Kehadiran lampu sorot taman seringkali disepelekan oleh beberapa orang yang menganggap bahwa fungsinya hanya untuk menerangi taman pada malam hari. Padahal, lampu sorot taman ini bisa membuat tanaman terlihat lebih menawan, mengurangi jumlah nyamuk yang berkeliaran di taman, hingga mempercantik taman secara keseluruhan. Mau bersantai di taman pada malam hari pun jadi lebih nyaman.

Lalu, lampu sorot taman seperti apa yang tepat untuk hunian kesayanganmu? Simak inspirasi yang Kania akan ulas berikut ini!

1. Lampu sorot taman dari arah bawah

designsforallseasons.co.uk

Untuk menciptakan kesan yang dramatis, kamu bisa menggunakan lampu sorot taman yang sinarnya berpendar dari bawah. Letakkan lampu sorot taman ini di sekitar pohon atau semak-semak. Biasanya, warna sinar yang digunakan adalah kuning. Penerangan seperti ini juga bisa diletakkan di sudut jalan setapak untuk menerangi jalan.

2. Lampu sorot taman dari arah atas

pinterest.com

Kalau area tamanmu dikelilingi oleh pagar atau dinding, tidak ada salahnya untuk mencoba lampu sorot taman dari arah atas. Letakkan lampu-lampu ini pada pagar atau dinding untuk menyoroti tanaman dan area duduk. Salah satu keuntungan menggunakan lampu sorot taman yang mengarah ke bawah ini adalah kamu bisa menambahkan cup lampu sehingga pada saat hujan turun, kemungkinan konsleting bisa diminimalisir.

3. Lampu sorot taman tersembunyi

patio-yard.com

Lampu sorot taman tersembunyi atau biasa dikenal sebagai indirect lighting, cocok untuk kamu yang menginginkan nuansa minimalis dan rapi pada area taman. Lampu sorot taman ini bisa kamu sembunyikan di balik pagar atau di bagian dalam anak tangga. Sayangnya, lampu sorot taman yang tersembunyi ini akan sedikit menyulitkanmu ketika ingin memperbaiki salah satu lampu yang rusak.

4. Lampu sorot taman yang menempel pada pagar

amazon.com

Sekarang saatnya beralih ke lampu sorot taman yang bisa dimanfaatkan juga sebagai unsur dekor. Salah satunya adalah lampu yang ditempel pada pagar. Pilihlah kerangka lampu yang modelnya sesuai dengan gaya taman. Kalau mau yang sederhana, lampu sorot taman dengan kerangka kecil model anyaman garis seperti ini akan terlihat menggemaskan.

5. Lampu sorot taman raksasa

certified-lighting.com

Bagi kamu yang memiliki taman yang luas dan bergaya modern minimalis, lampu sorot taman berukuran raksasa seperti ini merupakan pilihan yang tepat. Bentuknya menyerupai tetesan air, namun bagian bawahnya datar sehingga bisa diletakkan di atas tanah. lampu sorot taman yang satu ini cocok untuk menghiasi sudut taman atau di pinggir jalan setapak. Kalau mau hemat listrik, cukup gunakan beberapa saja karena cahayanya sangat terang.

6. Lampu sorot taman yang menyerupai paku

Bagaimana kalau taman di rumah berukuran kecil? Tenang saja, lampu sorot taman pun banyak yang berukuran kecil dan bentuknya beragam. Misalnya saja seperti lampu yang bentuknya menyerupai paku seperti ini. Letakkan lampu sorot ini di sepanjang jalan setapak atau di dekat pot tanaman.

7. Lampu sorot taman sekaligus teras

pinterest.com

Kalau lampu sorot taman yang ini bisa dibuat menghadap ke arah taman dan teras. Dengan demikian, kamu bisa duduk santai di teras sambil memandang taman dengan nyaman di malam hari. Lampu sorot taman yang fleksibel ini juga dapat membantu kamu agar dapat bersantai di taman sambil membaca buku kesayanganmu. Supaya acara santai makin nyaman, tambahkan juga aneka tanaman pengusir nyamuk di sekitar lampu sorot.

Demikian 7 inspirasi lampu sorot taman untuk hunian kesayanganmu. Selain memilih model lampu, perhatikan juga penempatan kabel dan rumah lampu supaya tidak terjadi konslet saat hujan turun. Kalau bisa, kabelnya disembunyikan saja supaya taman terlihat lebih rapi. Selamat berburu lampu sorot taman idamanmu!

Sedang mencari kasur baru untuk kamar tidurmu? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka jenis kasur dari beragam merek ternama, seperti kasur The Luxe, King Koil, Comforta, dan Guhdo.

Selain kasur, ada juga aneka peralatan dapur untuk kamu yang hobi memasak. Dekoruma jual Fackelmann, merek peralatan masak yang terkenal akan kualitasnya. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!