Selain tanaman luar ruangan, tanaman dalam ruangan juga digemari. Sekarang pun kita sudah melihat banyak desain interior yang menyertakan tanaman atau bunga hias dalam ruangan. Sayangnya, tidak semua hunian bisa menampung tanaman atau bunga hias dengan ukuran besar karena luasan hunian yang nggak memadai. Keinginan menambah aksen estetik pun terpendam.

Tak perlu khawatir, kamu bisa menyiasatinya dengan jenis bunga hias kecil yang khusus digunakan dalam ruangan. Tanpa perlu perawatan yang berlebih, kamu bisa menghadirkan suasanya alami dalam hunianmu yang kecil. Hunian pun tetap lapang. Berikut adalah lima pilihan jenis bunga hias yang bisa kamu pilih.

Kaktus

shutterstock.com

Pasti kamu nggak asing dengan kaktus. Kaktus adalah tanaman berduri yang berasal dari Benua Amerika. Habitat Asli kaktus tersebar di Meksiko, Texas, Argentina, Arizona, Bolivia, Peru, dan Brazil. Kaktus termasuk tanaman sukulen karena ia menyimpan cadangan air pada batangnya. Tapi, apakah kaktus bisa berbunga? Jangan salah. Kaktus juga punya bunga, lho. Maka dari itu, kaktus bisa jadi pilihan jenis bunga kecil yang pas untuk ditaruh di dalam ruangan.

Kamu bisa membelinya di toko tanaman terdekat. Cara merawatnya pun mudah. Pastikan bahwa jenis bunga hias ini terpapar penyinaran matahari yang cukup selama minimal 4 jam dalam sehari. Jangan lupa juga untuk menyiram kaktus dua hingga tiga minggu sekali, ya!

Bunga Peace Lily atau Lily

google.com

Jenis bunga hias kedua adalah bunga peace lily atau lily. Bernama latin spathipyllum, jenis bunga hias ini memiliki kemampuan untuk menyerap udara beracun di sekitarnya, maksimal 10 meter persegi. Pula, jenis bunga hias peace lily ini nggak suka kena sinar matahari langsung. Dengan demikian, peace lily sangat cocok kamu jadikan dekorasi di dalam rumah kamu.

Kamu nggak perlu repot-repot merawatnya karena nggak menyerap banyak waktu dan tenaga lebih. Siram jenis bunga hias ini dua kali sehari pada pagi dan sore saat musim kemarau. Ketika musim hujan datan, kamu cukup menyiram jenis bunga hias ini sehari sekali. Ingat, siram peace lily saat media tanam (tanahnya) kering, ya.

Bunga Aster

shutterstock.com

Jenis bunga hias ini sering kamu temui pada buket bunga atau papan bunga. Asal tahu saja, bunga aster bisa kamu jadikan tanaman hias indoor, lho. Jenis bunga hias asterpunya banyak warna cantik yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan gaya interior ruangan.

Bagaimana cara merawatnya? Sama dengan jenis bunga hias peace lily, siram bunga aster dua kali sehari saat musim kemarau agar media tanahnya tetap lembab. Saat musim hujan, siram bunga aster sekali saja. Kamu bisa meletakkan jenis bunga hias aster di dekat jendela agar tetap terpapar sinar matahari yang cukup.

Anthurium Bunga

whiteflowerfarm.com

Sama seperti bunga aster, jenis bunga hias ini bisa kamu pakai sebagai tanaman kecil dalam ruangan. Jenis bunga hias ini punya bentuk daun dan bunga yang indah. Di tengah bunganya terdapat tangkai kecil yang menambah aksen kecantikannya.

Agar anthurium bunga bisa tumbuh subur, taruh pot anturium bunga di dekat jendela agar terpapar sinar matahari sepanjang hari. Selain itu, kamu juga harus melakukan penyiraman secara rutin dua hingga tiga hari sekali. Pastikan juga bahwa media tanah nggak terlalu lembap dan kering supaya antherium bunga bisa bertahan lama.

Bunga Alyssum

pinterest.com

Jenis bunga hias satu ini sangat unik. Bentuk bunganya kecil-kecil nan banyak ini menambah kesan cantik pada ruanganmu, lho. Nggak hanya itu saja, aroma wanginya bikin kamu betah dalam ruangan berjam-jam. Selain warna ungu, jenis bunga hias alyssum punya warna lain yang nggak kalah menawan, yaitu pink, putih, dan kuning.

Untuk merawat bunga alyssum dalam ruangan, kamu butuh pot bunga. Tanam bibit jenis bunga hias alyssum secara individual dan siram secara rutin satu hingga dua kali per minggu. Oh iya, dia juga suka sinar matahari, lho. Jadi, pastikan jenis bunga hias ini mendapatkan paparan sinar matahari, ya.

Bagaimana? Cantik-cantik ‘kan jenis bunga hias di atas? Agar kelima jenis bunga hias ini bisa tumbuh subur dan tahan lama, kamu perlu merawatnya dengan rutin. Jangan lupa juga untuk memberi pupuk bernutrisi, ya!

Sedang mencari furnitur baru untuk kamar tidurmu? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Di Dekoruma, ada banyak jenis furnitur yang bisa kamu pilih untuk kamar tidurmu, mulai dari tempat tidur, side table, kursi malas, ottoman, meja rias, hingga rak dinding.

Selain itu, Dekoruma juga jual Comforta, King Koil, dan Alga, tiga merek kasur ternama yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!