Apa itu tanaman perdu? Sederhananya, tanaman perdu adalah jenis pepohonan yang tumbuh dekat dengan permukaan tanah dan dengan ketinggian tidak lebih dari 5-6 meter pada umumnya. Struktur tanaman perdu juga lebih kecil dari pepohonan dan bisa dijadikan solusi tanaman rias untuk halaman rumah, baik yang mungil ataupun luas. Yuk, jelajahi lagi variasi tanaman perdu yang bisa kalian jadikan tambahan dekorasi hijau dan asri di rumah!

1. Bunga Soka

google.com

Bunga Soka adalah jenis tanaman perdu berbunga yang kerap menghiasi halaman rumah, sekolah, perkantoran dan banyak jenis properti lainnya. Bukan hanya penampilannya yang menarik dengan kluster bunga layaknya kembang api yang terang, tetapi juga daya tahannya yang bandel sebagai pilihan tanaman rias yang awet.

Ketinggian tanaman perdu ini juga ideal untuk dirawat setiap hari, yaiu dengan cara disiram secukupnya dan dipangkas secara berkala supaya rapi.

2. Rembosa Mini

google.com

Pohon Rembosa Mini adalah salah satu jenis tanaman perdu yang banyak diperjualbelikan untuk solusi tanaman hias di rumah. Dengan kuntum bunga kecil berwarna putih yang indah, seringkali rembosa mini hadir melengkapi taman minimalis karena bentuknya yang rapi dan rata. Beberapa jenis tanaman perdu rembosa mini yang umum di pasaran adalah rembosa mini hijau, kuning atau golden dan silver dengan perbedaan pada warna daunnya.

3. Ekor Tupai

google.com

Sesuai namanya, kamu pasti akan mudah mengenali tanaman perdu bernama ekor tupai. Ditandai dengan bentuk daun yang memanjang ke atas dan lebat, struktur daun tanaman perdu ini lembut dan mudah patah. Batang tanaman perdu ekor tupai tergolong keras dan bisa mencapai hingga 1 meter jika dirawat dengan telaten. Yang pasti, bentuknya yang unik cocok dijadikan alternatif hiasan tanaman perdu di taman rumah.

4. Bromelia

google.com

Dengan bentuk tanaman yang menyerupai pucuk buah nanas, tanaman perdu bromelia sering hadir di kawasan wisata atau wilayah komersil dalam bentuk bunga gantung untuk kesan asri tiada duanya. Keunikkan tanaman perdu ini juga ditambah dengan warna daun yang berwarna merah dan hijau dengan bentuk daun yang melebar ke atas. Bromelia bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter, namun masih masuk ke kategori tanaman perdu yang butuh dipangkas dan dirawat untuk keindahannya.

5. Mirten

google.com

Salah satu tanaman perdu yang cukup populer, mirten sering dijadikan tanaman bonsai yang tumbuh subur dan mekar daunnya. Batangnya tidak terlalu besar namun keras dengan ranting-ranting kecil yang mencuat keluar dan memanjang. Kontras warna daun antara hijau tua dan hijau muda, menjadikan tanaman perdu ini salah satu favorit untuk indoor maupun outdoor. Pertumbuhan daunnya juga cukup cepat, namun termasuk awet dan gampang dirawat dengan cara dipangkas sesuai ketinggian dan selera masing-masing.

6. Lili Paris

pinterest.com

Masuk sebagai kategori tanaman perdu, Lili Paris atau Lili Siam ini bukan datang dari Paris, melainkan Afrika Selatan. Fungsi Lili Paris sering dijadikan sebagai tanaman penghias tanah, tanaman pot gantung, atau tanaman pembatas dengan ketinggian semak pada umumnya. Warna daun yang menarik serta pertumbuhan yang cepat menjadikan Lili Paris sebagai tanaman perdu yang punya estetika dan keunggulan tersendiri.

7. Philodendron

plantopedia.com

Tanaman perdu yang juga cukup populer sebagai pilihan tanaman hias, philodendron sering jadi dekorasi rumah minimalis dengan bentuknya yang hijau asri. Umumnya ditanam dalam bentuk pot, phillodendron memiliki kesan tropis yang identik dengan musim panas dan batang kokoh dengan ketinggian sedang. Perawatannya juga tergolong mudah tanpa memerlukan intensitas cahaya yang tinggi.

Setelah melihat 7 tanaman perdu di atas, apakah ada yang membuatmu tertarik untuk dijadikan tanaman hias di halaman rumah? Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya dari Dekoruma, ya!

Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis furnitur untuk hunianmu, lho! Dekoruma jual kasur, rak sepatu, tempat tidur, kursi kantor, meja komputer, hingga kursi teras. Model dan ukurannya pun sangat beragam.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga jual KitchenAid, yaitu merek ternama yang menyediakan aneka peralatan masak, mulai dari panci, blender, mixer, hingga teko listrik. Lengkap banget, ‘kan?

Nah, buat kamu yang sedang mencari rumah dijual, kamu bisa kunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak sekali pilihan rumah dijual dari berbagai lokasi strategis yang sedang berkembang, seperti rumah dijual di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Depok, hingga BSD. Tunggu apa lagi? Yuk, segera wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!