Fasad atau tampak depan rumah merupakan wajah rumah yang menggambarkan jati diri penghuninya. Oleh karena itu, rumah minimalis tampak depan perlu dirancang dengan benar agar memberikan impresi yang baik.

Prinsip perancangan desain fasad juga perlu disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar. Bentuk dan tampak depan rumah saat ini sudah semestinya menyesuaikan dengan iklim tropis di Indonesia. Namun, hal ini tidak pula menjadi halangan dalam mengkreasikan desain yang lebih menarik dan artistik untuk tampak depan rumah.

Beberapa desain fasad ini yang berhasil membuat tampak depan rumah tampil lebih menarik sekaligus memanfaatkan kondisi iklim tropis dengan baik. Semoga dapat menjadi alternatif ide untuk kamu yang berencana merenovasi atau membangun rumah impian!

1.Fasad Rumah Minimalis dengan Kantilever

archdaily.com

Hunian minimalis dapat tampil lebih ekspresif melalui desain menarik yang diaplikasikan pada tampak depan rumah. Keberadaan kantilever atau muka bangunan yang lebih menonjol membuat tampak depan rumah minimalis ini terlihat unik. Apalagi, cat rumah minimalis tampak depan warna cerah yang diaplikasikan membuat rumah ini juga elegan.

Selain itu, kantilever juga menghasilkan ruang gerak baru di bagian bawahnya. Tampak depan rumah pun tampil lengkap dengan adanya teras yang terlindungi kantilever. Desain fasad rumah seperti ini dapat diterapkan pada hunian dengan lebar lahan 5-7 meter.

2. Hollow Sebagai Pelindung Tampak Depan Rumah

archdaily.com

Tampak depan rumah ini dilapisi dengan kulit kedua (secondary skin) yang tersusun dari kisi-kisi besi hollow. Penerapan secondary skin pada tampak depan rumah bertujuan untuk menghalau sinar matahari, namun tetap dapat memanfaatkan penghawaan alami dari lingkungan sekitar masuk ke dalam ruangan.

Agar udara bersih dapat masuk, tambahkan tanaman rambat atau taman vertikal pada dinding tampak depan rumah untuk menyaring debu dan udara kotor.

3. Fasad Rumah Tertutup

archdaily.com

Jika ingin privasi dan momen-momen berharga dengan keluarga dapat terjaga, tampak depan rumah bisa dibuat tertutup dan minim jendela seperti ini. Penerapan fasad rumah tertutup mengikuti perkembangan desain rumah modern yang lebih mengutamakan fungsi.

Agar tidak kekurangan pasokan udara dan pencahayaan alami pada bagian atas hunian dipasang lubang-lubang ventilasi. Kesan monoton pada tampak depan rumah yang dibuat tertutup dapat disamarkan dengan menghadirkan ornamen menarik pada desain pagarnya.

 4. Fasad Rumah Minimalis Sederhana

archdaily.com

Alternatif lain untuk membuat tampak depan rumah minimalis lebih menarik adalah dengan memainkan komposisi warna cat eksterior. Meski secara keseluruhan arsitekturnya terlihat simpel dan sederhana, warna cat merah yang diselipkan di antara warna netral berhasil membuat tampak depan rumah minimalis ini tampil lebih dinamis.

Berada di wilayah tropis, rumah ini pun menerapkan tipe fasad dengan efek berlapis sehingga ruang-ruang di dalamnya dapat terlindungi dari radiasi matahari yang tinggi.

5. Fasad Rumah dengan Kisi-Kisi Kayu

archdaily.com

Kesan berbayang pada tampak depan rumah dapat dihadirkan melalui penggunaan kisi-kisi kayu. Berbeda dengan besi hollow sebelumnya, kisi-kisi kayu dipasang vertikal sehingga menghasilkan aksen unik pada fasad rumah bergaya natural kontemporer ini.

Kisi-kisi vertikal ini sebenarnya berperan sebagai barrier atau penghalang untuk jendela lebar yang terpasang di muka bangunan. Material alami lainnya seperti bambu juga dapat digunakan untuk menciptakan ornamen kisi-kisi pada tampak depan rumah.

6. Fasad dengan Roster, Aksen Menarik yang Bikin Sejuk

archdaily.com

Melindungi fasad dengan roster tidak hanya menambah estetika pada wajah bangunan, tapi juga dapat menghemat energi. Roster menjadi jalur masuknya udara luar dan pencahayaan alami ke dalam ruangan sehingga mengurangi pemakaian listrik untuk lampu dan pendingin ruangan di siang hari.

archdaily.com

Untuk memaksimalkan kesan ademnya, dinding eksterior rumah bisa dipercantik dengan vertical garden atau tanaman merambat. Ciptakan juga efek dramatis pada tampak depan rumah di malam hari dengan memasang lampu tembak di beberapa sela roster.

7. Perpaduan Harmonis Beberapa Pelindung Fasad

Permainan tekstur di tampak depan rumah dapat diperkaya dengan menggunakan variasi material pelindung. Mulai dari roster, bata ringan, sampai besi hollow dikombinasikan untuk menghasilkan pola atraktif di tampak depan rumah.

archdaily.com

Selain itu, desain fasad juga dilengkapi dengan detail-detail ornamen seperti lubang ventilasi yang disusun secara tidak beraturan, menghasilkan tampilan yang lebih unik pada tampak depan rumah.

Agar tampak depan rumah tampil sesuai dengan keinginan, modifikasi dari beberapa desain fasad di atas pun dapat dilakukan. Jangan lupa barengi dengan penggunaan material berkualitas sehingga fasad rumah tidak cepat rusak, lapuk, dan berjamur.


Nah, ternyata fasad rumah bisa memberikan kesan yang berbeda kan pada hunian. Material yang dipakai pun bisa dari GRC board. Fasad mana yang jadi favoritmu? Yuk, temukan juga artikel menarik lainnya di Dekoruma!

Tak hanya artikel, kamu juga bisa menemukan aneka kasur dari ragam merek ternama. Dekoruma jual The Luxe, Guhdo, dan King Koil, tiga merek kasur yang memiliki kualitas terbaik dan bukan abal-abal.

Ada juga beragam jenis furnitur untuk hunianmu. Dekoruma jual meja komputer, lemari pakaian, rak dinding, dan meja rias. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!