Pernahkah terpikir apa material dinding pada desain eksterior rumah yang umum digunakan? Walaupun sering diaplikasikan pada eksterior rumah, istilah dinding kamprot mungkin belum begitu sering didengar di telinga masyarakat awam.

Namun sebenarnya, banyak dari kalian yang sudah pernah melihat dan menyentuh dinding kamprot. Berikut Kania akan menjelaskan apa itu dinding kamprot dan bagaimana kamu juga bisa memanfaatkan teknik ini untuk hunian keren milikmu.

Definisi Dinding Kamprot untuk Eksterior Keren

shutterstock.com

Dinding kamprot pada dasarnya adalah teknik pembuatan finishing permukaan dinding yang memiliki tekstur kasar. Pengertian dari tekstur kasar di sini cukup beragam dari segi variasi bentuk, corak. dan finishing itu sendiri.

Secara otomatis, dinding kamprot akan terlihat acak alias tidak sempurna, namun tampilan yang tidak sempurna inilah yang sering diburu oleh pecinta properti untuk kesan unik yang berbeda dan menarik.

odmianychwastow.com.pl

Selain daya tarik finishing yang semikasar, dinding kamprot juga sering menjadi favorit karena efek shadow alias bayangan jatuh di permukaan. Saat terkena cahaya atau sinar matahari, tekstur kasar pada dinding ini dipertegas dan terlihat jelas dan estetik.

Maka tak heran jika dinding kamprot sering menghiasi bagian eksterior rumah. Selain tahan cuaca, dinding luar rumah pun mempunyai efek cantik tersendiri saat ditimpa cahaya.

Cara Pembuatan Dinding Kamprot

housemethod.com

Teknik aplikasi dinding kamprot menitikberatkan pada penggunaan material yang tepat, supaya permukaan dinding menjadi bertekstur sesuai keinginan. Berbeda dengan teknik plaster atau acian yang bertujuan untuk memuluskan dinding, pembuatan dinding ini malah akan menargetkan finishing yang mentah, alami dan kasar.

  • Material Berkualitas

shutterstock.com

Bahan dasar dinding kamprot umumnya adalah semen dan pasir yang diaduk secara bersamaan. Kedua bahan ini rentan rontok, terutama jika semen yang dipakai merupakan semen instan berkualitas sedang atau rendah. Sedangkan untuk pasir, ukuran butiran harus dipilih seksama supaya tekstur dinding ini nantinya akan sesuai dengan ekspektasi.

  • Plester Dinding

shutterstock.com

Walaupun bertekstur kasar, bukan berarti dinding kamprot bisa dibuat asal-asalan. Tahap pertama harus melibatkan plester dinding sedemikian rupa supaya nantinya aplikasi bahan adukan bisa rapi. Hasil plester yang rata sempurna dan maksimal, akan menjadikan lapisan dinding dasar yang semakin cantik pula.

  • Warna & Intensitas

diychatroom.com

Dinding kamprot tidak harus hanya tampil dalam warna abu-abu semen. Dengan pencampuran cat emulsi, kamu juga bisa mendapatkan tampilan dinding yang lebih bervariasi.

Selain memberikan sentuhan warna, dinding kamprot yang diberi cat emulsi juga bisa diatur tingkat kelembutan atau kekasaran finishing. Semakin kental cat emulsi, maka akan semakin lembut tekstur dinding ini.

  • Spray Gun Khusus

shutterstock.com

Pengerjaan dinding kamprot secara profesional kadang akan melibatkan alat khusus yaitu spray gun atau alat semprot bermesin kompresor. Pengecatan bahan duko atau melamin biasanya akan menggunakan alat ini, supaya dinding kamprot hadir kian rata dan sempurna.

Aplikasi Dinding Kamprot

pinterest.com

Dinding kamprot sering menjadi pilihan dinding eksterior seperti bagian outdoor, teras atau halaman rumah atau gedung. Untuk penggunaan interior, dinding ini tidak begitu lumrah digunakan karena sifatnya yang tidak begitu ramah saat disentuh.

Walaupun jarang, tekstur atau tonjolan dinding kamprot, tetap bisa melukai kulit sehingga tidak cocok untuk rumah yang dihuni oleh anak kecil atau hewan peliharaan. Salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah dengan memberikan pembatas seperti pot tanaman hijau yang bisa menambah kesan alami dinding ini kian maksimal.

conceptplastering.com.au

Pastinya, dengan dinding kamprot, persepsi tentang dinding yang mulus dan rapi menjadi berubah. Variasi tekstur pada dinding yang kasar, acak, dan serba alami ternyata dapat membuat hunian bisa tampil makin keren.

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma bisa jadi tempat yang tepat, lho! Dekoruma jual lemari dapur, meja makan, sofa, kursi teras, dan rak dinding dengan beragam model serta ukuran. Selain furnitur, Dekoruma juga jual Calista, merek kotak makan terkenal dengan kualitas yang terjamin sehingga makanan akan tetap fresh dan awet.

Tak hanya sampai di situ saja. Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui Dekoruma Properti. Kamu bisa menemukan aneka jenis properti hunian dari berbagai daerah di Jabodetabek. Ada rumah dijual di Bekasi, rumah baru di Tangerang, hingga apartemen dijual di Jakarta Barat. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan domisilimu. Yuk, buat rumah impianmu jadi kenyataan bersama Dekoruma!