Konsep minimalis telah lama menjadi pilihan favorit untuk mendesain ruangan di dalam rumah, termasuk kamar mandi. Mengingat gaya hidup masa kini yang kian menuntut kemudahan dan kenyamanan, prinsip minimalis yang mengutamakan kepraktisan dan kebersihan memang tepat diterapkan di kamar mandi.

Memperkaya referensi tentang model kamar mandi minimalis yang sering digunakan saat ini dapat membantumu dalam menerapkan konsep minimalis tersebut. Karena kebutuhan setiap keluarga berbeda-beda, desain yang tepat tidak dapat langsung ditemukan pada satu atau dua model kamar mandi minimalis saja.

Beberapa model kamar mandi minimalis yang telah Kania rangkum berikut ini tidak sekedar menyajikan tampilan desain masa kini, namun juga menyesuaikan dengan kebutuhan kamar mandi modern yang bervariasi. Seperti apa model kamar mandi minimalis yang bisa kamu jadikan referensi?

1. Desain Kamar Mandi dengan Penyimpanan Praktis

ikea.com

Ruang-ruang penyimpanan di kamar mandi dibutuhkan untuk menyimpan perlengkapan mandi. Apalagi jika kamar mandi digunakan oleh seluruh anggota keluarga, pasti memerlukan ruang penyimpanan yang lebih.

Untuk menyiasati ukurannya yang tidak terlalu besar, model kamar mandi minimalis ini menggunakan pilihan furnitur berdesain ramping. Desain kabinet dengan cermin pun turut mempertahankan kesan luas pada model kamar mandi minimalis ini. Adanya rak gantung pun memaksimalkan efektivitas ruang.

ikea.com

Selain kabinet tertutup, rak display terbuka dan lemari tanpa kaki juga dapat menjadi furnitur pilihan untuk model kamar mandi minimalis. Sebagian perlengkapan mandi dan perawatan kulit yang sering digunakan bisa ditempatkan di rak terbuka sehingga lebih praktis dan mudah dijangkau.

2. Model Kamar Mandi Minimalis dengan Sentuhan Rustic

houzz.com

Konsep minimalis tidak selalu identik dengan penggunaan warna putih. Aksen menarik dapat ditampilkan melalui material pelapis ataupun aksesoris tanpa menghilangkan kesan minimalisnya. Seperti pada kedua model kamar mandi minimalis ini.

Meski didominasi oleh penggunaan warna netral, model kamar mandi minimalis ini tampil ekspresif dengan aksen rustic yang muncul pada keramik dinding. Kesan rustic pada model kamar mandi minimalis ini coba diperkuat dengan penggunaan lantai semen ekspos dan kabinet kayu pada area keringnya.

houzz.com

Sedangkan pada model kamar mandi minimalis ini, kesan rustic didatangkan melalui penggunaan cermin berdesain unik dan motif unfinished yang pada salah satu keramik dindingnya. Penambahan aksen pada tampilan fisik model kamar mandi minimalis ini semakin membuat pemiliknya betah dan nyaman saat memakainya.

3. Permainan Aksen di Kamar Mandi dari Pelapis Dinding

loony.com

Penggunaan aksesoris yang terlalu menonjol kerap kali malah membuat kamar mandi terkesan lebih penuh dan pengap. Model kamar mandi mininmalis ini berusaha memecah kesan monoton yang dimunculkan warna putih dengan menerapkan permainan aksen melalui pelapis dindingnya.

Perubahan warna keramik di area basah kamar mandi menjadi focal point yang mencuri perhatian. Menariknya, permainan aksen yang hadir di model kamar mandi minimalis ini tetap luwes membaur saat dikombinasikan dengan beberapa material berbeda.

houzz.com

Memadukannya dengan marmer dan bahan metalik dapat menghasilkan kesan elegan yang mewah. Sementara itu, kesan alami yang hangat muncul pada model kamar mandi minimalis saat dipadukan dengan furnitur kayu. Pencahayaan yang datang dari atas turut memperkuat kesegaran nuansa alami pada model kamar mandi minimalis ini.

4. Kamar Mandi Elegan yang Berkelas dengan Mosaik

houzz.com

Selain keramik kamar mandi, material lain yang bisa digunakan sebagai pelapis kamar mandi adalah mosaik. Dilengkapi dengan produk saniter canggih, model kamar mandi minimalis ini memilih pelapis mosaik untuk menciptakan impresi modern dan berkelas sedari awal.

Namun, model kamar mandi minimalis ini memiliki luas yang terbatas sehingga diperlukan sedikit siasat untuk menunjang kenyamanan penggunanya. Area basah dan kering tidak dipisah secara penuh sehingga memperlancar sirkulasi udara di kamar mandi.

5. Perpaduan Dua Motif Keramik di Kamar Mandi

houzz.com

Konsep minimalis bukan halangan untuk melakukan pengolahan desain yang lebih lanjut. Kamar mandi pun seharusnya menjadi ruang yang privat di mana pemiliknya dapat mengekspresikan diri dengan bebas. Model kamar mandi minimalis ini jelas dirancang sesuai dengan suasana yang diinginkan pemiliknya.

Perpaduan dua motif keramik diterapkan untuk menghadirkan kesan dinamis pada model kamar mandi minimalis berukuran kecil. Karena tidak banyak memperoleh pencahayaan alami, penggunaan keramik warna gelap perlu diseimbangi dengan pemasangan lampu yang tepat.

6. Model Kamar Mandi Minimalis Mewah dari Marmer dan Kayu Solid

houzz.com

Alangkah nyamannya jika model kamar mandi minimalis dilengkapi dengan fasilitas perawatan dan relaksasi tubuh yang mumpuni. Selain dapat memberikan sensasi relaksasi yang maksimal, model kamar mandi minimalis yang dilengkapi dengan perlengkapan saniter berteknologi tinggi juga dapat menghemat energi.

Namun, belum lengkap rasanya jika sarana relaksasi tidak dilengkapi dengan indahnya view area luar. Model kamar mandi minimalis ini mendatangkan nuansa alami melalui perpaduan dua material alami yakni marmer dan kayu solid. Aplikasi marmer bisa dilihat pada lantai, area wastafel, dan dinding belakang closet duduk.

Dari beberapa model kamar mandi minimalis di atas, semoga ada yang mewakili kebutuhanmu dan bisa kamu aplikasikan dengan mudah di rumah. Selamat mencoba!

Kamu ingin mengganti furnitur rumahmu dengan yang baru? Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka jenis furnitur berkualitas dengan harga bersahabat, lho! Dekoruma jual meja makan, rak tv, sofa, kursi kantor, dan lemari dapur. Ada juga tempat tidur bayi dan lemari anak untuk kebutuhan si Kecil.

Tak hanya furnitur, Dekoruma juga jual jam dinding dan poster kanvas untuk hiasi dinding rumah. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!