Komponen taman kering yang cukup sederhana, biasanya terdiri dari dominasi batu koral, ragam tanaman perdu, dan semak, membuatnya mudah dihadirkan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Karena tidak banyak menggunakan tanaman hijau ataupun pepohonan, tanaman kering depan rumah pun bisa diaplikasikan di lahan terbatas.

Seperti apa tampilan desain taman kering depan rumah yang cocok untuk eksterior rumahmu? Beberapa inspirasi yang telah Kania kumpulkan ini semoga bisa membantu saat mendesain sendiri taman kering depan rumah. Yuk, simak!

1. Konsep Minimalis Tropis di Taman Depan Rumah

pinterest.com

Kesan tropis tidak hanya muncul dari penggunaan tanaman hijau yang tahan terhadap cahaya matahari saja. Pada taman kering depan rumah ini, kesan tropis hadir dengan warna berbeda melalui kombinasi batu koral, semen ekspos, dan pagar bambu.

Susunan silang antara batu koral dan semen yang diperlihatkan taman kering depan rumah ini pun menghasilkan pola minimalis yang menarik. Meski begitu, nuansa tropis yang kering coba diseimbangkan dengan kehadiran sepetak rumput hias dan tumbuhan hijau yang ditempatkan mengelilingi taman.

2. Taman Kering di Jalan Setapak

pinterest.com

Desain taman kering seperti ini dapat diterapkan jika terdapat jalan setapak yang cukup panjang sebagai akses menuju pintu depan rumah. Di samping jalan setapak dapat dimanfaatkan sebagai taman kering depan rumah yang diisi dengan bebatuan, tanaman perdu, dan bongkah batu sebagai aksennya.

pinterest.com

Sebagai dekorasi di malam hari, disepanjang taman kering depan rumah dapat dibenami lampu taman bercahaya kuning. Bagian taman yang dilapisi batu koral sewaktu-waktu dapat digunakan sebagai sarana refleksi untuk kesehatan kaki.

Desain taman kering depan rumah seperti ini dapat memberikan sambutan hangat untuk tamu yang berkunjung.

3. Taman Kering Lebih Sejuk dengan Kolam

pinterest.com

Meski terdiri dari elemen yang sederhana, taman kering depan rumah juga bisa tampil berkelas. Jika memiliki bujet lebih, tingkatkan keindahan tampilan taman kering depan rumah dengan menambah unsur estetis lain seperti kolam hias di tengah taman.

Agar menghasilkan tampilan desain yang selaras, kolam hias dilapisi keramik bertekstur kasar yang senada dengan warna batu koral yang digunakan. Meski konsepnya kering, tapi desain taman depan rumah ini tidak terkesan gersang berkat kehadiran kolam.

4. Taman Kering Mungil Bergaya Jepang

pinterest.com

Desain taman kering depan rumah yang satu ini tidak memerlukan lahan banyak sehingga bisa ditempatkan di sudut-sudut depan rumah. Lahan kosong berukuran 1 meter cukup untuk mewadahi sebuah taman kering yang didominasi elemen bebatuan dan rumput-rumput semak.

Semakin kecil luas taman kering depan rumah, maka semakin minim perawatannya. Namun tumbuhan hijau yang difungsikan sebagai tanaman outdoor memerlukan asupan air yang lebih banyak sehingga paling tidak perlu disiram 2-3 kali seminggu.

5. Kesegaran Air Mancur di Tengah Taman Kering

pinterest.com

Dominasi warna netral yang muncul dari elemen bebatuan terkadang membuat taman kering depan rumah terlihat kaku dan membosankan.

Hilangkan kesan tersebut dengan menghadirkan secercah oase melalui air mancur mini yang ditempatkan di taman kering depan rumah. Kehadiran air mancur mini juga bisa menghasilkan kesejukkan di area depan rumah.

6. Tanaman Kaktus untuk Taman Kering Masa Kini

pinterest.com

Tanaman yang tahan terhadap panas matahari dan tidak banyak membutuhkan air cocok dipakai sebagai elemen taman kering depan rumah.

Kaktus dan sukulen termasuk diantaranya. Kedua tanaman ini juga tidak memerlukan medium tanah langsung sehingga bisa ditempatkan di dalam pot. Tampilan taman minimalis yang nge-hits bisa didapatkan dengan hanya menempatkan beberapa pot kaktus dan sukulen di atas lapisan batu koral putih.

7. Perpaduan Taman Kering dengan Taman Vertikal

pinterest.com

Kesan taman kering depan rumah yang kaku bisa dihilangkan dengan kehadiran taman vertikal. Taman vertikal secara tidak langsung berfungsi sebagai tanaman pagar yang membatasi rumah dengan bangunan disebelahnya.

Lebih jauh, keberadaan taman vertikal menghasilkan banyak oksigen sehingga udara di sekitar taman kering depan rumah terasa lebih sejuk dan adem.

Selain minim perawatan, ternyata tanaman kering depan rumah juga memiliki beberapa fungsi lain yang bisa meningkatkan kenyamanan pemiliknya. Tertarik memiliki taman kering depan rumah?

Temukan beragam furnitur dan dekorasi untuk melengkapi hunianmu di Dekoruma! Dekoruma jual meja komputer, kursi makan, coffee table, tirai, lampu hias, dan masih banyak lagi. Untuk model dan ukurannya pun sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Kamu sedang mencari jasa desain interior untuk rumah impianmu? Dekoruma juga bisa menjadi solusi yang tepat, lho! Dekoruma melayani jasa desain interior Jakarta dan sekitarnya dengan harga yang transparan, desain yang up to date, dan pengerjaan selesai dalam delapan minggu. Yuk, konsultasikan hunianmu sekarang agar tim Dekoruma bisa memberikan yang terbaik untukmu!