Merancang interior design kamar anak bisa jadi pekerjaan yang susah-susah gampang. Berbeda dengan desain kamar untuk orang dewasa, saat memilih desain kamar anak, konsep desain dan kebutuhan yang berbeda juga akan menjadi tantangan tersendiri. Namun, kamar anak minimalis kerap menjadi pilihan saat mendesain kamar si kecil.

Umumnya, kamar anak dianggap hanya akan digunakan dalam jangka waktu pendek karena dia akan cepat tumbuh besar. Padahal, mengadopsi desain kamar anak minimalis justru dapat memperpanjang rentang waktu penggunaan kamar sehingga tetap cocok bagi si kecil yang mulai menginjak usia remaja hingga dewasa.

Tak hanya desain, penggunaan furnitur minimalis pun perlu dipertimbangkan. Tempat tidur serta kasur pun harus mampu menopang tubuh si kecil seiring berjalannya waktu.

Tertarik dengan desain kamar anak minimalis? Yuk, intip kreasi berbagai desain kamar anak minimalis yang bisa kamu tiru untuk kamar si kecil!

Minimalis yang Tematik

mykarmastream.com

Umumnya, desain kamar anak identik dengan tema-tema yang menarik dan kuat. Kamar anak minimalis umumnya pasti akan terkesan terlalu simpel dan membosankan bagi si kecil. Sayangnya seiring dewasanya anak, tema yang menarik pun kemudian tak lagi disukai si kecil.

Namun, jika kamu menyederhanakan tema tersebut, kamu bisa membuat kamar anak minimalis yang tematik namun tetap bisa terlihat dewasa saat tema tersebut tak lagi disukai si kecil.

Tempat Tidur Tingkat untuk Kakak Beradik

amadoukienou.com

Bagi si kecil yang bersaudara, tak ada salahnya menghadirkan tempat tidur tingkat, masih dalam desain kamar anak minimalis yang mengutamakan efisiensi ruang. Desain tempat tidur tingkat minimalis ini bisa kamu eksplorasi guna membuat suasana ruang kamar anak minimalis bisa terasa lebih dinamis, meskipun dibalut dalam gaya modern minimalis.

Karena bergaya modern minimalis, hadirkan furnitur-furnitur yang benar-benar diperlukan saja. Beberapa di antaranya adalah kursi anak, meja, rangka tempat tidur, rak dinding, dan lemari pakaian.

Konsep Putih Bersih

shutterstock.com

Konsep desain minimalis identik dengan minimnya penggunaan warna. Maka dari itu, untuk mewujudkan desain kamar anak minimalis, cara paling mudah adalah dengan menghapus penggunaan warna-warna yang cenderung hadir pada desain kamar anak. Dengan begitu, warna putih menjadi warna yang mendominasi ruangan ini dan diaplikasikan pada furnitur penting seperti dipan dan meja komputer.

Desain kamar anak minimalis serba putih ini dapat dilengkapi dengan dekorasi kamar berwarna kontras yang akan buat kamar anak tetap terasa cerah dan hidup.

Tetap Playful dengan Karakter

decorilla.com

Meski mengadopsi desain kamar minimalis, bukan berarti kamu tidak bisa mengeksplorasi desain kamar anak minimalis yang lebih berani.

Jika memang ada konsep dan ide tertentu yang ingin kamu aplikasikan, jangan pernah takut untuk menyederhanakannya sehingga tetap cocok dengan konsep desain kamar anak minimalis tanpa sedikit pun mengurangi kesan playful yang dihadirkannya. Jangan lupa untuk menghadirkan furnitur-furnitur esensial seperti tempat tidur bayi bila masih balita atau tempat tidur biasa, meja belajar anak, hingga lemari anak.

Cermin Kepribadian Si Kecil

shutterstock.com

Walaupun dibalut dengan gaya interior minimalis, jangan biarkan desain kamar anak minimalis milikmu tidak memiliki konsep yang kuat. Eksplorasi bentuk dasar dan warna-warna dasar bisa menjadi senjata kamu untuk menciptakan komposisi desain kamar anak yang mencerminkan kepribadiannya.

Namun, desain kamar anak minimalis tetap harus diolah sesuai dengan tema dan konsep yang kamu anggap cocok bagi si kecil. Contohnya pada gambar di atas. Sisi minimalis terlihat pada kasur lantai yang diletakkan di atas rangka berbentuk rumah dan penggunaan furnitur esensial saja. Boneka, karpet bermotif, dan perlengkapan kamar tidur lain bisa dijadikan elemen untuk mencerminkan kepribadian si kecil

Palet Warna Senada

roohome.com

Desain kamar anak memang identik dengan warna-warna cerah. Penggunaan terlalu banyak warna putih kerap menjadi pilihan terakhir orang tua saat menentukan cat kamar anak atau desain perlengkapan kamar.

Dalam mewujudkan desain kamar anak minimalis, kamu juga tidak memiliki batasan kaku dalam memilih palet warna. Memberikan sentuhan warna lain dengan palet warna netral juga mampu menjadi komposisi warna yang baik untuk kamar si kecil yang minimalis.

Elemen Kayu untuk Hadirkan Kehangatan

pinterest.com

Selain warna, kamu juga bisa memberikan sentuhan tekstur pada elemen-elemen tertentu di kamar anak minimalis yang tengah kamu rancang. Salah satunya adalah tekstur kayu. Kehadiran tekstur kayu cocok untuk memberikan suasana yang lebih hangat dan homey pada kamar anak.

Meskipun dengan konsep minimalis, kamu tidak harus terpaku dengan desain kamar anak minimalis yang biasa saja atau cenderung monoton. Saat memilih desain kamar anak minimalis, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan jasa desain interior agar dapat memaksimalkan kamar anak minimalis yang akan digunakan si kecil.

Temukan beragam dekorasi dan furnitur untuk hunianmu di Dekoruma! Dekoruma jual kursi, meja, tempat tidur, bahkan jasa pembuatan lemari custom juga tersedia. Ada juga dekorasi menarik dalam ragam variasi, seperti vas bunga, lukisan, dan cermin.

Selain itu, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual kasur Dunlopillo, kasur King Koil, kasur Lady Americana, dan kasur The Luxe. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!