Kegiatan bersih-bersih rumah merupakan pekerjaan rumah tangga yang menguras tenaga dan waktu. Rumah yang seratus persen bersih dan terbebas dari kuman perlu dibersihkan secara menyeluruh sampai ke sudut-sudut rumah yang tidak tersentuh, dan tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

shutterstock.com

Sebagai alat pembersih elektronik, vacuum cleaner mempercepat proses bersih-bersih rumah sekaligus membuat rumah tampil lebih bersih. Tidak semua kotoran yang menempel dapat dibersihkan oleh sapu, lap, dan kain pel, terlebih untuk bulu-bulu hewan peliharaan. Vacuum cleaner dapat menghisap segala jenis kotoran baik yang terdapat dipermukaan maupun terselip di tempat sempit.

Terdapat beberapa jenis vacuum cleaner yang bisa diandalkan untuk kegiatan bersih-bersih rumah. Masing-masing memiliki desain dan fitur andalan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan hunianmu. Simak artikel berikut agar kamu tidak salah saat membeli vacuum cleaner.

1. Upright Vacuum Cleaner

shutterstock.com

Alat kebersihan penghisap debu jenis upright ini merupakan model vacuum cleaner yang pertama kali muncul. Bentuknya lurus dan tegak dengan bagian mesin penghisap dan kantung debu yang menyatu di bagian bawah. Mekanisme penggunaanya masih mengandalkan gaya tekan, apalagi ukurannya yang cukup besar membuat vacuum cleaner ini lebih berat saat digunakan.

shutterstock.com

Namun, vacuum cleaner ini memiliki daya hisap kotoran yang kuat sehingga mampu membersihkan lantai dan karpet secara maksimal. Tidak hanya itu, sistem filternya yang berlapis menjebak setiap debu dan partikel kecil sehingga tidak ada lagi yang dikembalikan ke udara.

Kapasitas kantung debunya yang cukup besar juga menguntungkan saat membersihkan beberapa ruangan di rumah dalam satu waktu.

2. Canister Vacuum Cleaner

shutterstock.com

Jenis penghisap debu ini merupakan salah satu yang terbaik. Terdiri dari dua bagian, yaitu tangki penampung debu dan selang penyedot, desain vacuum cleaner ini dirancang dengan kompak sehingga fleksibel untuk digunakan.

Jangkauan selangnya yang cukup panjang memudahkan kamu untuk bergerak keseluruh ruangan. Daya hisap yang kuat serta kapasitas tampungan debu yang cukup besar membuat vacuum cleaner ini cocok digunakan untuk membersihkan ruangan yang luas.

shutterstock.com

Tidak hanya memiliki sikat penyedot kotoran di karpet, vacuum cleaner ini juga dilengkapi dengan osilator pembersih lantai. Perawatan vacuum cleaner jenis canister terhitung mudah kareana bagian-bagiannya dapat dengan mudah dilepas dan dibersihkan.

3. Handheld Vacuum Cleaner

shutterstock.com

Hanya dalam genggaman rumah bisa bersih seketika. Perumpamaan ini tepat diberikan kepada penghisap ruangan model genggam atau handheld vacuum cleaner. Karena desainnya yang praktis, kamu bisa menjangkau sudut-sudut ruangan sampai ke sela-sela sofa dan rak. Tidak jarang, banyak yang menggunakan vacuum cleaner jenis handheld untuk membersihkan bagian dalam mobil.

Tidak seperti vacuum cleaner jenis lain yang terasa berat saat digunakan, distribusi berat handheld vacuum cleaner tertumpu pada bagian tangan sehingga mempermudah penggunanya saat mengerakkan penghisap debu ini.

shutterstock.com

Selain itu, teknologi noozle yang terbenam pada vacuum cleaner ini mampu menyedot debu-debu halus dan bulu hewan peliharaan dengan maksimal. Untuk menyimpan vacuum cleaner ini juga tidak dibutuhkan ruangan khusus, ia bisa diselipkan atau digantung di sisi ruangan.

Sayangnya, vacuum cleaner ini memiliki kapasitas yang kecil sehingga debu dalam kantung penampungnya perlu dikosongkan berulang kali.

4. Stick Vacuum Cleaner

shutterstock.com

Stick vacuum cleaner  memiliki desain yang ramping dan ringan layaknya gagang sapu. Bentuknya pun cukup panjang sehingga bisa menjangkau tempat-tempat baik secara horizontal maupun vertikal. Bagian kepala vacuum cleaner ini dilengkapi sikat penghisap yang halus sehingga aman digunakan untuk permukaan furnitur dan lantai kayu.

shutterstock.com

Berbeda dain vacuum cleaner lainnya, stick vacuum cleaner biasanya tidak menimbulkan suara bising sehingga kamu bisa membersihkan rumah tanpa mengganggu orang-orang di sekitarmu. Kekurangannya, vacuum cleaner ini tidak dilengkapi dengan sistem filtrasi dan daya hisap yang mumpuni. Hasilnya tidak sebersih seperti menggunakan vacuum cleaner lainnya.

5. Robotic Vacuum Cleaner

shutterstock.com

Vacuum cleaner yang dilengkapi dengan teknologi otomatisasi ini pas untuk kamu yang mendambakan kemudahan saat membersihkan rumah. Tidak perlu mengeluarkan banyak energi, kamu tinggal berleha-leha dan rumah pun bersih dengan sendirinya. Robotic vacuum cleaner bahkan memungkinkan kamu untuk mengontrol penggunaannya dari jauh.

shutterstock.com

Bentuknya yang pipih menjangkau debu-debu yang terselip di bagian bawah sofa dan lemari. Beberapa merek melengkapi vacuum cleaner ini dengan fitur pre-scent filter yang mengeluarkan wangi untuk mengusir bau tidak sedap. Namun, harganya masih terbilang sangat mahal dan belum banyak juga produsen atau distributor yang menjual vacuum cleaner ini.

Bentuk desain dan kelengkapan fitur menentukan seberapa efektif dan praktis sebuah vacuum cleaner menyedot debu dan kotoran yang ada di rumah. Dari kelima jenis vacuum cleaner ini yang mana yang paling sesuai dengan kebutuhan hunianmu?

Temukan ragam furnitur dan dekorasi rumah dengan harga bersahabat hanya di Dekoruma! Dekoruma jual kursi makan, meja TV, sofa, lemari pakaian, meja kerja, dan rak display.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual kasur Florence, King Koil, Lady Americana, dan Dunlopillo. Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!

Khusus buat kamu yang sedang mencari hunian baru, kamu bisa kunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak sekali pilihan rumah ataupun apartemen untuk kebutuhan tempat tinggalmu. Lokasinya pun tersebar di berbagai daerah di Jabodetabek. Kamu bisa menemukan rumah dijual di BSD, rumah baru di Depok, dan apartemen di Jakarta Barat. Tunggu apa lagi? Segera wujudkan hunian impianmu karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!