Kehadiran tangga dalam sebuah hunian memiliki peran penting, terlebih bila rumah atau hunian tersebut berlantai lebih dari satu. Namun, ada beberapa rumah berlantai satu yang memiliki langit-langit tinggi dan secara sengaja menambah lantai baru. Melihat fenomena seperti ini, maka dibutuhkan tangga untuk menyatukannya. Penempatan tangga beraneka ragam sesuai dengan luas ruang. Pula, bahan yang digunakan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan juga.

Meski hanya sebagai penghubung satu lantai ke lantai lainnya, kamu tetap nggak boleh menyepelekan desain tangga. Desain tangga harus dipikirkan sedemikian rupa agar tidak merusak suasana yang sudah dibawa desain interior rumah. Justru, pemilihan desain tangga yang tepat akan memberi nilai tambah sehingga ruangan terlihat makin cantik. Biar nggak bingung, Kania akan membagikan tujuh inspirasi desain tangga rumah yang super kece!

Desain Tangga Putih Berlampu

sebringdesignbuild.com

Sebenarnya desain tangga ini sangat sederhana. Menempel di dinding untuk menghubungkan dua lantai. Namun, ada beberapa hal yang membuatnya makin elegan. Tangga bagian bawahnya dibuat meluas hingga keluar dari garis simetris ibu tangga. Di bagian bawah, tiap anak tangga diberikan lampu LED kuning yang menambah kesan glamor desain tangga ini.

Railing tangga terbuat dari kayu yang dicat berwarna hitam pekat sehingga terlihat kontras. Pemilihan bahan kaca sebagai baluster atau penyangga railing tangga memberikan kesan terbuka pada ruangan tersebut. Keterbukaan juga menjadi makin cantik karena cahaya dari lampu tanam di dinding. Desain tangga juga diramaikan oleh motif lekukan kayu di pinggir ibu tangga.

Desain Tangga dari Kaca

pinterest.com

Dalam memikirkan desain tangga rumah yang bagus, nggak ada salahnya kalau kamu bereksperimen dan mencoba hal baru demi desain tangga yang anti-mainstream. Seperti desain tangga ini, anak tangga yang digunakan adalah kaca lapis tiga. Kaca ditanam pada dinding tanpa baluster dan railing tangga sehingga makin terlihat melayang dan ruangan terlihat lebih luas.

Namun, kamu harus berhati-hati saat memilih kaca. Pastikan kaca termasuk kuat jika diinjak berkali-kali. Pastikan juga sudut-sudut anak tangga dipoles agar tidak tajam dan melukai orang lain. Desain tangga ini nggak disarankan apabila kamu punya anak kecil karena bisa membahayakannya.

Desain Tangga Kombinasi Setengah Lingkaran dan Persegi Panjang

sebringdesignbuild.com

Sebuah tangga nggak harus selalu berbentuk persegi panjang dan menghubungkan antarlantai yang berjarak tinggi. Apabila terdapat bagian rumah yang tidak memiliki ketinggian lantai yang sama, kamu bisa menambahkan dengan desain tangga ini. Anak tangga yang diperlukan nggak terlalu banyak. Pula, perpaduan anak tangga setengah lingkaran serta persegi panjang mampu membuat ruangan terasa lebih rileks.

Desain polos dihindari oleh si pemilik tangga. Ia tetap menggunakan alas dari kayu pada anak tangga yang dijadikan pijakan. Di bagian bawah pijakan dipasang keramik warna-warni dengan motif yang sama sehingga terasa lebih berwarna. Lucu banget, ‘kan?

Desain Tangga Sekaligus Rak Dinding

youtube.com

Banyak kita jumpai rumah-rumah berlantai lebih dari satu tetapi berlahan sempit. Di saat kamu membutuhkan desain tangga yang bagus, kamu juga membutuhkan rak atau organizer untuk menyimpan barang-barangmu. Untuk mengakalinya, kamu bisa menggunakan desain tangga ini.

Seluruh bagian tangga terlihat bergaya klasik dengan perpaduan warna putih dan coklat muda. Gunakan dinding bagian bawah ibu tangga sebagai rak dinding. Kamu bisa atur semaumu, mulai dari jumlah ukuran, hingga fungsi dari rak dinding tersebut.

Desain Tangga Merah Melingkar

pinterest.com

Kania yakin banget kamu pasti pernah menemukan jenis tangga seperti ini. Biasanya, tangga ini digunakan sebagai jalan menuju area jemuran baju. Nah, tangga seperti ini bisa kamu gunakan untuk menyambungkan dua lantai rumah, lho. Kamu hanya memerlukan sedikit modifikasi saja.

Jika dilihat dari desain tangga ini, ia nggak memiliki railing tangga sepenuhnya. Akan tetapi, ada tiang miring yang menopang anak tangga besi satu per satu dan terdapat lekukan kecil sebagia pengganti railing tangga. Anak tangga dihiasi dengan repetisi lingkaran berwarna hitam berukuran sedang yang menghiasi anak tangga warna merah ini.

Desain Tangga di Tengah Ruangan

sebringdesignbuild.com

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kamu boleh bereksperimen dalam merancang tangga milikmu. Nggak hanya model hingga bahan, kamu bisa mencoba untuk meletakkan tangga di tengah-tengah ruangan. Desain tangga ini terlihat sangat menyatu dengan interior ruangan.

Suasana ruangan makin terasa dengan kehadiran kayu yang dipakai pada railing tangga serta pijakan anak tangga. Baluster tangga juga dibuat dari kayu yang dicat berwarna putih. Bagian bawah tangga dijadikan ruangan kecil untuk sekedar bersantai atau kamar tidur pribadi.

Desain Tangga Heliks

sebringdesignbuild.com

Desain tangga melingkar seperti tangga heliks menjadi salah satu model tangga yang digandrungi banyak orang. Berbentuk spiral melingkar ke atas, tangga ini berbeda dengan tangga kebanyakan. Ada beberapa tangga heliks yang tidak menggunakan penyangga tambahan, ada juga yang menggunakan penyangga seperti yang satu ini.

Railing-nya menggunakan besi mengkilap dan balister berbentuk dinding berwarna putih. Anak tangganya berasal dari kayu yang menyatu pada desain klasik natural ini. Lekukan spiralnya memberikan dekorasi tambahan yang membuat ruangan tidak tegang. Desain tangga seperti ini sangat cocok bagi kamu yang ingin memiliki tampilan mewah di rumah sederhana.

Bagaimana? Desain tangga mana yang jadi pilihanmu? Saat memilihnya, jangan lupa untuk sesuaikan dengan keadaan rumah serta keamanannya. Yang dimaksud keamanan adalah apakah tangga tersebut membahayakan penghuni rumah atau tidak. Jangan lupa sesuaikan juga dengan desain interior rumahmu juga, ya!

Kamu sedang mencari perabotan baru untuk hunianmu? Daripada capek pergi ke toko fisik, lebih baik kamu beli di toko furniture online Indonesia yaitu Dekoruma. Cuman duduk santai atau sambil rebahan, kamu bisa cari furnitur impianmu hanya lewat smartphone atau tablet. Pilihan furniturnya juga beraneka jenis, Dekoruma jual rak display, kursi teras, sofa, lemari dapur, hingga rak buku. Kalau sudah, furnitur pesananmu pun akan dikirimkan ke rumahmu. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung ke Dekoruma dan temukan furnitur impianmu!