Kalau ini pertama kalinya kalian mendengar kodedama, berarti harus siap-siap terkagum dengan seni tanaman dari negara Sakura ini. Mau tahu lebih banyak tentang kodedama sekaligus tutorial kokedama bareng Kania? Yuk cek dulu penjelasannya berikut.

Kodedama – Seni Tanaman Hijau Dari Jepang

Apa itu kokedama? Berasal dari kata jepang, kokedama berarti ‘koke” yaitu lumut dan ‘dama’ yaitu bola. Jika disatukan, kokedama berarti bola lumut yang punya tanah berbentuk bundar dan dipenuhi dengan hijaunya tanaman indah di sekelilingnya.


youtube.com

Kokedama adalah wujud seni tanaman modern yang memadukan dedaunan dan bunga dengan ciri khas yang unik. Sejak mulai booming, banyak yang berlomba-lomba untuk menguasai teknik membuat kokedama, baik untuk dinikmati sendiri sebagai dekorasi rumah ataupun dihadiahkan kepada orang lain.

Sejarah Kokedama

Kokedama sudah berusia berabad-abad lamanya dan erat kaitannya dengan seni bonsai. Kokedama menjadi representasi konsep Wabi-Sabi atau apresiasi terhadap ketidaksempurnaan alam, Karakteristik wabi-sabi diantaranya adalah kesederhanaan, kehangatan, ketidakteraturan, natural, kasar, dan observasi. Ini merupakan prinsip-prinsip dasar dari kokedama.


tranquilplants.co.uk

Sedangkan dari segi struktur, prinsip kokedama adalah mengandalkan tanah lupur yang dipadatkan hingga berbentuk bunda seperti bola, lalu dilapisi dengan tanaman lumut lembut berwarna hijau. Setelah itu, platform bundar ini akan digunakan untuk menyokong tumbuhan diatasnya dan akan dipajang baik di rak, digantung, ataupun diletakkan di dalam kotak penyimpanan yang cantik.

Tutorial Cara Membuat Kokedama DIY

Untuk memilih tanaman yang cocok untuk dijadikan kodedama, pilih yang tidak membutuhkan sinar matahari langsung dan berakar kecil.


pinterest.com

Berikut beberapa jenis tanaman yang ideal untuk kokedama :

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kokedama:

  • Tumbuhan ukuran kecil
  • Tanah/ media khusus tanaman bonsai atau tanah liat dan kompos ( 1:1)
  • Lumut kering (bisa didapatkan di toko tanaman)
  • Tanah liat
  • Air & semprotan kecil
  • Gunting & benang tebal
  • Koran bekas dan sarung tangan

Cara membuat kokedama:

Pertama-tama, alasi dulu area bekerja dan gunakan sarung tangan untuk mempermudah aktivitas kerja membuat kokedama yang efisien dan bersih.


pinterest.com

Campur bahan tanah menjadi satu dalam bentuk bola lebih besar sedikit dari kepalan tangan. Gunakan air untuk membentuk tekstur tanah jika terlalu kering. Target dalam membuat media kokedama adalah tanah yang tidak terlalu padat agar akar tanaman tetap leluasa bisa menyerap air dan udara, namun tidak sampai jatuh atau terlepas dari bentuknya.

Setelah terbentuk konsistensi tanah kokedama  yang diinginkan dalam bentuk bulatan, gunakan ujung jempol untuk membuat lubang di bagian tengah atas. Buat serapi mungkin sebelum memasukkan tanaman kecil berikut akar-akarnya.

lortodimichelle.com

Saatnya untuk melapisi bagian depan tanah kokedama  dengan lumut. Tekan-tekan secara perlahan untuk menempelkan lumut ke tanah. Jika tidak semua lumut bisa merekat sempurna, jangan khawatir karena nantinya akan dibantu dengan benang tebal untuk mengeratkannya.


lovejapanmagazine.com

Gunakan benang tebal untuk mengikat di sekeliling tanah secara menyeluruh, termasuk bagian bawahnya. Ikat membentuk simpul mati. Jika ingin menggantung kokedama, bentuk simpul gantungan yang berukuran besar dan gantung pada kedua sisi kokedama secara seimbang.


tranquilplants.co.uk

Gantung atau pajang kokedama di tempat yang diinginkan. Lalu gunakan semprotan air untuk menyirami kokedama secara rutin. Menyirami kokedama bisa juga dilakukan dengan cara ditempatkan di dalam ember yang berisi air selama 5-10 menit.

Nah, jadi deh kokedama DIY hasil besutan sendiri. Hal terpenting dalam membuat kokedama adalah kreativitas masing-masing orang. Desain dan jenis tanaman juga bebas dikreasikan sesuai selera. Selamat mencoba!

Kamu sedang cari kursi yang nyaman untuk bersantai di rumah? Dekoruma jual bean bag dari Bottom Dock yang tersedia dalam beragam warna dan motif. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek dan temukan bean bag favoritmu di Dekoruma!