkan secara berlapis-lapis. Setelah itu, susunan bahan dasar ini akan dipress dengan mesin bertekanan tinggi sehingga menghasilkan multiplek. Teskturnya cukup rapat dan daya tahannya juga tinggi, serta tahan air. Sering digunakan di perabot, multiplek umumnya bisa tahan lama dan awet.

Nah, untuk harga jenis triplek multiplek ini lebih bervariasi karena selain ketebalan, harganya ditentukan juga dari ukurannya. Dilansir dari beberapa sumber, kisaran harga multiplek adalah:

Ukuran Triplek MDFKetebalanHarga
40 x 60 cm
3 mmRp 13.000
9 mmRp 30.000
12 mmRp 40.000
15 mmRp 45.000
18 mmRp 55.000
60 x 120 cm
3 mmRp 35.000
9 mmRp 90.000
12 mmRp 115.000
15 mmRp 133.000
18 mmRp 165.000
122×244 cm
3 mmRp 45.000
9 mmRP 100.000
12 mmRp 150.000
15 mmRp 200.000
18 mmRp 215.000

Teakblock

google.com

Teakblock adalah papan triplek dari bahan kayu jati, namun bukan kayu jati solid. Masih menggunakan prinsip triplek yaitu rekatan lembar kayu, teakblock adalah triplek dari lembaran kayu jati yang dipress menjadi satu. Teakblock sering digunakan sebagai bahan flooring desain lantai atau pelapis papan kayu. Daya tahannya cukup memuaskan dan unggul dari segi estetika yang lebih elegan.

Triplek teakblock dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Adapun, kisaran harganya adalah sebagai berikut:

Jenis Triplek TeakblockHarga
Teakwood 3×7Rp 62.000
Teakwood 4×8Rp 75.000
Teakwood Silver 4×8Rp 92.000

Blockboard

google.com

Blockboard adalah tiga lapisan kayu dari serat yang berbeda-beda lalu dipress menjadi satu . Bahan blockboard biasanya adalah kayu lunak namun memiliki daya tahan yang fleksibel dan tidak mudah patah. Penggunaan blockboard sering didapati pada rak, meja, bangku, panel kayu, lemari atau pintu. Karena sifatnya yang ringan, triplek jenis ini juga mudah diaplikasikan sebagai bahan bangunan, baik pada interior maupun eksterior.

Dilansir dari berbagai sumber, harga triplek blockboard berkisar di harga Rp 140.000 – Rp 190.000 dengan detail sebagai berikut:

Ketebalan Triplek BlockboardHarga
15 mmRp 140.000
18 mmRp 160.000
25 mmRp 190.000

Kelebihan Kayu Lapis / Triplek

  • Cukup terjangkau
  • Mudah digunakan, sehingga tidak jarang triplek dijadikan bahan dasar untuk melatih prakarya atau membuat kerajinan tangan.
  • Mudah dan cepat diaplikasikan. Triplek sering digunakan untuk membuat berbagai variasi furnitur, termasuk sofa, kursi, lemari, rak dan kabinet.
  • Triplek memiliki permukaan mendatar yang seragam, sehingga ideal untuk membuat perabot yang berpermukaan baik besar atau kecil misanya meja, kursi atau countertop dapur/ruangan kerja.
  • Bisa dilapis, misalnya dengan melamin sehingga menjadi triplek melamin. Triplek dengan serat kayu juga bisa dilapis resin supaya tampil kian mengkilat.
  • Triplek terdiri dari berbagai jenis dengan variasi kekuatan yang berbeda, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap ruangan.
  • Selain sebagai bahan furnitur, triplek bisa digunakan sebagai bahan flooring yang cukup baik dan bervariasi.
  • Triplek tidak mudah berubah bentuk, retak atau dimakan usia, terutama triplek jenis tinggi yang sudah dilengkapi dengan lapisan anti rayap.
  • Triplek juga memiliki ketebalan berbeda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, biaya dan lama pengerjaan.

Kelemahan Kayu Lapis / Triplek

  • Rata-rata kayu triplek tidak tahan air jika terekspos dalam waktu lama. Sehingga tripleks kurang cocok untuk permukaan outdoor, terkecuali jika jenis khusus yang waterproof. 
  • Semakin panjang triplek yang digunakan maka semakin besar kemungkinan triplek menjadi bengkok atau longgar. Blockboard lebih dianjurkan untuk pemakaian panel panjang.
  • Tidak sekuat atau sepadat kayu solid dan papan grc, namun memang harganya lebih murah.
  • Penggunaan lem triplek dianggap kurang ramah lingkungan sehingga banyak yang lebih mengunggulkan kayu asli.
  • Tidak bisa diukir atau dipahat untuk estetika kerajinan tangan.

Nah, sudah tahu kan jenis-jenis triplek yang sering digunakan sebagai bahan furnitur dan lainnya? Semoga artikel ini bisa menjawab seluruh pertanyaanmu soal triplek, ya!

Kamu sedang mencari furnitur untuk kamarmu? Dekoruma jual lemari pakaian, tempat tidur, dan perlengkapan tidurnya juga, lho! Untuk si Kecil pun tersedia. Dekoruma jual tempat tidur bayi dan boneka lucu untuknya. Lengkap banget, ‘kan?

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui Dekoruma Properti, lho! Ada banyak pilihan rumah dijual dan rumah baru dengan harga terbaik yang bisa kamu pilih dari berbagai wilayah di Jabodetabek. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma dan ciptakanlah momen indah bersama keluarga di rumah barumu!