Sebelumnya tanaman suplir pernah begitu populer dikalangan pecinta tanaman hias. Seiring dengan perubahan tren dan gaya desain baik untuk taman maupun hiasan interior yang semakin simpel, pesona tanaman suplir pun mulai tergantikan dengan tanaman hias lainnya.

Karakter daunnya yang rimbun dan meneduhkan membuat tanaman suplir kembali digemari, terutama untuk yang memiliki hunian di wilayah panas dan berpolusi tinggi. Tanaman suplir menjadi solusi memberi kesejukkan di luar dan di dalam rumah.

apartmenttherapy.com

Terdapat 200 jenis tanaman hias suplir di dunia. Tidak semua tanaman suplir bisa dibudidayakan secara langsung di lingkungan tinggalmu. Beberapa hanya bisa tumbuh di habitat aslinya, lalu tanaman suplir jenis apa yang cocok dijadikan tanaman hias dan bagaimana, sih, cara perawatannya?

Karakteristik tanaman suplir dan habitat aslinya

pinterest.com

Tanaman suplir sendiri termasuk kelompok tumbuhan paku yang dikenal dengan nama ilmiah Adiantum. Pada tangkai hitamnya yang tipis,daun-daun kecil tumbuh saling menumpuk. Berbeda dari jenis tumbuhan paku lainnya yang khas dengan bentuk daun yang memanjang atau runcing, tanaman suplir memiliki bentuk daun yang membulat dan bergelombang seperti kipas.

Tanaman suplir memperbanyak diri melalui spora. Kerap kali tanaman suplir ditemukan di alam liar, terutama di wilayah dengan tingkat kelembapan yang tinggi seperi hutan tropis, sungai, dan air terjun.

Jenis tanaman suplir untuk tanaman hias

pinterest.com
Daun tanaman suplir yang rimbun jelas menyejukkan mata. Tidak heran, tanaman suplir kerap diletakkan di teras rumah sebagai tanaman hias. Terdapat berbagai jenis tanaman suplir yang digunakan untuk mempercantik tampilan rumah, di antaranya adalah jenis Adiantum cudatum, Adiantum raddianum, Adiantum tenerum, Adiantum hispidum, dan Adiantum diaphanum.

shutterstock.com

Tanaman suplir dikenal sangat sensitif terhadap perubahan suhu di lingkungan ia tumbuh, tapi beberapa jenis tanaman suplir tersebut cukup toleran terhadap perubahan tingkat kelembapan sehingga bisa dipelihara dirumah. Kelima jenis tanaman suplir tersebut juga aman untuk binatang peliharaan karena tidak mengandung racun yang berbahaya.

Menghias rumah dengan tanaman suplir

apartmenttherapy.com

Jika ingin menjadikan tanaman suplir sebagai tanaman hias indoor, letakkan di tempat yang cukup lembab. Untuk kebutuhan cahaya matahari, tanaman suplir menyukai sinar matahari di pagi dan sore hari, namun daunnya beresiko berubah kecoklatan jika terpapar sinar matahari di siang hari.

pinterest.com

Idealnya tanaman suplir dihadapkan ke arah barat atau selatan saat  diletakkan di dalam rumah. Bila dibudidayakan di luar rumah, pastikan tanaman suplir terlindungi oleh pohon atau tanaman hias yang lebih besar. Percantik tampilannya dengan wadah tanaman yang unik, seperti wadah terarium dan bola lumut kokedama.

Media tanam tanaman suplir

shutterstock.com

Tanaman suplir memiliki akar serabut yang memerlukan media tanam yang tepat untuk bisa terus tumbuh dan bertahan lama. Akar tanaman suplir sangat peka terhadap kondisi media tanam yang terlalu basah atau kering, begitupun dengan kondisi yang terlalu asam atau basa.

Salah memilih media tanam maka pertumbuhan tanaman suplir bisa terhambat atau bahkan membuatnya layu dan mati.

shutterstock.com

Media tanam untuk tanaman suplir hendaknya bersifat poros atau mudah dialiri air, memiliki Ph ideal 5-6, dan kaya akan unsur hara dan nutrisi. Gunakan campuran tanah, sekam padi, kapur dolomit, dan pupuk kandangs sebagai media tanamnya.

Pastikan pupuk kandang yang dipakai telah matang atau sempurna fermentasinya. Tempatkan dalam pot atau wadah dengan lubang udara dibawahnya.

Perawatan tanaman suplir

shutterstock.com

Dalam perawatannya, pastikan komposisi bahan organik dalam media tanam tetap terjaga. Tambahkan pupuk organik sebulan sekali untuk meningkatkan kadar nitrogen, fosfor, dan kalium yang baik untuk pembentukkan spora tanaman suplir.

Air hujan dan air keran dapat dipakai untuk menyiram tanaman suplir, namun periode penyiraman tanaman suplir bergantung dengan tingkat kelembapan tanahnya. Karena pertumbuhannya cukup pesat, kamu perlu melakukan repotting atau penggatian pot tanaman suplir secara berkala.

Dalam memelihara tanaman suplir memang diperlukan kecermatan dan perhatian yang lebih. Namun, daunnya yang rimbun menjamin rumah jadi tampil lebih asri dan sejuk.

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma jual kursi bar, meja makan, lemari pakaian, dan lainnya. Selain furnitur, ada juga dekorasi. Dekoruma jual bingkai foto, cermin, dan poster kanvas.  Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!