Furnitur utama yang ada di ruang tamu adalah sofa dan meja kopi. Kehadiran sofa memang membuat tamu dan pemilik rumah merasa lebih nyaman saat duduk dan mengobrol. Tapi beberapa orang malahan suka lesehan di lantai atau menggunakan karpet permadani karena bebas, waktu mengobrol jadi lebih akrab, dan suasana menjadi lebih ceria.

Hal tersebut sebenarnya tidak menjadi masalah asalkan kamu bisa menata ruang tamu dengan baik menggunakan karpet permadani. Bingung? Ini dia ide untuk Sobat Kania!

1. Ruang tamu dengan karpet permadani ala bohemian

pinterest.com

Bicara tentang karpet permadani, kamu tidak bisa melewatkan konsep Bohemian begitu saja. Untuk konsep yang satu ini kamu perlu memilih karpet permadani yang berwarna nyentrik seperti hijau, merah, dan kuning. Jangan takut menggunakan 2 atau 3 karpet permadani sekaligus dengan warna dan motif yang berbeda karena justru akan terlihat semakin bergaya. Untuk menambah kenyamanan, letakkan beberapa kursi lesehan, bantal kecil, dan ottoman.

2. Ruang tamu dengan karpet permadani ala modern minimalis

pinterest.com

Siapa bilang penggunaan karpet permadani tidak cocok untuk ruang tamu bergaya modern minimalis dan bisa mengurangi keindahan interior? Nyatanya ruang tamu tersebut malah jadi nyaman dan tetap indah. Karpet permadani yang cocok untuk gaya modern minimalis ini adalah tipe berbulu pendek dengan rumbai pada tepinya. Untuk warna, pilihlah yang senada dengan interior. Alih-alih menggunakan bantal, coba gunakan bean bag sebagai sandaran duduk.

3. Karpet permadani untuk ruang tamu lesehan dan duduk

architecturaldigest.com

Bagi tamu yang sudah berusia lanjut, duduk lesehan akan terasa sulit dan cukup melelahkan. Kalau kamu sering kedatangan tamu seperti ini, sebaiknya membuat ruang tamu dengan karpet permadani yang bisa digunakan untuk lesehan sekaligus sediakan tempat duduk. Para orang tua bisa duduk dengan nyaman, yang mudanya pun bisa bebas lesehan di bawah menggunakan bantal empuk. Jangan lupa sediakan meja kopi dengan kaki pendek untuk menyajikan kudapan dan minuman ya.

4. Karpet bulu sebagai ganti karpet permadani

pinterest.com

Apabila kamu merasa karpet permadani kurang sesuai dengan gaya interior rumah, tidak ada salahnya mengganti karpet tersebut dengan karpet bulu. Toh dengan karpet bulu, suasana akan menjadi lebih hangat dan nyaman. Dijamin kamu dan tamu akan sama-sama betah mengobrol lama. Jika ruang tamu berukuran kecil, gunakan karpet bulu berukuran kecil yang tidak menutupi seluruh permukaan lantai. Dengan demikian, ruang tamu tidak akan terlihat sumpek.

5. Lesehan tanpa karpet permadani? Coba pakai kasur tipis!

pinterest.com

Ada beberapa orang yang tidak nyaman duduk lesehan di atas karpet permadani karena permukaannya yang rata. Oleh karena itu, kamu bisa menggantikan karpet permadani menggunakan kasur tipis yang jelas lebih nyaman. Pilihlah sprei atau kain pelapis berwarna polos, kemudian tambahkan bantal-bantal dengan sarung beraneka motif. Saking nyamannya, bisa-bisa kalian ketiduran di ruang tamu ini.

6. Ruang tamu nyaman dengan karpet permadani sederhana

pinterest.com

Penggunaan karpet permadani untuk ruang tamu lesehan tidak selalu harus yang berukuran besar dan memiliki motif mewah. Misalnya saja seperti karpet permadani di atas yang berukuran kecil dan polos. Sesuaikan ukuran karpet permadani dengan luas ruang tamu milikmu dan yang paling penting kakimu tidak merasa dingin ketika lesehan nanti. Tambahkan bantal berukuran besar untuk rebahan. Ruangan ini juga cocok loh dijadikan ruang baca.

Demikian beberapa ide dari Kania. Apakah kamu sudah siap untuk merombak ruang tamu menjadi area lesehan menggunakan karpet permadani agar lebih ceria dan nyaman suasananya? Agar ruang tamu lesehan jadi lebih nyaman, hadirkan beberapa furnitur pelengkap seperti meja kopi yang rendah dan bantal kecil yang bisa kamu temukan di toko furniture online Indonesia, Dekoruma.

Selain furnitur, Dekoruma juga menyediakan aneka dekorasi kekinian, seperti lukisan, lampu meja, cermin, dan tirai yang pastinya siap menghiasi tampilan rumahmu. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!