Sebagai ruangan yang kompleks, pertimbangan cermat amat diperlukan dalam mendesain dapur kecil minimalis. Meski ukuran luas terbatas, model dapur kecil minimalis tetap harus mengakomodasi berbagai macam komponen dengan komposisi material yang berbeda. Salah sedikit menentukan material, maka dapur kecil minimalis tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

freshome.com

Model dapur minimalis sederhana di masa kini pun memiliki fungsi yang lebih luas. Dapur tidak lagi dibuat tersembunyi, melainkan dipamerkan sebagai ruang favorit keluarga. Dengan segala tuntutan ini, mendesain dapur kecil minimalis memang bukan hal mudah, malah terhitung melelahkan.

Untuk mempermudah proses desain dapur kecil minimalis, hindari beberapa kesalahan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini!

1. Prioritaskan Kebutuhan, Bukan Keinginan

apartmenttherapy.com

Desain dapur kecil minimalis yang ideal menitikberatkan kepada seberapa fungsional dapur tersebut. Untuk itu, pada tahap perencanaan sebaiknya kebutuhan dapur lebih didahulukan ketimbang keinginan agar dapur kecil minimalis lebih mudah diwujudkan.

Agar tidak salah menentukan kebutuhan dapur kecil minimalis, sesuaikan desain dapur dengan gaya memasak kamu sehari-hari. Apakah kamu tipikal pemasak makanan praktis atau sering mencoba berbagai resep baru? Ini berhubungan dengan perangkat dan material dapur yang nantinya akan digunakan.

apartmenttherapy.com

Pertimbangkan juga fungsi lain pada dapur kecil minimalis selain memasak. Area meja makan pun bisa digunakan sebagai sebagai area santap, kumpul keluarga, atau merangkap sebagai ruang kerja. Memprioritaskan kebutuhan juga menjadi antisipasi sehingga tidak banyak dilakukan perubahan atau renovasi di dapur kecil minimalis ke depannya.

2. Ketahui Kondisi Dapur Secara Menyeluruh

shutterstock.com

Kondisi dan struktur arsitektur dapur sangat memengaruhi besarnya anggaran dan lama proses pembuatannya. Dalam tahap perencanaan dapur kecil minimalis, tidak hanya perlu mengetahui ukuran dapur secara persis, tentukan juga posisi stopkontak yang strategis. Jalur ventilasi dapur kecil minimalis juga perlu dibuat dengan memperhatikan struktur dinding dan plafon.

Detail-detail kecil seperti ini sangat menentukan performa dapur ke depannya. Jika perangkat tidak mengikuti kondisi dapur, maka perubahan yang dilakukan bisa memerlukan biaya yang lebih besar.

3. Pilih Material Terbaik

freshome.com

Material dapur yang kuat membuat dapur kecil minimalis bertahan lebih lama. Sedapat mungkin, pilihlah material yang memiliki harga terendah namun memiliki kualitas yang mumpuni. Namun, ada kalanya kamu harus memberanikan diri untuk mengeluarkan lebih banyak uang demi memilih material terbaik.

shutterstock.com

Walaupun mahal, pelapis table top, seperti solid surface dan granit, bisa dijadikan investasi karena area ini merupakan area yang paling sering digunakan di dapur kecil minimalis. Begitupun dengan hardware furnitur seperti engsel kabinet yang bekerja sangat intens karena sering dibuka-tutup, investasikan lebih untuk membeli engsel berkualitas. Material-material berkualitas dapat mencegah terjadinya kerusakan di dapur kecil minimalis yang perbaikannya bisa menghabiskan lebih banyak uang.

4. Ikuti Ukuran Standar Dapur

shutterstock.com

Terdapat ukuran-ukuran standar yang perlu dipatuhi dalam membuat dapur kecil minimalis. Serangkaian penelitan panjang telah dilakukan para ahli untuk menentukan model dapur minimalis sederhana yang ideal.

Pada komponen interior kitchen set dapur kecil minimalis, ukuran minimal lebar kabinet atas dari dinding adalah 30 cm. Kabinet bawah perlu dibuat jarak lebih besar karena menjadi tumpuan area table top sehingga paling tidak berukuran 60 cm. Jarak antara kabinet atas dan bawah 90-100 cm.

shutterstock.com

Apabila desain dapur kecil minimalis melibatkan komponen kitchen set lain yang dibuat terpisah seperti meletakkan dua lemari dapur atau kabinet bawah secara berseberangan, jarak antara dua kabinet bawah harus setidaknya 1,2 meter agar penggunanya leluasa bergerak.

Pencahayaan dapur kecil minimalis juga perlu ditempatkan pada posisi yang tepat. Jarak jatuh cahaya ke area kerja dapur adalah 75 cm.

5. Lakukan Penataan Dapur yang Fleksibel

apartmenttherapy.com

Penataan dapur kecil minimalis perlu disesuaikan dengan alur kerja agar nyaman saat digunakan. Terdapat tiga alur pekerjaan yang melibatkan komponen atau perangkat dapur: menyiapkan makanan di area table top, memasak di area kompor, dan menyimpan makanan di kulkas. Agar alur kerja berjalan lebih lancar dan leluasa, ketiga komponen sebaiknya ditempatkan membentuk layout segitiga, bagaimanapun bentuk dan ukuran dapur kecil minimalis.

6. Rawat Dapur Tetap Awet

shutterstock.com

Setelah dapur kecil minimalis selesai dibuat, perencanaan yang matang akan percuma jika tidak dibarengi dengan perawatan yang maksimal. Salah satu cara efektif menjaga dapur kecil minimalis tetap awet adalah dengan menjaga kebersihannya secara rutin setiap habis digunakan.

Apabila terdapat kerusakan, segera atasi secepat mungkin. Menunda memperbaiki komponen dapur yang rusak malah bisa berisiko memperluas kerusakannya.

7. Pasang Perangkat Dapur dengan Benar

shutterstock.com

Proses pemasangan beberapa perangkat dapur kerap kali tidak terlalu diperhatikan padahal turut memengaruhi ketahanan dapur kecil minimalis. Seperti saat memasang kabinet dapur, pastikan dinding dalam kondisi kering karena dinding yang basah akan membuat kabinet cepat lapuk dan rusak.

shutterstock.com

Sama halnya dengan masalah pemasangan pipa air di dapur kecil minimalis, kebocoran pipa saluran air bisa disebabkan oleh pilihan ukuran dan instalasi pipa yang kurang tepat. Untuk mencegahnya, pilihlah pila berukuran tepat dan jangan membuat terlalu banyak sambungan karena penyebab utama kebocoran di dapur biasanya merupakan sambungan pipa yang melonggar.

Dengan mengikuti ketujuh langkah praktis ini, dijamin desain dapur kecil minimalis milikmu dapat berfungsi secara optimal serta siap tampil selalu prima dalam waktu yang lama. Selamat mencoba!

Kalau kamu sedang mencari aneka peralatan masak berkualitas untuk membuat makanan yang lezat, Dekoruma jual panci, wajan, cetakan kue, dan spatula. Tak hanya itu, Dekoruma juga jual Luminarc, merek perlengkapan makan dan minum dengan kualitas yang pastinya terjamin.

Selain alat dapur, ada juga aneka furnitur untuk melengkapi setiap ruangan di rumahmu. Dekoruma jual laci, lemari, sofa, meja, dan tempat tidur. Buat kamu yang lagi kasur berkualitas, Dekoruma jual kasur The Luxe, Sleep Care, King Koil, dan Dunlopillo. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!