Furnitur dari kayu memang selalu menjadi primadona untuk menghiasi hunian. Daya tahan furnitur kayu tidak perlu dipertanyakan lagi karena bisa bertahan hingga puluhan tahun dan modelnya bisa disesuaikan dengan beragam gaya interior. Tidak hanya itu, jenis kayu juga mulai bertambah seiring perkembangan jaman. Salah satunya adalah kayu MDF.

Bagi kamu yang baru pertama kali mendengar kayu MDF, yuk kenali material bangunan tersebut!

1. Apa itu kayu MDF?

google.com

MDF adalah kepanjangan dari Medium Density Fiberboard. Kayu MDF ini merupakan jenis kayu olahan yang dibuat dari serpihan kayu yang dipadatkan. Kayu MDF ini dijual dalam bentuk lembaran menyerupai triplek atau papan. Kemudian bisa diolah kembali menjadi sebuah furnitur yang fungsional.

2. Kekuatan kayu MDF dibandingkan dengan kayu olahan lain

google.com

Dinilai dari kepadatannya, kayu MDF lebih unggul dibandingkan dengan kayu olahan lain seperti kayu HDF dan particle board. Kayu MDF ini memiliki kepadatan medium sehingga tidak mudah patah dan bengkok.

Sedangkan kayu HDF memiliki kepadatan tinggi sehingga mudah patah dan particle board yang tingkat kepadatannya rendah akan mudah bengkok atau rusak karena terlalu lentur.

3. Proses pembuatan kayu MDF

woodworkingnetwork.com

Penasaran bagaimana proses pembuatan kayu MDF? Pertama-tama pihak produsen akan mengumpulkan potongan kayu dengan diameter kecil. Kemudian kayu-kayu tersebut dicuci hingga bersih kemudian direbus pada suhu tertentu hingga teksturnya berubah menjadi bubur kertas.

Bubur kertas tadi diberi campuran lem dan lilin. Jika sudah teraduk rata, maka adonan tadi akan diberi tekanan menggunakan mesin yang panas juga untuk membentuk sebuah papan solid. Umumnya kayu MDF ini dibentuk menjadi papan dengan ukuran standar 1220 x 2440 mm dan ketebalan yang beragam.

4. Pemanfaatan kayu MDF

aosom.ie

Kayu MDF sering diolah kembali menjadi furnitur rumah. Beberapa di antaranya adalah lemari, meja belajar, laci, kusen jendela, dan sebagainya. Kebanyakkan furnitur dari kayu MDF ini dijual dalam bentuk potongan, sehingga penggunanya harus merakit sendiri. Perakitannya terbilang mudah untuk para awam karena sudah dilengkapi dengan buku petunjuk.

5. Keunggulan kayu MDF

wentwoodcuttosize.co.uk

Kayu MDF memiliki sejumlah keunggulan. Di antaranya adalah tekstur permukaannya lebih halus dibandingkan dengan plywood atau kayu multipleks sehingga nyaman untuk disentuh dan tidak perlu diamplas kembali saat akan dibentuk. Proses pengecatan juga menjadi lebih mudah karena seluruh permukaannya bisa tertutup dengan sempurna. Satu hingga dua kali pengecatan saja sudah cukup.

Ikatan serat yang ada di dalam papan kayu MDF ini sangat kuat karena tidak hanya dilem, melainkan diberi tekanan juga. Meski dijual dalam ukuran besar, kayu MDF ini tidak akan mudah patah dan rusak seperti papan kayu olahan lainnya.

Kayu MDF juga terkenal memiliki daya serap suara yang baik sehingga cocok digunakan sebagai rangka peralatan sound system atau dijadikan partisi pada studio musik.

6. Kelemahan kayu MDF

carlscustomamps.com

Meski memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan kayu olahan lain, ternyata kayu MDF masih memiliki kelemahan. Di antaranya adalah bisa menyerap air sehingga mudah diserang jamur dan lapuk, serta penempatannya terbatas yakni di dalam ruangan kering saja.

Meski daya tahannya kuat, sayangnya kayu MDF tidak bisa mengikat sekrup dan paku sekuat kayu solid. Bagian permukaannya juga terlalu halus sehingga tidak bisa menempel dengan baik jika menggunakan lem putih. Selain itu, motif alami kayu tidak akan terlihat pada permukaannya. Jadi terlihat kurang pas jika mau ditempatkan pada ruangan bergaya tradisional atau klasik.

Bagi kamu yang ingin menggunakan furnitur berbahan kayu MDF, pastikan kalau permukaannya sudah dilapisi dengan biopolish agar tidak mudah rusak jika terkena tumpahan makanan atau goresan benda lain. Jangan lupa untuk membersihkannya dari debu setiap hari, ya!

Temukan aneka furnitur dan dekorasi rumah kekinian hanya di Dekoruma! Dekoruma jual meja, sofa, lemari pakaian, lampu gantung, tirai, dan kebutuhan rumah lainnya.

Tak hanya itu saja, kalau kamu sedang mencari hunian untuk tempat tinggal atau sarana berinvestasi, Dekoruma juga menyediakannya untukmu, lho! Kamu bisa menemukan aneka properti dijual dari berbagai daerah, seperti rumah dijual di Bogor, Jakarta Selatan, Depok, dan kawasan berkembang lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma sekarang juga!