Dalam membuat dinding yang kokoh dan mampu melindungi hunian kamu, diperlukan bahan-bahan yang kokoh pula. Salah satunya adalah batako. Bentuknya hampir mirip dengan batu bata, yaitu berbentuk balok persegi panjang. Perbedaannya adalah ukurannya lebih besar dari batu bata dan memiliki warna abu-abu atau putih. Tidak seperti batu bata, balok dinding ini dibuat dengan proses press.

Batako disebut sebagai bahan bangunan yang ekonomis dari sisi harga dan waktu sehingga kita sering menemui beberapa bangunan yang menggunakannya. Nah, batako memiliki dua jenis, yaitu batako tras dan batako semen. Apa perbedaan keduanya? Yuk, kita simak di bawah ini.

Batako tras

shutterstock.com

Jenis pertama adalah batako tras. Mengapa disebut batako tras? Hal ini disebabkan karena komposisi utamanya adalah tras, yang dicampur dengan batu kapur dan air. Tras sendiri merupakan jenis tanah yang terbuat dari lapukan bebatuan gunung berapi. Ukuran panjangnya berkisar antara 25-30 cm, tebal 8-10 cm, dan tinggi 14-18 cm.

Mudah dipasang

shutterstock.com

Karena ukurannya yang lebih besar dari batu bata, batako tras lebih mudah dipasang. Tidak perlu memakan waktu dan tenaga yang banyak karena satu batako tras bisa mencakup jangkauan wilayah yang lebih besar. Per meter persegi, kamu hanya membutuhkan 25 balok untuk dipasang.

Rapuh

shutterstock.com

Saat memasangnya, kamu harus sangat hati-hati. Balok dinding ini lebih rapuh dibandingkan batako semen. Komponen-komponennya mudah terlepas, apalagi bila kamu memasangnya dalam kondisi basah. Karena kerapuhannya ini juga, potensi retak rambut lebih besar.

Mudah menyerap air

google.com

Batako tras sangat tidak dianjurkan untuk dipakai sebagai dinding ruang yang sering terpapar air. Sifat batako yang satu ini bisa membuat dinding mudah lembap dan makin rapuh. Dinding juga lebih mudah berjamur. Jika ini terjadi, tentunya sangat tidak menyehatkan bagi para penghuni rumah. Ditambah, balok dinding ini mudah menyusut dan memuai karena adanya perbedaan suhu antara luar dan dalam rumah.

Batako semen/press

shutterstock.com

Berbeda dengan sebelumnya, batako semen terbuat dari semen PC yang dicampur dengan pasir atau abu bebatuan yang di-press hingga padat. Balok dinding ini dibagi menjadi dua, yaitu press mesin dan press tangan. Batako press mesin mempunyai permukaan yang lebih padat dibandingkan press tangan.

Balok dinding jenis ini memiliki ukuran dan model yang lebih bervariasi. Biasanya, balok dinding ini memiliki ukuran panjang 36-40 cm, tebal 8-10 cm, dan tinggi 18-20 cm. Bisa diperkirakan, kamu hanya membutuhkan 15 buah batako semen per meter persegi. Namun, balok semen lebih mahal dari tras jadi pertimbangkan dahulu dari segi bujetmu juga.

Pemasangan lebih cepat

hunker.com

Sama dengan batako tras, ukuran batako semen yang cukup besar mempercepat proses pemasangan. Kamu tidak perlu keluar tenaga lebih juga. Jadi, pemasangan balok dinding ini sangat cepat dibandingkan ketika memasang batu bata.

Kedap air

pinterest.com

Hal inilah yang membuatnya lebih baik karena batako semen kedap air. Dengan begitu, balok dinding ini sangat cocok dipakai sebagai dinding luar rumah dan ruangan lain yang sering terkena air. Dinding tidak akan cepat lembap dan kemungkinan air menyusup pun kecil. Ia pun tahan terhadap kondisi cuaca apa pun.

Lebih kuat

shutterstock.com

Karena ia tahan air dan lebih padat, batako semen tentu lebih kuat daripada batako tras. Balok dinding ini bisa jadi pelindung rumah yang baik. Akan tetapi, kemungkinan terjadi retak rambut tetap tidak bisa dihindari. Namun, retak rambutnya tidak separah batako tras.

Lebih baik batako tras atau semen?

shutterstock.com

Pertanyaan ini pasti sudah terngiang-ngiang di pikiran kamu. Sebenarnya, batako semen lebih direkomendasikan karena kemampuan dan ketahanannya yang lebih baik dari tras. Akan tetapi, kamu perlu pertimbangkan di mana kamu akan menggunakan batako tersebut. Misalkan apabila diletakkan di luar ruangan, gunakan batako semen karena ia tahan air. Nah, batako tras bisa kamu gunakan sebagai dinding dalam keadaan balok dinding ini sangat kering sehingga tidak mudah hancur saat pemasangan.

Untuk merekatkan antar balok batako, pilih pasir yang berkualitas premium dan bersih. Pemilihan pasir ini akan mengurangi potensi retak rambut pada batako. Terakhir, pasanglah saat musim kemarau tiba agar proses pemasangan lebih baik.

Batako bisa kamu temukan di toko bangunan terdekat. Pastikan bahwa kamu memilih jenis batako yang tepat untuk ruanganmu. Selamat memilih!

Sedang mencari furnitur berkualitas untuk rumahmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekourma, lho! Dekoruma jual rak buku, kursi tamu, rak dinding, hingga tempat tidur yang pastinya siap menghidupkan suasana rumahmu.

Kalau kamu baru saja memiliki sang buah hati, Dekoruma juga jual lemari anak, kursi anak, tempat tidur bayi, dan aneka furnitur anak lainnya untuk melengkapi kebutuhan si Kecil. Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!