Berbicara soal teras, bagian dari rumah ini diidentikkan sebagai lokasi terdepan yang kerap dijadikan acuan first impression atau kesan pertama sebuah rumah. Alat transportasi juga sering ditaruh di bagian rumah ini. Hal ini nggak salah, kok.

Namun seiring berjalannya waktu, makna teras itu sendiri mulai berkembang menjadi suatu lahan kosong yang ada pada rumah atau hunian, baik itu di depan, di belakang, di samping atau di dalam rumah. Tak hanya sebagai ruang wajib atau parkir alat transportasi, teras berfungsi untuk melaksanakan ragam aktivitas bersama orang-orang tercinta.

pinterest.com

Terlebih, sekarang banyak rumah yang menerapkan konsep minimalis di mana konsep ini mengusung efektivitas penggunaan lahan dan fungsi rumah atau dalam kata lain prinsip less is more. Model teras rumah minimalis mulai digandrungi banyak orang. Selain terkesan lebih bersih, model teras rumah minimalis juga membuat rumah terlihat rapi. Pula, teras minimalis harus tetap mengusung unsur alami agar rumah tetap terlihat sehat.

Di bawah ini adalah beberapa inspirasi model teras rumah minimalis yang bisa kamu coba. Tenang, model teras rumah minimalis di bawah ini bisa kamu terapkan di rumahmu yang kecil sekalipun!

Bersantai di samping rumah dengan model teras minimalis ini

papercitymag.com

Nggak hanya di depan, kamu juga bisa menggunakan lahan samping rumah sebagai teras. Model teras rumah minimalis ini dihiasi dengan beberapa jenis tanaman daun hijau. Ubin berwarna abu-abu yang mirip dengan batuan alam ini makin membawa atmosfer natural. Jangan lupa untuk meletakkan lampu taman di tengah tanaman untuk memberi penyinaran tambahan pada malam hari.

Agar suasana rileks saat bersantai lebih terasa, nggak ada salahnya bila kamu menggunakan sofa pantai minimalis berwarna senada dengan ubin. Kaki sofa terlihat jelas pada model teras rumah minimalis ini agar kesan sempit pada teras ini hilang. Jika kamu kurang suka dengan kursinya, kamu bisa memilih furnitur lain yang sederhana dan benar-benar diperlukan.

Teras lebih adem dengan kehadiran kolam air mancur kecil

homeanddecor.com.sg

Air mancur menjadi atraksi utama dalam model teras rumah minimalis satu ini. Bukan air mancur yang besar, justru air mancur yang punya arus kecil ini membawa suasana tenang. Lantai di samping kiri kolam air mancur berupa keramik warna abu. Sisanya, lantai kayu memanjang ke depan menghiasi sisa lahan model teras rumah minimalis ini.

Saat tamu datang, ia akan disambut dengan model teras rumah minimalis berdinding putih polos dan berhiaskan tulisan huruf nomor rumah kamu. Pot bunga yang besar pun ikut meramaikan dinding polos tersebut. Model teras rumah minimalis ini memperbolehkan kamu untuk memarkirkan sepeda yang nggak terlalu merusak suasana tenang.

Lihat pemandangan hijau dari teras balkon rumah

tulumtreehouse.com

Buat kamu yang tinggal di wilayah perbukitan, model teras rumah minimalis ini sangat amat cocok kamu jadikan inspirasi. Supaya kamu bisa menikmati pemandangan hijau yang lebih memukau, ubah balkon rumahmu menjadi sebuah teras. Warna utama model teras rumah minimalis ini adalah broken white yang ada di dinding dan lantai.

luxnomade.com

Mengukti konsep minimalis natural, kursi yang digunakan oleh model teras rumah minimalis ini adalah kursi malas yang terbuat dari rotan kayu. Tak hanya itu

, coffee table
-nya pun berasal dari potongan batang kayu pohon. Jika kursi sudah penuh, kamu bisa bersantai di sofa yang diletakkan di tengah-tengah tembok. Habiskan waktu untuk merenung atau melakukan ragam kegiatan di teras balkon ini.

Model teras rumah minimalis dengan sentuhan retro

decoist.com

Beragam barang bisa dijadikan unsur gaya eksterior ruangan, salah satunya adalah boks kontainer. Pada model teras rumah minimalis ini, kontainer warna kuning ini jadi daya tarik utama teras belakang rumah. Kehadirannya memberikan sedikit sentuhan desain retro pada model teras rumah minimalis agar tidak terlalu kaku. Kesan natural pun ditambahkan dalam model teras rumah minimalis ini melalui kursi gantung di sebelah kanan.

decoist.com

Tak menghilangkan konsep minimalis secara keseluruhan, di samping kontainer terdapat kebun vertikal warna broken white untuk menaruh tanaman hias. Tempat duduk yang terlihat unfinished memberi aksen yang memukau. Tak lupa, rumput-rumput imitasi digelar di sepanjang lahan teras yang tersisa. Karena lahan yang luas, model teras rumah minimalis ini sangat cocok dipakai untuk kegiatan akhir pekan bersama keluarga, seperti membuat barbecue atau sekedar makan biasa.

Tak kepanasan berkat rerimbunan pohon di teras

lucianogiubbilei.com

Model teras rumah minimalis satu ini lebih cocok diaplikasikan di lahan belakang rumah. Teras belakang rumah ini terbilang cukup unik. Dindingnya terdiri dari dua unsur yang terkombinasi dengan sempurna, yaitu batang bambu dan ubin yang besar. Ubin juga digunakan pada lantai model teras rumah minimalis. Penggunaan ubin besar ini tidak akan memakan waktu banyak saat pemasangannya.

pinterest.com

Di sini, kamu bisa merasakan semilir udara pagi hari di bawah pohon yang ditanam dalam pot besar. Keberadaannya mampu menghalangi cahaya matahari masuk sehingga teras nggak terlalu panas. Sembari itu, kamu bisa duduk di sofa abu-abu muda.

Nah, itulah kelima model teras rumah minimalis yang bisa kamu jadikan inspirasi. Kombinasi gaya minimalis dan natural merupakan dua hal yang sering digunakan dalam model teras rumah minimalis. Hal ini terjadi karena rumah juga butuh tanaman hias atau hijau agar lebih sehat. Saat mengaplikasikannya, kamu harus sesuaikan dengan gaya arsitektur rumahmu. Selamat memilih!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma bisa jadi tempat yang tepat, lho! Dekoruma jual kabinet, kursi makan, sofa, dan lemari pakaian. Model dan ukurannya pun beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Selain furnitur, Dekoruma juga jual Fackelmann, yaitu merek peralatan masak berkualitas dengan bahan yang aman bagi kesehatan. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cari semua produk keperluan rumahmu di Dekoruma!