Sebaik-baiknya desain sebuah hunian adalah desain yang mengikuti karakter dan gaya hidup pemiliknya. Perkembangan zaman dan teknologi memengaruhi perubahan cara hidup masyarakat sekarang ini. Gaya hidup minimalis sebagai gaya hidup modern mengilhami kelima biro arsitektur asal Indonesia untuk menghasilkan desain hunian yang tertuang pada inspirasi rumah minimalis ini.

Melaui inspirasi rumah minimalis ini, Kania mengajak kamu untuk menelusuri desain hunian yang tidak hanya tampil estetik,namun juga menunjang kebutuhan pemilik, dan mampu menjawab sejumlah permasalahan yang ada.

Penasaran seperti apa? Yuk, langsung saja simak inspirasi rumah minimalis berikut ini!

1. Inset House

archdaily.com

Inspirasi rumah minimalis yang pertama dirancang langsung oleh tangan dingin Delution Architect. Posisi rumah yang menghadap ke arah barat menjadi permasalahan utama hunian ini.

Inspirasi rumah minimalis ini pun menggunakan fasad dengan secondary skin berupa kisi-kisi kayu sebagai solusinya. Selain berhasil menghalau paparan sinar matahari, elemen tersebut pun berhasil memanfaatkan potensi cahaya alami sebagai sumber penerangan di siang hari

archdaily.com

Selain secondary skin, teras depan rumah yang dirancang dengan konsep flying garden ala scandinavian house juga digunakan sebagai penghalau panas. Karena massa bangunan di lantai terlingkupi oleh jendela-jendela berukuran besar,pemandangan taman rumah yang indah pada inspirasi rumah minimalis ini pun langsung bisa dinikmati dari dalam ruangan.

archdaily.com

Elemen kayu terlihat membalut sebagian besar interior pada inspirasi rumah minimalis ini. Sentuhan gaya Skandinavia pun dihadirkan melalui pilihan furniturnya. Perpaduan warna netral tercermin dengan jelas, membaur dengan kehangatan elemen kayu.

Mandanila House

archdaily.com

Untuk meredam kebisingan yang datang dari luar bangunan sekaligus menciptakan privasi – kebetulan inspirasi rumah minimalis ini berhadap-hadapan langsung dengan bangunan sekolah dasar –  tim Somia Design memutuskan untuk melindungi sekeliling rumah minimalis ini dengan pagar roster.  

archdaily.com

Roster yang melingkupi bangunan menciptakan area transisi yang difungsikan sebagai taman tropis. Penerapan nuansa tropis juga dihadirkan pada interior inspirasi rumah minimalis ini melalui kesegaran tanaman hias, bukaan yang optimal, dan perpaduan warna tanah yang harmonis. 

archdaily.com

Inspirasi rumah minimalis ini terdiri dari dua massa bangunan, area penghubung kedua bangunan digunakan sebagai ruang santai yang tersusun dari meja bar berbahan semen unfinished yang terpasang pada jendela dilengkapi dengan kursi bar. Suasana taman tropis yang asri terasa langsung pada ruang santai ini.

Norhouse

archdaily.com

Banyak diliput berbagai media menjadikan Norhouse sebagai salah satu inspirasi rumah minimalis paling populer di tahun 2018 ini. Pembangunan rumah yang mengusung penggunaan material ringan galvalum ini ditangani langsung oleh firma Aaksen Responsible Aarchitecture.

archdaily.com

Dalam inspirasi rumah minimalis yang satu ini, nama Norhouse yang berati ‘cahaya’ dijadikan sebagai patokan untuk menyempurnakan keseluruhan desainnya. Tidak heran, baik pencahayaan alami maupun buatan pun dioptimalkan untuk menerangi setiap ruangan pada inspirasi rumah minimalis ini.

archdaily.com

Di atas lahan seluas 100 m2, inspirasi rumah minimalis ini tampil lengkap dengan berbagai fasilitas. Meski eksterior dan interiornya didominasi warna putih, ornamen yang muncul dari perpaduan warna netral, elemen kayu, dan lafaz Allah pun menjadi pesona khas tersendiri untuk inspirasi rumah minimalis ini

‘S’ House

archdaily.com

Simple Projects Architecture menerapkan penataan ruang (layout) sederhana pada inspirasi rumah minimalis yang terletak di kawasan perumahan elit Surabaya ini.

Berbeda dengan rumah-rumah di sekitarnya yang hadir dengan desain interior yang kompleks, konsep penataan ruang yang simpel dan efisien pada inspirasi rumah minimalis ini disesuaikan dengan gaya hidup pemiliknya yang ingin serba praktis.

archdaily.com

Meski begitu luas lahan yang ada ternyata cukup terbatas untuk memenuhi banyaknya kebutuhan ruang pemilik rumah. Inspirasi rumah minimalis ini pun menghilangkan sebagian besar sekat ruangan di lantai dasar dan memilih konsep open plan sebagai solusinya.

Selain itu, penggunaan furnitur pada rumah ini juga disesuaikan dengan konsepnya, seperti model sofa minimalis, meja ruang tamu kecil, dan sebagainya. Tak lupa, kehadiran taman di samping rumah juga memberikan sensasi kenyamanan baru pada inspirasi rumah minimalis ini.

Kiri House

archdaily.com

Nama ‘Kiri House’ diberikan pada inspirasi rumah minimalis ini karena arah hadap bangunannya yang lebih condong ke kiri. Kiri House sendiri dibangun di atas lahan seluas 98 m2, namun hadir dengan kelengkapan ruang dan aneka fasilitas yang mampu mengakomodasi kebutuhan pemiliknya. 

archdaily.com

Desain interior yang kompak diaplikasikan pada inspirasi rumah minimalis ini tidak lain karena sebagian besar waktu pemiliknya dihabiskan untuk bekerja di rumah.

Smart furniture
pun digunakan agar setiap ruang dapat berfungsi sebagai area kerja.

Tidak ketinggalan, perpaduan warna yang ditampilkan pada inspirasi rumah minimalis ini didasari oleh karakter personal pemiliknya. Meski terbatas luasnya, sang arsitek, Atelier Riri, tetap menyelipkan ruang terbuka di samping rumah.

archdaily.com

Itulah kelima pilihan inspirasi rumah minimalis dari Kania, semoga dapat memberikan ide baru untukmu dalam membangun rumah minimalis impian. Siapa tahu, hunian milikmu akan menjadi salah satu inspirasi rumah minimalis bagi banyak orang. 

Sedang mencari jasa desain rumah impian? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Desainnya multifungsi, efisien, dan bisa selesai dalam delapan minggu.

Selain jasa desain rumah, ada juga berbagai jenis furnitur dengan kualitas terbaik. Dekoruma jual meja kerja, kursi makan, sofa, rak buku, dan meja belajar dengan model serta ukuran yang beragam. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!