Saat liburan ke luar negeri, sebagian besar wisatawan menyempatkan diri untuk mengunjungi salah satu landmark keren yang terdapat di negara tersebut. Bagaimana dengan Indonesia? Ternyata Indonesia juga punya banyak koleksi bangunan bersejarah yang terdapat di hampir semua provinsi, lho!

Tak perlu jauh-jauh, kamu bisa mendatangi bangunan bersejarah di Indonesia untuk sekadar belajar ataupun mencari inspirasi yang akan dituang pada konsep hunian. Sebagai informasi, Kania juga akan mengulas sejumlah bangunan bersejarah di Indonesia yang bisa kamu datangi saat musim liburan mendatang!

Istana Maimun

youtube.com

Terletak di Sumatera Utara, Istana Maimun merupakan bangunan ikonik yang terdapat di kota Medan. Didirikan oleh Sultan Mahmud Al Rasyid, Istana Maimun dirancang oleh arsitek kenamaan asal Italia dengan memadukan budaya Islam, Melayu, India, Spanyol dan Italia. Selain sangat unik, bangunan bersejarah di Indonesia yang satu ini juga sangatlah atraktif, berdetail rumit dan berwarna dinamis.

Gedung Sate

google.com

Untuk kamu yang berlibur ke kota Bandung, kamu juga wajib menyempatkan diri untuk mengunjungi Gedung Sate. Berdiri sejak tahun 1920, Gedung Sate memiliki ciri khas unik melalui ornamen enam tusuk sate yang berada di atas menara sebagai lambang dari penggunaan budget sebesar 6 juta Gulden saat pembuatannya.

Saat ini, Gedung Sate masih berdiri kokoh dan megah untuk difungsikan sebagai pusat pemerintahan Jawa Barat. Hal menarik lainnya, Gedung Sate juga dibangun oleh lebih dari 2.000 pekerja multi etnis, termasuk pemahat batu dan tukang kayu yang sangat terampil dari Tiongkok.

Lawang Sewu

blogspot.com

Lawang Sewu memiliki arti seribu pintu dalam bahasa Jawa. Hal ini memang tertuang pada banyaknya pintu pada bangunan yang telah berdiri sejak tahun 1907 ini. Terletak di Semarang, Lawang Sewu terdiri dari tiga bangunan bergaya arsitektur Belanda yang sangat unik dengan ukuran pintu dan jendela yang dibuat begitu tinggi dan lebar, serta ornamen berupa kaca besar berlukiskan dua wanita Belanda yang sangat eksotis dan indah.

Gereja Katedral

google.com

Terletak di Jakarta, bangunan setinggi 60 meter ini sangatlah megah dengan arsitektur neo-gotik yang tentunya begitu mencolok sehingga kamu tak akan sulit menemukannya. Bangunan bersejarah di Indonesia ini mulai dibangun pada tahun 1891 untuk menggantikan gereja lama yang sebelumnya runtuh, diresmikan dengan nama De Kerk van Onze Lieve Vrowe ten Hemelopneming dengan biaya pembangunan mencapai 628.000 gulden dari hasil pengumpulan dana jemaat seluruh Indonesia.

Kelenteng Sam Po Kong

blogspot.com

Terletak di daerah Simongan, Kota Semarang, bangunan bersejarah di Indonesia yang satu ini juga terkenal dengan sebutan Gedung Batu karena bentuknya yang menyerupai gua besar. Kelenteng ini memiliki nilai historis yang tinggi karena menjadi tempat petilasan Laksamana Cheng Ho dari Tiongkok yang kini digunakan sebagai tempat pemujaan dan peringatan. Mengusung arsitektur khas dari perpaduan budaya Tiongkok dan lokal, tentunya kamu wajib mengunjungi Kelenteng Sam Po Kong saat berwisata ke Semarang!

Fort Rotterdam

blogpost.com

Fort Rotterdam merupakan benteng megah yang terletak di Sulawesi Selatan. Bangunan bersejarah di Indonesia yang satu ini mengusung gaya arsitektur era 1600-an ala Portugis dan berupa peninggalan dari Kesultanan Gowa-Tallo yang pernah berjaya pada abad ke-17. Terletak tak jauh dari Pantai Losari, kamu tak akan sulit menemukan bangunan ini karena arsitekturnya sangat mencolok dengan ketebalan tembok mencapai dua meter dan begitu menjulang dengan tinggi mencapai lima meter.

Masjid Istiqlal

tripadvisor.com

Masjid Istiqlal merupakan representasi dari keragaman agama di Indonesia karena dirancang oleh arsitek bernama Frederich Silaban yang merupakan seseorang protestan. Masjid Istiqlal berada di pusat Jakarta dan mulai dibangun pada tahun 1951 dengan menerapkan gaya arsitektur Islam modern dan minimalis berbentuk geometri dan menggunakan material seperti marmer dan baja anti karat sehingga kokoh, sederhana dan sangat sesuai dengan iklim tropis di Indonesia.

Selain bangunan di atas, Indonesia juga memiliki bangunan bersejarah dan ikonik lain yang wajib kamu datangi saat berlibur. Temukan inspirasi unik lain dari Kania melalui artikel yang update setiap harinya hanya di Dekoruma!

Kamu sedang mencari dekorasi dan furnitur kekinian untuk hunianmu? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Dekoruma jual jam dinding, tirai, sofa, rak tv, meja makan, dan masih banyak lagi. Untuk kualitasnya pun tidak perlu diragukan karena Dekoruma selalu mengutamakan yang terbaik,

Selain itu, Dekoruma juga menyediakan beragam jenis kasur untuk kebutuhan tidurmu, lho! Dekoruma jual spring bed Serta, King Koil, The Luxe, dan merek-merek kasur ternama lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kepoin laman Dekoruma!