Ruangan akan terkesan berantakan dan tidak terlihat estetik bila tembok tidak diberi cat atau hiasan apa pun. Selain alasan estetika ruangan, kehadiran cat tembok, terutama cat waterproof, membantu untuk mencegah kelapukan atau kebocoran pada tembok. Maka dari itu, tembok di dalam suatu ruangan harus diberi cat. Warna yang dipilih pun harus menyesuaikan gaya interior ruangan.

Tidak hanya menghasilkan polesan warna polos pada tembok, ada cara mengecat tembok lain yang bisa kamu terapkan untuk hasil yang berbeda. Cara mengecat tembok ini bisa dilakukan sendiri atau bersama teman-temanmu. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengecat tembok anti-mainstream yang bisa kamu pilih. Dijamin, hasilnya bakal super kece!

Gunakan roller cat tembok bermotif

pinterest.com

Tembok dengan warna cat rumah polos bisa kamu transformasi menjadi bermotif, lho. Cara mengecat tembok ini adalah dengan menggunakan roller cat bermotif. Pilih area tembok yang ingin kamu cat. Pastikan bahwa lantai dan perabotan sekitar tembok sudah kamu tutupi dengan kain atau koran.

Perlu diperhatikan, cara mengecat tembok jenis ini berbeda dari cara biasanya. Jika kamu biasa mengecat tembok dengan arah yang asal-asalan dari awal hingga akhir, kamu harus mengecat dengan arah yang sama dari awal hingga akhir.

Mulailah untuk mengecatnya secara simetris. Jika kamu memulai cara mengecat tembok dari arah atas ke bawah, lakukanlah teknik itu hingga akhir. Hal ini dilakukan agar motif pada tembok tidak berantakan.

Sapu jerami untuk beri garis

pinterest.com

Tidak hanya bermotif indah nan lucu, kamu bisa membuat tembok memiliki motif tanpa harus mengecatnya ulang. Untuk melakukan cara mengecat tembok ini, kamu hanya memerlukan sapu jerami. Mulailah cara mengecat tembok dengan cat polos terlebih dahulu menggunakan warna yang kamu pilih hingga beberapa lapis. Pada lapis terakhir, diamkan beberapa saat dan jangan terlalu lama supaya cat tidak kering.

Selanjutnya, gunakan bagian bawah sapu jerami dan pegang dengan kedua tanganmu hingga pipih. Tempelkan ujung bawah sapu jerami ke tembok yang bercat basah. Seret jerami dari atas ke bawah hingga membentuk garis lurus.

Lakukan cara mengecat tembok tersebut hingga akhir. Garis yang terbentuk tidak harus lurus. Cara mengecat tembok menggunakan sapu jerami ini akan menghasilkan tembok yang terlihat seperti wallpaper dinding tembok.

Spons untuk ilusi batu bata ekspos

youtube.com

Kamu bisa membuat batu bata ekspos pada tembokmu tanpa harus menjebol tembok dan membangunnya ulang. Alat yang dibutuhkan pada cara mengecat tembok ini adalah spons persegi panjang. Ukur lebar dan panjang spons, lalu sesuaikan dengan luas tembok yang akan dicat.

Pilih warna cat tembok yang menyerupai warna batu bata. Celupkan permukaan spons ke cat dan tempelkan ke tembok. Lakukan dengan teliti dan tenang agar motif batu bata eksposnya terlihat realistis. Dengan memilih cara mengecat tembok ini, tamu yang berkunjung ke rumahmu akan mengira bahwa tembokmu benar-benar menggunakan batu bata ekspos.

Motif bintang menggunakan kertas

pinterest.com

Cara mengecat tembok satu ini terbilang paling ekonomis. Selain menggunakan cat, kamu hanya memerlukan kertas dan kuas kecil. Mulailah cara mengecat tembok ini dengan menggambar motif bintang yang kamu pilih di kertas. Potong kertas bagian dalam sehingga membentuk cetakan bintang.

Tempel kertas cetakan menggunakan perekat yang bisa dilepas pada tembok. Cat tembok pada bagian kertas yang berlubang dengan rapi. Agar cara mengecat tembok ini menghasilkan motif yang enak dipandang mata, buat motif bintang tersebut dengan jarak yang kurang lebih sama satu sama lainnya.

Mozaik warna ombre menggunakan selotip

theprojectoryhandcrafts.com

Ragam cara mengecat tembok memang beragam. Salah satunya dengan menggunakan selotip. Penggunaan selotip bisa membantu kamu mendapatkan motif mozaik yang rapi pada tembok. Untuk mengawali cara mengecat tembok ini, siapkan selotip dan beberapa cat tembok berwarna senada. Tempelkan selotip membentuk pola mozaik yang kamu inginkan. Kemudian, cat bagian-bagian tembok yang sudah dipisahkan oleh selotip.

theprojectoryhandcrafts.com

Tunggu cat hingga mengering. Seusai itu, lepas selotip perlahan. Tara..! Jadilah tembok mozaik ombre. Kamu bisa berkreasi melakukan cara mengecat tembok ini dengan memilih warna atau mozaik lainnya. Jangan sampai kamu mengecat hingga keluar dari area tembok, ya.

Sebelum memulai cara mengecat tembok pilihanmu, pastikan kamu berdiri di ruang yang cukup leluasa dan lantai serta perabotan terdekat sudah ditutupi oleh kertas koran atau kain. Penutup berguna untuk melindungi lantai serta perabotan dari tetesan cat. Terakhir, jangan lupa juga untuk membersihkan tembok dari debu dan sarang laba-laba agar hasilnya lebih maksimal. Selamat mencoba kelima cara mengecat tembok di atas!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma bisa jadi tempat yang tepat, lho! Dekoruma jual meja makan, kursi kantor, sofa, bahkan jasa desain interior juga tersedia. Untuk kasur, Dekoruma jual kasur King Koil, Sleep Care, dan Comforta yang terkenal dengan kualitas dan harganya yang bersaing. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!