Tips dan Trik Ampuh Mengusir Nyamuk

Nggak perlu ditanya, kamu pasti pernah disengat nyamuk. Nyamuk adalah salah satu serangga yang sangat menyebalkan. Bunyinya yang berisik dan sengatannya yang membuat tubuh gatal sangat mengganggu kita. Tidak terbatas di situ saja, sengatan nyamuk bisa menyebabkan penyakit demam berdarah, malaria, dan lainnya.

Sekarang sudah ada banyak cara mengusir nyamuk, mulai dari cara yang tradisional, menggunakan beragam bahan kimia, hingga menggunakan barang elektronik. Pastinya juga, kita pernah melakukan beberapa cara mengusir nyamuk versi sendiri. Nah, untuk menambah referensi, Kania akan membagikan enam cara mengusir nyamuk lainnya yang paling ampuh dan jitu. Yuk, kita simak di bawah ini.

1. Tutupi celah udara yang ada di pintu dan jendela

mileskimball.com

Ukuran nyamuk yang kecil memungkinkannya masuk ke dalam ruangan melalui celah-celah udara, termasuk melalui pintu dan jendela rumah. Nah, terkadang kita nggak sadar tentang hal ini. Maka dari itu, ada baiknya kamu mencoba cara mengusir nyamuk dengan menutup celah-celah tersebut dengan papan tambahan atau kasa.

Cara mengusir nyamuk ini dijamin akan mengurangi intensitas nyamuk masuk ke dalam ruanganmu. Oh iya, kamu juga sangat disarankan untuk tidak membuka pintu dan jendela rumah terlalu lama. Segera tutup setelah membukanya. Dengan cara mengusir nyamuk ini, kamu nggak akan terganggu lagi.

2. Jangan menumpuk baju kotor terlalu lama

shutterstock.com

Pernah nggak sih kamu melihat banyak nyamuk di tumpukan atau gantungan baju-baju kotor? Konon katanya, nyamuk suka sekali dengan bau badan manusia. Maka dari itu, nggak heran juga kalau nyamuk suka mendekam di sana.

Nah, cara mengusir nyamuk kedua adalah jangan biarkan baju kotor menumpuk terlalu lama. Segera cuci pakaian-pakaianmu setelah dipakai. Kalau pun kamu akan menggunakan pakaian tersebut kembali, jangan biarkan terlalu lama menggantung atau menumpuk.

3. Gunakan alat elektronik pembasmi nyamuk

flipkart.com

Nah, cara mengusir nyamuk yang ini sudah sangat akrab pastinya. Kamu bisa memakai alat elektronik pembasmi nyamuk. Pilihan pertama jatuh pada raket listrik. Cara mengusir nyamuk menggunakan alat ini adalah kamu cukup menyalakannya dan kibaskan raket ke arah nyamuk.

aliexpress.com

Kedua adalah lampu listrik. Berbeda dengan raket, cara mengusir nyamuk menggunakan lampu listrik adalah kamu hanya menancapkan ke stopkontak dan lampu akan menyala. Jika ada nyamuk yang terbang di sekitar lampu, sengatan listrik akan mematikannya.

4. Bersihkan perabotan yang menampung air seminggu sekali

google.com

Air yang menggenang merupakan medium yang sangat cocok bagi nyamuk untuk berkembang biak. Jika terus dibiarkan, nyamuk di rumah akan semakin banyak. Maka dari itu, bersihkanlah perabotan rumahmu yang berisi air seminggu sekali, seperti bak mandi dan vas bunga. Cara mengusir nyamuk ini akan mencegah jentik-jentik nyamuk berkembang biak. Rumah pun terbebas dari nyamuk dan kamu akan terhindar dari penyakit.

5. Gunakan obat pengusir nyamuk

shutterstock.com

Cara mengusir nyamuk ini juga paling sering dilakukan. Kamu bisa menemukan obat kimia pengusir nyamuk dengan mudah di toko terdekat. Ada beberapa bentuk obat nyamuk yaitu elektrik, bakar, dan spray. Obat nyamuk elektrik harus dipasang ke stopkontak. Namun sebelum itu, kamu harus memasukkan obat kimia ke dalam tempat elektrik, lalu pasang ke stopkontak.

theasianparent.com

Obat nyamuk bakar berbentuk lingkaran spiral berwarna hijau. Cara mengusir nyamuk menggunakan obat ini adalah kamu cukup membakar ujung lingkaran dengan api kecil. Obat nyamuk akan menghasilkan asap yang ampuh mengusir nyamuk dari area sekitarnya.

shutterstock.com

Terakhir, cara mengusir nyamuk menggunakan obat nyamuk spray dilakukan dengan cara menyemprotnya ke seluruh sudut ruangan. Setelahnya, tutup ruangan beberapa saat. Nyamuk di ruangan pun akan pergi bahkan mati

6. Gunakan bahan tradisional

healthjade.com

Cara mengusir nyamuk yang terakhir adalah menggunakan bahan tradisional. Bahan alami yang dipercaya bisa mengusir nyamuk adalah bunga lavender, serai atau sereh wangi, bawang putih, geranium, dan kulit jeruk. Serai yang sudah dipotong-potong dan kulit jeruk bisa kamu letakkan di sudut-sudut ruangan yang berpotensi banyak nyamuk. Bawang putih bisa kamu makan sebagai tameng untuk melindungi tubuhmu dari sengatan nyamuk nakal.unsplash.com/@anniespratt

Lavender dan geranium bisa kamu tanam di depan rumah sekaligus menjadi tanaman hias. Bau wangi yang dihasilkan keduanya bisa membuat nyamuk pusing dan pergi dari rumah kamu. Kamu pun terbebas dari nyamuk dan nggak perlu cemas lagi.

Itulah enam cara mengusir nyamuk yang paling sering digunakan. Cara mengusir nyamuk ini dijamin ampuh menjauhkan nyamuk-nyamuk yang selama ini berkeliaran di rumah kamu. Tentunya, kamu juga harus rajin melakukan cara mengusir nyamuk ini supaya hasilnya lebih maksimal. Selamat mencoba!

Selain informasi di atas, temukan juga cara membasmi binatang lainnya melalui artikel Dekoruma! Beberapa di antaranya adalah cara mengusir lalat, kecoa, dan tikus.

Sedang mencari spring bed yang nyaman untuk memenuhi kebutuhan tidurmu? Kamu juga bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual spring bed Alga, King Koil, The Luxe, dan aneka merek ternama lainnya.

Tak hanya sampai di situ saja, bagi kamu yang sedang mencari hunian baru, Dekoruma juga menyediakannya untukmu! Melalui DekorumaHouse, kamu bisa menemukan aneka properti dari berbagai daerah di Jabodetabek. Misalnya saja, di Jakarta Barat ada apartemen West Vista ataupun rumah-rumah dijual dengan harga terbaik. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cari hunian impianmu di Dekoruma!