Dalam mendirikan sebuah gedung atau rumah, diperlukan ragam bahan konstruksi bangunan yang tentunya sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu mencari material dinding yang ringan tapi memiliki banyak manfaat, kamu harus memilih papan gipsum. Gipsum adalah bahan yang digunakan sebagai material kontruksi pembentuk dinding, penyekat, partisi, dan plafon rumah.

Papan gipsum terbuat dari campuran bahan kertas. Tidak seperti papan konstruksi bangunan pada umumnya, papan gipsum memiliki ketebalan yang tipis yaitu sekitar 9-15 mm. Meski tipis, material bangunan ini memiliki sifat yang menguntungkan dan merugikan. Mari kita simak berikut ini.

Proses instalasi yang mudah

shutterstock.com

Tidak seperti batu bata yang harus dipasang satu per satu dan memakan waktu lama, pemasangan papan gipsum tidak menyita waktu dan tenaga yang banyak. Biasanya, gipsum dijual dalam bentuk lembaran yang luas. Bentuk inilah yang membuat kamu nggak perlu kerepotan memasang papan gipsum karena satu papan gipsum mampu meng-cover ruang yang luas. Bobotnya yang ringan juga makin memudahkan untuk dipasang.

Selain mudah dipasang, papan gipsum mudah dipotong menggunakan alat pemotong apapun. Proses finishing pun bisa dilakukan dengan mudah, baik menggunakan alat bangunan tradisional hingga alat bangunan yang sangat canggih. Ketebalannya yang tipis ini juga membuatnya mudah diberi paku dan dibentuk sesuai keinginan.

Mampu meredam suara

google.com

Sifat kedua yang dimiliki papan gipsum adalah kemampuannya dalam meredam suara. Material bangunan berwarna putih ini cocok digunakan dalam sebuah kantor yang di dalamnya juga terdapat pabrik produksi. Dengan menggunakan papan gipsum sebagai penyekat atau pemisah antar ruang, kantor nggak bakal terganggu dengan suara bising yang dihasilkan mesin produksi pabrik. Pekerja pun bisa makin fokus dalam memberikan kontribusi kepada perusahaan. Papan gipsum juga cocok dipakai untuk ruang studio musik atau home theater. Penggunaannya mampu mengurangi trasmisi suara ke ruangan lain.

Mudah dirawat dan diperbaiki

rlpeekpainting.com

Jika gipsum mulai berdebu atau kotor, kamu nggak perlu mengecatnya ulang. Bilas menggunakan kain lap setengah basah atau menyedotnya. Jika gipsum mengalami retak rambut, kamu cukup menutupinya dengan plester semen instan. Setelah plesteran kering, timpa dengan plamir tembok yang memiliki warna senada dengan warna gipsum milikmu. Cara lainnya, kamu bisa memotong bagian papan gipsum yang rusak dan tambal dengan papan gipsum yang baru.

Bisa ditimpa dengan cat warna lain

shutterstock.com

Nah, sifat ini yang membuat gipsum makin digemari. Kamu bisa menimpa papan gipsum dengan aneka ragam dekorasi dan cat, seperti cat tembok dan kertas wallpaper. Selain itu, kamu bisa melapisinya dengan produk pelapis lainnya. Kamu bisa berkreasi sebebas-bebasnya untuk menghasilkan penyekat ruangan atau plafon yang cantik supaya bisa sesuai dengan gaya interior ruang tidurmu atau ruangan lain di rumahmu.

Tidak tahan air

google.com

Meski punya sifat-sifat apik yang bermanfaat, kamu perlu menggaris bawahi bahwa bahan material ini nggak ramah dengan air. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, gipsum terbuat dari campuran bahan kertas. Hal ini yang membuat papan gipsum nggak tahan air. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan papan gipsum dalam ruangan yang berhubungan dengan air secara langsung, seperti dapur dan kamar mandi.

Rapuh

countrystylerecycling.co.uk

Selain tidak tahan air, bahan material ini juga termasuk material yang mudah rapuh. Kamu tidak bisa memberi beban berat di atasnya karena bisa membuatnya retak, bahkan hancur hingga berkeping-keping. Umurnya yang semakin tua juga membuat ketahanan gipsum mulai melemah. Maka dari itu, ada baiknya bila kamu mulai mengganti papan gipsummu sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah.

Sifat-sifat ini harus kamu pahami sebelum membeli material bangunan. Kamu juga harus bisa membedakan mana papan GRC, mana gipsum, dan mana papan lainnya. Dengan memahaminya, kamu bisa menentukan material bangunan apa yang tepat untuk hunianmu. Psst..! Menggunakan papan gipsum juga lebih hemat karena harganya yang tidak terlalu mahal dan kamu bisa memasangnya sendiri, lho.

Kamu sedang mencari kursi baru buat rumahmu? Dekoruma jual Aveda dan Heim Studio, merek furnitur yang terkenal akan kualitas dan modelnya yang beragam.

Selain itu, ada juga aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan merek dan material untuk kebutuhan tidurmu, seperti kasur Alga, The Luxe, dan Lady Americana. Tunggu apa lagi? Yuk, segera ke Dekoruma dan cari furnitur kesayanganmu!