Apalah artinya sebuah hunian tanpa sebuah atap? Atap adalah elemen bangunan yang memegang peran penting karena berfungsi untuk melindungi penghuni dari hujan dan panas. Ditambah lagi, atap bisa mempengaruhi tampilan eksterior hunian. Oleh karena itu pula, pemilihan atap harus dilakukan dengan tepat. Salah satu jenis atap yang kerap dipilih adalah genteng metal pasir.

Meski genteng metal pasir ini sudah banyak digunakan, ternyata masih ada yang belum mengetahui serba-serbi atau pun ragu untuk menggunakannya. Jika kamu merasa demikian, mari simak pembahasan terkait genteng metal pasir berikut ini!

1. Apa itu genteng metal pasir?

google.com

Genteng metal pasir merupakan jenis dari genteng metal yang memiliki lapisan berpasir. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan genteng metal pasir ini adalah baja galvalume az 100, zincalume, zinc phospat, dan campuran coraltex. Genteng metal pasir tersedia dalam beberapa ketebalan yakni dari 0,20 mm hingga 0,40 mm yang cocok untuk hunian.

2. Genteng metal pasir bersifat tidak membesarkan api

ftactics.com

Keunggulan pertama dari genteng metal pasir adalah memiliki sifat yang tidak membesarkan api. Itu berarti, ketika terjadi kebakaran rumah api tidak akan membesar dan menyebar ke bagian lain. Begitu juga ketika musim hujan tiba dan banyak petir, genteng metal pasir mampu meredam sambaran petir secara aman ke seluruh bagian atap. Setidaknya petir tidak akan membuat listrik di rumah langsung mengalami konsleting.

3. Genteng metal pasir memiliki sifat anti karat

pixabay.com

Atap sudah pasti menghadapi hujan dan panas matahari secara bergantian yang meningkatkan risiko munculnya karat. Untungnya genteng metal pasir ini mengandung unsur seng dan alumunium yang sifatnya anti karat. Dengan demikian, kamu tidak usah repot-repot menggunakan penghilang karat dan genteng metal pasir pun tidak perlu diganti dalam jangka waktu lama.

Lapisan anti karat ini diberikan sebelum proses pewarnaan menggunakan cat genteng. Hasilnya, warna genteng metal pasir pun menjadi lebih indah dan awet. Oh ya, warnanya cukup beragam sehingga bisa disesuaikan dengan keinginanmu.

4. Genteng metal pasir mampu meredam suara bising dan panas

google.com

Lapisan dan bahan pembuatan genteng metal pasir membuatnya mampu meredam suara bising dari luar rumah. Misalnya saja suara hujan dan suara kendaraan. Hal ini tentu sangat didambakan oleh pemilik rumah yang lokasinya dekat dengan jalan raya.

Tidak hanya meredam suara bising, genteng metal pasir juga mampu meredam panas berkat kandungan baja galvalum. Setidaknya bahan ini mampu memantulkan 70% sinar matahari sehingga bagian dalam rumah menjadi lebih sejuk meski matahari sedang bersinar terik.

5. Genteng metal pasir tahan lama

google.com

Bahan-bahan yang terkandung dalam genteng metal pasir membuatnya mampu tahan lama di tengah serangan cuaca. Genteng metal pasir ini terkenal dengan sifatnya yang tidak mudah pecah, anti jamur, anti karat, anti lapuk, dan anti rayap.

Tanpa perawatan khusus pun, genteng metal pasir ini bisa bertahan dalam hitungan 10 tahun bahkan lebih. Selain menghemat waktu, tentu kamu tidak perlu keluar uang lagi untuk menggantinya dalam waktu dekat.

6. Genteng metal pasir memiliki interlock system

Pernah mendengar kasus pencurian di rumah melalui atap rumah? Hal tersebut sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi jika kamu menggunakan genteng metal pasir karena adanya interlock system. Sistem tersebut akan membuat atap sulit dibobol dari luar. Tidak seperti genteng tanah liat yang bisa diangkat dengan mudah.

Sekarang Sobat Kania sudah tahu apa itu genteng metal pasir dan sejumlah keunggulannya. Sudah tahu mau pasang genteng metal atau tidak? Jangan lupa, cek juga artikel menarik lainnya di Dekoruma!

Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka furnitur di Dekoruma. Dekoruma jual Lion Star yang menyediakan furnitur berbahasan dasar plastik yang praktis dan bisa disesuaikan dengan desain rumahmu. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung cari furnitur Lion Star di Dekoruma!