Jendela pada sebuah bangunan adalah sebuah kewajiban. Tanpa jendela, ruangan di dalam bangunan akan menjadi gelap dan sirkulasi udara menjadi kurang lancar. Selain itu, desain jendela juga bisa menambah nilai estetika dari sebuah bangunan baik dari dalam atau luar.

Pemilihan desain jendela rumah harus disesuaikan juga dengan ukuran bangunan dan konsep rumah. Agar rumah minimalismu terlihat lebih cantik, simak dulu 6 inspirasi desain jendela berikut ini!

1. Desain jendela persegi dengan nook

pinterest.com

Desain jendela untuk rumah minimalis yang pertama ini cocok untuk penikmat pemandangan dan pecinta buku. Desain jendela dibuat polos dengan bentuk persegi dan di bawahnya ada nook. Agar semakin cantik dan fungsional, gunakan tirai yang berwarna senada dengan ruangan. Kemudian tambahkan beberapa bantal duduk supaya waktu bersantai jadi lebih nyaman. Kalau perlu buatlah rak penyimpanan di bagian bawah nook.

2. Desain jendela dengan aksen lis

pinterest.com

Ada beberapa orang yang lebih suka jendelanya dibiarkan begitu saja tanpa menggunakan tirai. Kalau kamu termasuk salah satunya, maka desain jendela dengan aksen lis ini patut dicoba. Pasanglah lis pada bagian kaca membentuk sebuah bingkai yang tidak beraturan. Supaya tidak terlihat monoton, buatlah bentuk persegi panjang dan persegi dalam berbagai ukuran. Garis-garis lis pada desain jendela ini bisa menguatkan konsep rumah minimalis.

3. Desain jendela bukaan ke dalam

spaceoptimized.com

Pada umumnya desain jendela dibuat dengan bukaan ke luar agar tidak memenuhi bagian dalam rumah. Tapi bagi kamu yang tidak suka dengan hal mainstream, coba saja desain jendela dengan bukaan ke dalam seperti ini. Bagian yang terbuka hanya atasnya saja dan kurang dari 45 derajat, sehingga jumlah angin yang masuk ke dalam tidak berlebihan. Untuk melengkapi kesan interior minimalis, gunakan warna putih dan lis kayu berbentuk persegi.

4. Desain jendela sekaligus dinding

marvin.com

Desain jendela sekaligus dinding? Rasanya desain jendela ini tidak memungkinkan jika diterapkan di perkotaan karena aspek keamanan. Desain jendela sekaligus dinding ini akan membuat kegiatan di rumah jadi lebih menyenangkan karena kamu bisa melihat pemandangan alam yang ada di luar. Penggunaan lampu pada pagi dan siang hari pun bisa dikurangi karena sudah ada sinar matahari.

Pada beberapa sudut ada bagian jendela yang bisa dibuka untuk jalur sirkulasi udara. Bagi kamu yang merasa khawatir bagian dalam rumah jadi lebih mudah diintip, gunakan saja kaca film atau terapkan desain jendela ini pada lantai atas yang tidak mudah diintip orang asing.

5. Desain jendela minimalis

google.com

Desain jendela minimalis berikutnya lebih menonjolkan bentuk jendela dengan cara menggunakan bingkai tebal. Rumah minimalis identik dengan warna monokrom, jadi kamu bisa memadukan bingkai jendela berwarna hitam untuk dinding warna putih. Bukannya ada yang ke samping dan ada yang di bagian atas. Untuk menghalau sinar matahari, desain jendela ini cocoknya menggunakan roller blind.

6.  Desain jendela berukuran kecil

hgtv.com

Sebaiknya ukuran jendela disesuaikan dengan ukuran ruangan. Jika ruangannya kecil, buatlah desain jendela yang kecil juga agar tidak terasa sempit. Misalnya saja seperti desain jendela pada desain ruang makan ini. Bentuknya persegi panjang dalam ukuran kecil yang bisa dibuka dengan cara geser untuk menghemat ruangan. Letakkan jendela ini di dinding bagian atas supaya penghuni lebih mudah melihat keadaan luar rumah.

Kalau Sahabat Kania sudah menemukan inspirasi yang cocok, tugas selanjutnya adalah memilih jenis kaca yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa bersihkan jendela secara rutin agar keindahannya tetap terjaga, ya!

Jika kamu sedang mencari aneka furnitur untuk melengkapi rumahmu, Dekoruma jual rak sepatu, laci, kursi teras, meja komputer, dan lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma!