Konon katanya, mempunyai hewan peliharaan bisa menambah kebahagiaan dalam hidup kita. Ada hubungan unik antara hewan peliharaan dengan manusia yang bisa membuat manusia memiliki kesehatan mental yang baik. Akan tetapi, tidak semua orang suka dengan ide ini. Merawat hewan peliharaan membutuhkan waktu, tenaga dan perhatian lebih, bahkan uang yang lebih banyak.

Kamu nggak perlu khawatir tentang hal ini. Pasalnya, ada banyak hewan peliharaan yang murah dan mudah untuk dirawat, lho. Kania akan menceritakan lima hewan peliharaan yang bisa kamu pilih untuk kamu rawat dan menemanimu di rumah. Yuk, kita simak di bawah ini.

Guinea Pig

unsplash.com/@karlijnfrederique

Hewan peliharaan pengerat satu ini terkenal karena sifatnya yang penyayang dan lembut. Guinea pig nggak susah untuk dicari karena kamu bisa menemukannya di beragam toko hewan peliharaan. Harganya pun nggak terlalu mahal. Hewan pengerat yang gemesin ini cocok dipelihara untuk anak-anak dan orang dewasa.

Perawatannya pun cukup mudah. Kamu hanya membutuhkan kandang kecil berventilasi udara baik yang di dalamnya sudah terdapat serpihan kayu aspen atau kertas, botol minum khusus hewan pengerat, dan tempat makan. Beri makan guinea pig setiap hari dengan sayuran hijau segar dan jangan terlalu sering memberinya pelet.

squeaksandnibbles.com

Pastikan bahwa kamu secara rutin membersihkan kandang hewan peliharaan satu ini. Ganti serpihan kayu aspen seminggu dua kali dan cuci tempat makan serta botol minumnya. Letakkan kandang di dalam ruangan yang cukup terpapar sinar matahari dan tidak terlalu lembab. Jangan lupa untuk sering mengajaknya ngobrol agar dia terbiasa dengan suara dan bau khasmu.

Ikan Hias

blogspot.com

Ikan hias sudah jadi hewan peliharaan favorit sepanjang masa. Biaya ikan hias dan pemeliharaannya termasuk cukup murah. Ikan hias pun dijual di beragam toko ikan  dalam ruangan maupun di pinggir jalan. Melihatnya berenang ke sana ke mari memberikan kepuasan tersendiri.

google.com

Sebelum memasukkan ikan hias ke dalam akuarium, kamu harus mempunyai akuarium ikan yang memiliki filter air dan mengatur tanaman laut serta bebatuan alam sedemikian rupa agar sesuai dengan habitat asli ikan. Beri air secukupnya dan masukkan ikan ke dalam akuarium. Taruh akuarium di ruangan yang terkena paparan sinar matahari yang cukup.

Jangan lupa untuk membersihkan akuarium dan mengganti air seminggu sekali. Ada baiknya bila kamu memiliki ikan sapu-sapu untuk membantu membersihkan kotoran pada kaca akuarium. Beri makan berupa makanan ikan yang berukuran kecil dan bisa dikunyah dengan mudah dua kali sehari.

Leopard Gecko

zoomed.com

Dari sekian banyak hewan peliharaan reptil yang ada, leopard gecko merupakan reptil yang murah dan mudah untuk dirawat. Hewan peliharaan ini termasuk jinak dan tidak perlu perawatan yang terlalu banyak. Kamu bisa membeli leopard gecko di toko hewan peliharaan.

Leopard gecko harus diletakkan dalam kandang yang menyerupai akuarium. Di bagian bawah kandang, berilah beberapa bebatuan, kertas atau tissue, dan wadah air untuk minum dan mandi. Letakkan juga beberapa tanaman hias dan barang-barang untuk tempat bernaung. Ganti kertas atau tissue bila sudah terkoyak dan ganti air dua hari sekali. Tentunya kamu harus terus menjaga kandang agar terus higienis.

shutterstock.com

Hewan peliharaan ini menyukai serangga untuk dimakan. Ada beberapa serangga yang bisa dipilih, seperti jangkrik, kecoa dubia, ulat Hong Kong, dan ulat lilin. Beri leopard gecko empat sampai enam serangga untuk dimakan selama satu sampai dua hari sekali. Kamu juga bisa menambahkan bubuk kalsium atau vitamin D yang menunjang kesehatannya. Oh iya, jangan lupa meletakkan leopard gecko di tempat yang lembap dan nggak terlalu banyak terkena sinar matahari.

Hamster

google.com

Hamster adalah salah satu hewan peliharaan yang paling terkenal. Hal ini disebabkan karena hamster adalah hewan kecil yang lucu dan menggemaskan. Kamu bisa memeliharanya di rumahmu dengan harga yang cukup terjangkau..

pixabay.com/_Alicja_

Hewan peliharaan yang ramah anak-anak ini harus dirawat dalam kandang berpagar yang di bawahnya diberi serpihan-serpihan kayu sebagai alas tidur dan tempat ia menggali-gali. Masukkan roda berputar untuk olahraga si hamster, tempat makanan, dan botol air minum khusus hewan pengerat. Bersihkan kandang dan ganti air minum secara rutin. Apabila kamu merasa kandang sudah terasa kotor sebelum waktunya, langsung segera bersihkan karena hewan peliharaan satu ini tidak suka lingkungan yang kotor.

Hamster tidak suka dengan sinar matahari. Berilah hamster makanan sehari sekali dengan beragam biji-bijian atau makanan berbentuk padat yang kecil. Bersihkan makanan yang tidak ia makan agar hamster tidak kegemukan.

Kura-Kura Kecil

google.com

Hewan peliharaan ini juga hewan yang mudah perawatannya dan murah. Ukurannya yang kecil cocok dengan hunianmu yang kecil. Kura-kura kecil ini tidak membutuhkan lahan yang luas dan mudah dibersihkan. Makanannya berupa pelet yang harus disesuaikan dengan preferensi si kura-kura, apakah ia herbivora atau omnivora.

pixels.com

Masukkan kura-kura kecil ke dalam sebuah akuarium atau wadah transparan kecil. Pastikan bahwa tempat tinggalnya berisi air yang tidak terlalu banyak dan ada bebatuan atau kayu yang cukup luas untuk ia tidur dan bermain. Bersihkan tempat tinggalnya dua minggu sekali. Taruh ditempat yang cukup terpapar sinar matahari.

Meski tergolong murah dan mudah dirawat, kamu harus merawat hewan peliharaanmu dengan tepat dan tidak sembarangan. Perawatan yang sembarangan akan membuatnya tidak memiliki umur yang panjang alias cepat mati. Intinya, hewan peliharaan mampu memberikan kebahagiaan sendiri bagi dirimu, bahkan anak-anakmu. Semoga kamu bisa memilih hewan peliharaan yang tepat, ya!

Baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka jenis kasur yang nyaman untuk meningkatkan kualitas tidurmu, lho! Dekoruma jual Comforta, King Koil, The Luxe, dan merek-merek kasur ternama lainnya. Selain materialnya berkualitas, harganya pun ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!