Nama serat fiber sering diucapkan dalam berbagai kesempatan. Sebut saja untuk kabel jaringan internet hingga material atap bangunan. Untuk urusan atap bangunan, serat fiber mampu mencegah kebocoran dan awet dalam jangka waktu yang cukup lama. Tapi tahukah kamu kalau serat fiber yang identik dengan material bangunan ternyata bisa digunakan juga sebagai material kerajinan?

Sebelum membahasnya lebih lanjut, mari simak dulu sedikit penjelasan tentang serat fiber ini.

1. Apa itu serat fiber?

google.com

Serat fiber pada dasarnya merupakan material yang dibuat dari potongan-potongan sebuah benda kemudian dibentuk menjadi jaringan yang memanjang. Lalu diolah kembali menjadi aneka produk seperti kayu, kertas, kaca, karbon, hingga logam.

Serat fiber secara garis besar dibagi menjadi serat alami dan serat sintetis. Serat alami berasal dari tumbuhan dan hewan yang bisa mengalami pelapukan. Contohnya katun, kertas, kapas, sutra, wol, asbes, dan sebagainya. Sedangkan serat sintetis dibuat menggunakan bahan kimia dan diolah menjadi kaca, logam, dan karbon.

2. Kerajinan dari serat fiber kaca

google.com

Kerajinan dari serat fiber kaca sebenarnya sering kita temui tanpa sadar, misalnya saja patung. Kerajinan serat fiber kaca ini memang tidak tampak seperti kaca yang bening atau mengkilap karena sudah dicampur dengan material-material lain seperti cat,dan lem Kerajinan dari serat fiber kaca ini biasanya mampu bertahan lama di tengah pergantian cuaca yang ekstrim. Cocok untuk menghiasi taman rumah nih.

3. Kerajinan dari serat fiber kelapa

instructables.com

Buah kelapa memiliki serat yang cukup tebal. Biasanya serat kelapa ini digunakan sebagai media pembakaran karena bisa mempertahankan api dalam waktu cukup lama. Tapi tahukah kamu kalau serat fiber dari kelapa ini juga bisa diolah menjadi sebuah karpet? Tentunya bukan karpet interior karena teksturnya kasar. Karpet dari serat fiber kelapa ini cocok diletakkan di depan pintu masuk untuk menahan kotoran tanah dan debu yang menempel di alas kaki.

4. Kerajinan dari serat fiber sutra

google.com

Serat fiber sutra diambil dari kepompong, proses pengambilannya cukup sulit sehingga harganya mahal. Umumnya, serat fiber sutra ini diolah kembali menjadi sehelai kain yang dibuat dengan cara ditenun menggunakan tangan dan alat tradisional. Teksturnya lembut dan permukaannya terlihat mengkilap. Kain sutra tenun ini bisa digunakan menjadi selendang atau rok lilit. Beberapa serat fiber sutra juga ada yang dibuat menggunakan mesin sehingga bisa diolah lagi menjadi baju.

5. Kerajinan dari serat fiber rotan

pinterest.com

Serat fiber rotan diambil dari tanaman yang tergolong dalam jenis palma. Serat fiber rotan yang bentuknya panjang dan menyerupai tali ini kemudian dianyam hingga menjadi furnitur, perlengkapan rumah tangga, atau dekor ruangan. Serat fiber rotan dikenal memiliki daya tahan yang kuat. Saat ini kerajinan dari serat fiber rotan tidak hanya tersedia dalam warna alami (cokelat), tapi juga warna lainnya yang dihadirkan menggunakan cat.

6. Kerajinan dari serat fiber wol

limestonepostmagazine.com

Kerajinan yang paling umum menggunakan serat fiber wol adalah rajutan. Rajutan ini bisa berupa kaos kaki, syal, baju, selimut, atau boneka. Serat fiber wol sendiri ada yang dibuat dari bulu domba asli dan ada juga yang sifatnya sintetis. Jenis serat fiber ini pun ada banyak, sehingga kamu perlu mencari info selengkapnya untuk mengetahui mana yang tepat untuk calon produk kerajinanmu.

Beberapa kerajinan dari serat fiber di atas ada yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Hitung-hitung bisa menghabiskan waktu luang dan menghemat uang untuk memiliki dekorasi rumah atau keperluan pribadi. Tertarik untuk mencoba?

Sedang cari furnitur baru? Dekoruma jawabannya! Mulai dari sofa, meja tamu, kursi makan, rak dinding, tempat tidur, hingga meja & kursi kerja, semuanya ada.

Bahkan, nggak cuma menyediakan furnitur aja. Dekoruma juga jual peralatan memasak dan makan dari berbagai merek. Misalnya, Dekoruma jual Luminarc yang menyediakan beragam alat makan dari bahan yang berkualitas dan aman untuk kesehatan. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!