Atap merupakan pelindung hunian dari terpaan hujan dan sinar matahari yang membara. Selain mempercantik tampilan eksterior hunian, kamu pun harus memastikan bahwa genteng terbuat dari material dengan kualitas baik dan dilapisi cat genteng yang tepat sehingga memberikan jaminan durabilitas jangka panjang.

Selain memilih material genteng yang pas, kamu pun harus memilih cat genteng terbaik yang tak hanya menghasilkan finishing dengan tampilan sesuai keinginan kamu, namun juga sesuai dengan material dasar genteng sehingga lebih optimal dalam memberikan perlindungan.

Melalui artikel ini, Kania akan membagikan tips yang bisa kamu lakukan untuk memilih cat genteng terbaik sebagai jaminan ketahanan dan perlindungan dari kerusakan. Nah, apa saja cat genteng yang bisa kamu gunakan?

Styrene Acrylic

moneypit.com

Pilihan pertama, kamu bisa memilih cat genteng yang mengandung formula styrene acrylic. Kandungan yang satu ini memiliki kemampuan yang baik untuk melindungi permukaan genteng dari pengaruh cuaca, termasuk memberikan perlindungan maksimal terhadap jamur dan lumut, serta menghasilkan finishing glossy pada genteng di hunian kamu. Adapun, penggunaan cat genteng ini tak hanya dipakai pada genteng tanah liat saja, melainkan juga genteng beton dan atap asbes.

Alkyd Synthetic

bergerpaintsintl.com

Kamu juga bisa memilih cat genteng yang dibuat dengan formulasi alkyd synthetic. Memiliki karakter yang cukup kuat dengan finishing glossy, cat ini juga memiliki ketahanan yang baik terhadap jamur dan cuaca. Nah, selain dipakai sebagai cat genteng pada material atap tanah liat atau beton, cat dengan bahan utama alkyd synthetic juga bisa dipakai untuk mewarnai permukaan kayu dan besi.

Zinc Chromate Primer

premierxteriors.com

Beberapa rumah minimalis kini mulai meninggalkan penggunaan genteng tanah liat dan menggantinya dengan genteng metal karena dinilai memiliki ketahanan yang lebih baik. Khusus untuk genteng metal, sebaiknya kamu memakai cat genteng yang mengandung bahan dasar zinc chromate, di mana kandungan ini dapat melindungi genteng logam dari korosi sehingga awet dipakai dalam jangka panjang.

Acrylic Resin

nutechpaint.com.au

Alternatif lain, kamu bisa menggunakan cat genteng yang mengandung bahan dasar resin akrilik. Cat ini dapat kamu aplikasikan secara langsung di atas genteng beton, asbes, ataupun genteng tanah liat, memiliki lapisan film yang keras, ketahanan yang baik, dapat kering dengan cepat dan menghasilkan finishing glossy.

Cat Waterproof

shutterstock.com

Sesuai namanya, cat genteng yang satu ini memiliki kekuatan antibocor, serta dapat digunakan sebagai cat dasar untuk menutup retak rambut pada genteng. Bersifat kedap air, antijamur, antialkali, antileleh, serta elastis, cat genteng waterproof bisa digunakan pada atap seng, asbes, kayu, beton ataupun genteng tanah liat.

Vernis Thinner

bestroof.com.au

Cat genteng vernis dibuat dari bahan dasar solvent base (thinner). Jenis cat ini memberikan hasil akhir kilap yang menawan dan memiliki ketahanan yang prima terhadap cuaca. Selain itu, cat genteng juga memiliki kelebihan untuk mengurangi debu yang menempel sehingga genteng di hunian akan selalu tampak mengkilap dan bersih, serta menjaga warna dasar genteng supaya tidak mudah luntur.

shutterstock.com

Tentunya, cat genteng memiliki kandungan yang berbeda ketimbang cat dinding ataupun cat furnitur karena harus memiliki kemampuan untuk melindungi atap supaya awet dengan tampilan warna yang tidak cepat pudar meskipun terkena paparan sinar matahari ataupun hujan.

Selain memilih warna cat genteng yang sesuai dengan konsep hunian dan menyesuaikannya dengan material atap, pastikan kamu memperhatikan kandungan yang terdapat di dalam cat genteng, ya!

Ingin mengganti furnitur di rumahmu dengan yang baru? Kamu bisa menemukan ragam jenis furnitur berkualitas secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual spring bed, sofa, rak tv, kursi makan, meja belajar, dan lemari pakaian dengan aneka model.

Selain furnitur di atas, Dekoruma juga jual Ninebox, yaitu merek rak penyimpanan serbaguna yang sangat praktis dan hemat tempat. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung cek laman Dekoruma dan temukan semua keperluan rumahmu!