Ventilasi udara merupakan bagian penting yang harus diperhatikan saat kamu merancang hunian. Terlebih untuk kamar mandi yang menghasilkan uap air dengan temperatur tinggi, ventilasi udara berfungsi untuk mengatur dan melancarkan pola sirkulasi udara sehingga menambah kenyamanan kamu saat melakukan aktivitas di kamar mandi.

pinterest.com

Tak hanya memiliki fungsi penting, baiknya kamu menentukan desain menarik pada sirkulasi udara di kamar mandi sehingga bisa dijadikan sebagai elemen dekoratif. Nah, khusus kamu yang sedang membangun kamar mandi, Kania akan membagikan inspirasi desain ventilasi kamar mandi melalui artikel ini. Apa saja itu?

Ventilasi Kamar Mandi Jendela

Jenis ventilasi kamar mandi yang satu ini dipasang permanen dengan model jendela. Selain memungkinkan kamar mandi dapat dialiri udara alami, ventilasi jenis ini juga memberikan pencahayaan natural dalam jumlah yang banyak ke dalam kamar mandi sehingga cocok digunakan di hunian yang berada di wilayah tropis.

facebook.com

Dalam pemasangannya, pastikan jendela ventilasi kamar mandi memiliki ukuran yang sesuai dengan luas ruangan.  Kamu juga bisa memasang boven dengan posisi saling berhadapan sehingga aliran udara dapat langsung keluar-masuk secara lancar dan tidak mengendap.

Ventilasi Kamar Mandi Jalusi

Kamu juga bisa mengadopsi ventilasi kamar mandi model jalusi. Ventilasi natural yang satu ini dipasang pada jendela horizontal dan disusun pada kisi-kisi dengan celah sebagai jalur keluar masuk cahaya dan udara.

billielourd.org

Sama halnya dengan jendela ventilasi, jalusi juga memungkinkan cahaya masuk ke kamar mandi berjumlah banyak. Selain itu, struktur kisi pada ventilasi kamar mandi yang satu ini juga sanggup memfilter udara kotor yang masuk ke dalam ruangan.

Ventilasi Kamar Mandi Skylight

decoist.com

Selain digunakan untuk sirkulasi cahaya, ventilasi kamar mandi skylight juga bisa  mengatur pola sirkulasi udara secara optimal. Ya, dengan pemasangan yang tepat dan penggunaan desain yang menarik, kamu bisa menggunakan ventilasi kamar mandi skylight yang pengaturannya hanya tinggal membiarkannya tertutup atau terbuka.

Ventilasi Kamar Mandi Loster

google.com

Kamu juga bisa memanfaatkan loster untuk dijadikan sebagai ventilasi kamar mandi. Loster memiliki bentuk yang sangat unik dengan celah-celah bermotif dan berpola yang tentunya bisa menambah unsur dekoratif di kamar mandi.

Di sini, kamu bisa memilih variasi bentuk dan motif loster untuk disesuaikan menurut konsep hunian, termasuk memilih material loster yang biasanya terbuat dari kayu, semen hingga keramik.

Ventilasi Kamar Mandi dengan Exhaust

Selain menggunakan ventilasi kamar mandi natural, kamu juga bisa menambahkan ventilasi mekanis seperti exhaust. Ventilasi yang satu ini dilengkapi filter udara yang di pasang di atas plafon, kemudian terhubung dengan pusat aliran udara yang disimpan di loteng.

Adapun kebanyakan kamar mandi menggunakan exhaust model sirocco yang dilengkapi fitur penghisap seperti AC. Jika budget tidak mencukupi maka kamu bisa menggunakan exhaust tipe baling-baling.

dwell.com

Dalam pemasangannya, pastikan kamu memperhatikan bagian plafon dan atap yang setidaknya memiliki jarak 1,5 meter. Sementara jika ingin memadukannya dengan jalusi, kamu bisa mengatur sirip pintu jalusi ke bagian atas sehingga hasilnya lebih optimal.

Di luar fungsinya yang amat penting, tentunya kamu harus memilih model ventilasi kamar mandi yang sesuai dengan konsep hunian sehingga lebih serasi. Jangan lupa lengkapi juga kamar mandimu dengan aneka perlengkapan kamar mandi yang bisa kamu temukan di Dekoruma, ya!

Selain jual perlengkapan kamar mandi, Dekoruma juga menyediakan beragam jenis furnitur untuk ruangan lainnya, seperti tempat tidur, sofa ruang tamu, dan meja kantor. Tersedia juga dalam ragam merek. Dekoruma jual Funika, IKEA, Heim Studio, dan Livien. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!