Memelihara bunga lavender sebagai tanaman hias memiliki banyak keuntungan. Warna ungu kebiruan yang ditampilkannya menjadi daya tarik tersendiri bagi bunga yang termasuk ke dalam famili Lamiaceae ini.

Menghadirkan sosok cantiknya tidak hanya membuat hunian jadi tampil lebih asri dan indah, namun juga terbebas dari gangguan nyamuk. Aroma bunga lavender yang khas terbukti ampuh mengusir nyamuk dan menjadi pengusir lalat.

shutterstock.com

Ekstrak bunga lavender juga menghasilkan essential oil yang kaya manfaat. Kandungan linalyl dan linalool yang terdapat di dalamnya berkhasiat untuk menyembuhkan luka, merawat kulit, dan meredam kecemasan.

Karena begitu banyak manfaat yang dimilikinya, bunga lavender pun dikenal dengan sebutan Tanaman Keajaiban atau The Herb of Wander. Simak lebih jauh manfaat apa saja yang dimiliki bunga lavender di bawah ini!

Tanaman Hias Pengusir Binatang Kecil

bhg.com

Bunga lavender memang bukan bunga tropis dan tidak dibudidayakan secara intensif di Indonesia. Umumnya, bunga lavender pun tumbuh baik di daerah tinggi (500-1300 mdpl).

Namun, kini para pencinta tanaman hias mulai membudidayakan bunga lavender yang bisa menjadi cara membasmi tungau dan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Selain itu, bunga lavender juga termasuk tanaman hias yang minim perawatan.

shutterstock.com

Beberapa trik dapat dilakukan agar bunga lavender tumbuh subur di daerah yang suhunya lebih panas dan lembab. Tambahkan batu kerikil pada medium tanam bunga lavender. Batu kerikil ini akan menyerap panas dan udara lembap sehingga bunga lavender tumbuh dalam kondisi ideal sebagaimana di lingkungan aslinya.

Pengharum dengan Aroma Khas

shutterstock.com

Bunga lavender telah digunakan sebagai pelengkap ritual oleh bangsa Eropa sejak abab ke-16. Seiring dengan kemajuan teknologi, penggunaan ekstrak bunga lavender pun mulai dikembangkan untuk industri kecantikan dan kesehatan. Kini wanginya yang khas dapat ditemui di berbagai produk pengharum seperti kosmetik, parfum, pengharum ruangan, dan sabun mandi.

Aromaterapi Pembebas Stres

shutterstock.com

Aroma bunga lavender tidak sekedar khas, tapi juga menenangkan. Aromanya mengandung anti-neurodepresive yang dapat memeberikan efek relaksasi yang memberikan ketenangan. Bahkan efek sedasi dari penggunaan aromaterapi bunga lavender di malam hari dapat membantu tidur lebih cepat. Gangguan insomnia pun bisa tertasi dengan cara ini.

Untuk melengkapi ritual relaksasi di keseharianmu, teteskanlah minyak esens bunga lavender sebelum berendam di kamar mandi atau rasakan aroma menenangkan secara langsung dengan meminum teh dari bunga lavender.

Obat Medis untuk Kesehatan Mental

shutterstock.com

Penggunaan bunga lavender sebagai aromaterapi sebenarnya sudah dipakai sejak ribuan tahun lalu. Masyarakat Tiongkok kuno bahkan mempercayai aroma bunga lavender dapat menangani stres.

Sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh Kagoshima University di Jepang menunjukkan bahwa kandungan linalool pada ekstrak bunga lavender dapat membantu meredakan kecemasan dan menciptakan rasa rileks. Efek anticemas dari linanool ini selanjutnya dipertimbangkan untuk digunakan sebagai obat dalam terapi kesehatan mental.

Baik untuk Perawatan Kulit dan Rambut

shutterstock.com

Mengoleskan campuran bunga lavender dan cuka apel ke kulit kepala dapat mencegah ketombe sekaligus membuat rambut tumbuh lebih cepat dan sehat. Serangkaian penelitian membuktikan, bunga lavender mampu mengembalikan keseimbangan pH kulit sehingga bisa menyembuhkan iritasi kulit dan melembabkan kulit yang kering.

Antioksidan Pencegah Kanker

shutterstock.com

Selain dapat membantu pemulihan luka luar, ekstrak bunga lavender juga mengandung senyawa polifenol yang dapat mencegah munculnya radikal bebas dan sel-sel kanker di dalam tubuh.Untuk memperoleh khasiat bunga lavender yang satu ini, sering-seringlah mengonsumsi teh ekstrak bunga lavender.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan baik saat memelihara, menggunakan produk atau mengonsumsi ekstrak dari bunga lavender. Namun, kamu juga perlu berhati-hati karena bunga lavender juga dapat memicu alergi untuk sebagian orang.

Kalau kamu sedang mencari furnitur berkualitas untuk melengkapi hunianmu, Dekoruma jual rak dinding, meja, kursi, lemari pakaian, dan furnitur lainnya dengan beragam model serta ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Khusus untuk ruang kerja pribadimu, Dekoruma juga jual meja kerja, kursi kantor, dan lemari arsip, lho!

Badanmu sering terasa pegal saat bangun tidur? Mungkin itu disebabkan oleh kasurmu yang sudah usang. Segera ganti dengan kasur yang baru agar tidurmu jadi berkualitas kembali. Dekoruma jual Lady Americana, King Koil, dan Airland, merek kasur ternama yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Yuk, langsung saja cari di Dekoruma!