Jika kamu tengah dalam proses membangun rumah impianmu, istilah beton bertulang pasti akan cukup familiar. Apalagi jika rumah yang tengah kamu bangun  merupakan rumah bertingkat, maka penggunaan beton dandak beton bertulang mungkin wajib ada dalam konstruksi hunianmu.

Tapi, apa sebenarnya itu konstruksi beton bertulang? Dan bagaimana pengunaan serta fungsinya dalam keseluruhan struktur bangunan hunianmu? Yuk, kenali lebih banyak mengenai beton bertulang!

Apa Itu Beton Bertulang?

blogspot.com

Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai beton bertulang, ada baiknya kenali terlebih dahulu pengertian dari beton. Beton adalah konstruksi campuran dari pasir, kerikil ataupun batu pecah, dengan semen dan air. Meskipun memiliki kekuatan tekan yang tinggi, sayangnya material beton memiliki kekuatan tarik yang rendah sehingga akan sangat mudah retak bahkan hancur saat ada tegangan tarik akibat beban, susut, hingga perubahan temperatur.

Untuk memberikan kekuatan tarik pada beton, maka digunakanlah tulangan baja pada bagian dalam beton yang mampu memberikan kekuatan tarik yang tak dimiliki beton. Konstruksi inilah yang kemudian dinamakan dengan konstruksi beton bertulang.

Keunggulan Penggunaan Beton Bertulang

google.com

Setelah mengetahui definisi dari beton bertulang, berikut adalah beberapa keunggulan dari penggunaan konstruksi beton bertulang pada bangunan yang perlu kamu ketahui.

Meskipun konstruksi beton lemah terhadap beban tarik, kekuatan tekan yang dimiliki oleh beton bertulang lebih tinggi daripada material konstruksi lainnya. Ditambah kehadiran tulangan baja guna menanggulangi masalah pada kekuatan tarik membuat konstruksi beton bertulang lebih kokoh dan cenderung memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan material konstruksi lainnya.

Material beton bertulang menjadi primadona konstruksi salah satunya karena daya tahan yang sangat baik terhadap air dan juga api. Umumnya saat terjadi kebakaran dan juga banjir, material beton yang padat mampu melindungi tulangan pada beton bertulang dari api dan air sehingga umumnya kerusakan hanya akan terjadi pada bagian permukaan saja.

google.com

Dibandingkan konstruksi lainnya, konstruksi beton bertulang juga unggul dalam hal perawatan. Tak cuma mudah dan praktis, biaya pemeliharaan dari konstruksi beton bertulang juga relatif lebih rendah menjadikannya termasuk konstruksi yang umum digunakan pada rumah-rumah modern yang mengutamakan kemudahan dalam hal pemeliharaan.

Konstruksi beton bertulang juga memiliki durabilitas yang tinggi. Kontruksi ini terkenal akan keawetannya dan tahan lama dibandingkan dengan bahan lain. Umumnya struktur beton bertulang mampu digunakan dalam jangka waktu yang lama. Apalagi, kandungan kimia dalam semen pada beton justru cenderung akan semakin membatu (kuat) seiring bertambahnya usia dari konstruksi beton.

Dalam hal desain, fleksibilitas dalam pengolahan bentuk beton bertulang memungkinnya untuk dirancang sesuai dengan estetika desain yang diinginkan pada bangunan. Selain sebagai struktur, pengolahan bentuk beton bertulang juga bisa digunakan untuk mengeksplorasi bentuk dari fasad rumah atau bangunan.

google.com

Dari segi biaya pembangunan, konstruksi beton bertulang yangdibuat dari bahan-bahan lokal seperti pasir, kerikil, air dan bahan lainnya menjadikan konstruksi beton bertulang cukup ramah di kantong. Nggak cuma biaya bahan pembuatan dan instalasi konstruksi beton bertulang lebih mudah dan cukup dengan tenaga berkeahlian rendah juga menjadikan biaya pengerjaan juga relatif lebih rendah.

Kini kamu semangkin memahami bukan bagaimana peran dan pentingnya kehadiran konstruksi beton bertulang pada bangunan rumahmu. Dengan memahami fungsi dan cara kerja dari beton bertulang, tentu rancangan rumah tak hanya akan lebih kokoh, kamu juga bisa mengolah lebih banyak bentuk dan eksplorasi desain yang tak hanya menarik secara tampilan, tapi juga benar secara struktur.

Sedang mencari perlengkapan untuk hunianmu? Dekoruma tempat yang tepat! Selain menyediakan furnitur, Dekoruma juga jual alat kebersihan, alat memasak, dan aneka alat rumah tangga lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma dan cari semua kebutuhan rumahmu!